PENEMUAN VIHARA DI SITUS BUKIT SIGUNTANG DI PALEMBANG

Penemuan Vihara Di Situs Bukit Siguntang Di Palembang


Penemuan, Vihara, Di, Situs, Bukit, Siguntang, Di, Palembang

Bukit Siguntang adalah sebuah bukit kecil setinggi 30 meter dari permukaan laut yang terletak sekitar 3 Km dari tepian utara sungai Musi dan masuk pada wilayah kota Palembang, Sumatera Selatan.

Dilingkungan sekitar bukit tersebut telah ditemukan beberapa temuan purbakala yang di kaitkan dengan kerajaan Sriwijaya yang berjaya sekitar abad ke-6 sampai dengan abad ke-12 Masehi.

Penelitian Di Situs Bukit Siguntang berawal dari penemuan tonjolan berbentuk bangunan oleh pekerja yang sedang menggali untuk pondasi kamar mandi di Taman Purbakala Bukit Siguntang. Penemuan itu di laporkan oleh pihak proyek ke Balai Arkeologi Palembang

Sementara itu Tim Arkeologi Palembang berhasil menemukan susunan struktur batu bata kuno pada penggalian di area Situs Bukit Siguntang, Palembang. Di pastikan struktur susunan batu bata kuno tersebut merupakan bangunan vihara pada masa kerajaan Sriwijaya.
 
"Sudah pasti susunan batu bata kuno yang kita temukan ini adalah bangunan vihara, tetapi belum dapat dipastikan berapa usianya. Dilihat dari bentuk bangunannya, vihara ini berasal dari Kerajaan Sriwijaya yang dimulai dari abad ke-7 sampai abad ke-12 M", ujar Retno Purwanti, Arkeolog dari Balai Arkeologi Palembang.

Dikatakan Retno, "bangunan vihara yang ditemukan dengan bentuk susunan batu bata kuno, merupakan altar tempat biksu-biksu sembahyang".  

Selain susunan batu bata kuno, di tempat tersebut juga ditemukan serpihan keramik yang diperkirakan peninggalan dari Dinasti Sung dari abad ke-10 yang masanya sama dengan masa kerajaan Sriwijaya.

"Mungkin saja bangunan candinya tidak jauh dari tempat di temukannya vihara ini, sehingga perlu adanya penelitian lanjutan untuk menguatkan hal ini. 


Sumber:
Palembang tribun.com    
Wikipedia

Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook