NELAYAN TEMUKAN BANGKAI PAUS BUNGKUK DI LEPAS PANTAI AUSTRALIA BARAT

Nelayan Temukan Bangkai Paus Bungkuk Di Lepas Pantai Australia Barat


Nelayan Temukan Bangkai Paus Bungkuk Di Lepas Pantai Australia Barat

Mahessa83 - Nelayan Australia bernama Mark Watkins bersama ayahnya tertegun ketika melihat bola raksasa asing di lepas pantai Australia Barat saat sedang memancing di 25 mil laut dari Bunbury, selatan Perth pada hari Rabu lalu. Pada awalnya Watkins (36) berpikir itu adalah sebuah perahu atau balon udara yang terdampar seperti yang dilaporkan oleh laman The West Australian.

Tetapi setelah didekati ternyata benda tersebut adalah sebuah bangkai dari ikan paus bungkuk dengan tubuh yang membengkak. Kulit paus ini kian membentang dan berwarna merah muda. Para nelayan setempat mengatakan mereka tidak pernah melihat fenomena aneh ini sebelumnya. 

Nelayan Temukan Bangkai Paus Bungkuk Di Lepas Pantai Australia Barat

Di sekitar tempat tersebut juga terdapat beberapa ikan Hiu Putih yang nampaknya telah memakan habis bangkai ikan paus tersebut.

Seperti diketahui bahwa Ikan Paus Bungkuk banyak berkeliaran di perairan Australia Selatan Barat yang sering berpindah tempat dalam jumlah yang banyak. Ikan Paus Bungkuk sering terlihat di daerah tersebut antara bulan Juni hingga Agustus setiap tahunnya.

Paus Bungkuk (Megaptera Novaeangliae) adalah Paus Balin, salah satu spesies rorqual terbesar di dunia. Panjang Paus Bungkuk dewasa bisa mencapai panjang 12-16 meter dengan berat hingga 36.000 kilogram. Paus Bungkuk memiliki bentuk tubuh yang istimewa dengan sirip dada panjang dan kepala menonjol. 

Hewan ini adalah hewan akrobatik dan sering muncul ke permukaan air. Spesies jantan sering mengeluarkan lagu yang terdengan selama 10-20 menit dan di ulang untuk beberapa jam dalam suatu waktu. Peran lagu ini belum diketahui, walaupun sepertinya memiliki peran dalam berpasangan.

Ia menangkap mangsanya dengan balin, Caranya dengan membuka mulutnya lebar-lebar, lalu Paus Bungkuk akan meneguk airnya. Apabila ia mendapatkan mangsanya, air yang ia telah teguk kemudian di muntahkan. Namun kadang-kadang hewan ini melompat-lompat dan menebas air dengan ekornya.      


sumber:dailymail
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook