DAMPAKNYA OLAHRAGA TERHADAP KEKUATAN OTOT

Dampaknya Olahraga Terhadap Kekuatan Otot


Dampaknya, Olahraga, Terhadap, Kekuatan, Otot

- Semua orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat serta otot yang kuat terutama bagi kaum pria. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat serta otot yang kuat selain dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan berenergi juga dengan melakukan olahraga secara teratur. Namun banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk pergi berolahraga ke gym atau tempat olahraga lainnya. 

Kelebihan mempunyai otot yang kuat adalah kita bisa mencegah terjadinya penyakit jantung dan radang sendi sejak dini. Dengan melakukan olahraga yang teratur, otot dijantung, sendi-sendi di tulang dan jaringan penghubung di tubuh dapat berfungsi secara maksimal dan akan membuat tubuh kita akan terlihat sehat secara fisik dan psikologis. 

Sebuah riset juga membuktikan bahwa seseorang yang rajin berolahraga dapat melepaskan radikal bebas lebih cepat di tubuhnya daripada mereka yang tidak secara rutin melakukan olahraga. Dengan melakukan olahraga secara rutin juga dapat membuat sel tubuh tetap awet muda dan mencegah terjadinya penyakit kanker.

Menurut seorang ahli, ada olahraga yang bisa dilakukan untuk membentuk otot tanpa harus pergi ke gym yaitu dengan melakukan pull up an push up secara rutin. Dua gerakan olahraga yang sederhana dan bisa dilakukan dimana saja. Sangat efektif untuk membentuk dan menguatkan otot. Push up dan pull up membantu otot bagian atas dengan baik. Misalnya pada bahu dan punggung. Cukup dengan melakukan 5 kali dalam 1 set dan di ulang 3 set setiap harinya. Jika tubuh terasa ringan, tingkatkan beban latihan dengan meningkatkannya hingga 8 kali dalam 1 set dan seterusnya.

Panduan Olahraga Untuk Pertumbuhan Otot

Berikut adalah langkah demi langkah panduan pertumbuhan otot
  • Mulailah dengan program latihan yang baik, Cari nasehat dari pelatih atau pelajari tentang program penguatan otot
  • Tetapkan tujuan yang realitis, Otot membutuhkan waktu untuk tumbuh. Setiap orang memiliki potensi genetik yang berbeda untuk meningkatkan kekuatan otot sehingga tujuan harus relaitis.
  • Dukung latihan olahraga dengan diet, Kelebihan konsumsi makanan tinggi lemak dari index glekemik yang tinggi dapat menyebabkan asupan energi yang berlebihan dan beresiko meningkatkan massa lemak (obesitas).
  • Makan sesuai konsumsi kalori yang anda butuhkan. Dengan melakukan olahraga yang teratur, anda harus mempertimbangkan untuk menghitung kembali kebutuhan kalori anda. Minumlah air putih dengan cukup.
  • Persiapkan mental dan semangat melakukan olahraga secara rutin sangat penting karena anda akan meluangkan waktu untuk melakukan olahraga dan diet.
  • Bersabar dan konsisten, Peningkatan massa otot pada individu yang ingin membesarkan ototnya dapat dicapai secara perlahan jika latihan dilakukan secara rutin dan konsisten.
  • Sebelum mengkonsumsi suplemen apapun, carilah nasehat ahli tentang kemanjuran, keamanan dan legalitas produk. Hanya sejumlah kecil suplemen yang mungkin berguna untuk beberapa atlet dalam keadaan tertentu. Sebagian besarnya tidak memberikan kelebihan dan malah akan mengganggu kerja normal otot.
  • Monitor kemajuan dan sesuaikan dengan kemampuan tubuh.



Sumber:udoctor.co.id 


Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook