9 BANGUNAN AJAIB YANG TETAP BERTAHAN SETELAH BENCANA BESAR

9 Bangunan Ajaib Yang Tetap Bertahan Setelah Bencana Besar

- Bencana alam adalah suatu peristiwa alam yang menimbulkan dampak besar bagi populasi manusia, tumbuh-tumbuhan, hewan, bangunan-bangunan. Peristiwa alam bisa berupa banjir, letusan gunung berapi, kebakaran, gempa, tsunami, badai dan lain sebagaimya.

Namun dari sebagian dampak Bencana Alam yang maha dasyat itu masih terdapat bangunan atau tempat-tempat yang masih tetap berdiri kokoh pada tempatnya. Hal demikian bisa saja terjadi karena memang bangunan tersebut berdiri karena kontruksinya yang sangat kuat atau karena kuasa illahi yang Maha Esa yang tetap melindungi bangunan-bangunan tersebut sebagai peringatan kepada ummat manusia bahwa tak ada yang mustahil di dunia ini bahwa harapan itu tetap ada walaupun sangat kecil.

Berikut ini 9 Bangunan Ajaib Yang Tetap Bertahan Setelah Bencana Besar yang melanda alam disekitarnya. 

1. The Brandenburg Gate

9, Bangunan, ajaib,Yang, Tetap, Bertahan, Setelah, Bencana, Besar

Bangunan ini menjadi sangat terkenal setelah perang dingin sebagai simbol menyedihkan bagi divisi kedua Berlin dan Jerman. Gerbang yang berdiri antara Barat dan Timur dan menjadi bagian dari Tembok Berlin.

The Brandenburg Gate terletak di Pariser Platz, pada ruang terbuka yang sangat luas dan termegah sebelum perang Jerman. 

Gerbang Brandenburg adalah satu-satunya bangunan yang mampu bertahan terhadap pemboman sekutu di ibukota Jerman pada tahun 1945. Meskipun rusak parah bekas lubang peluru dan ledakan bom di sekitarnya. Kepala salah satu kuda dari quardiga asli selamat yang disimpan di Museum Markisches.

Setelah reunifikasi damai Jerman, Gerbang Brandenburg di renovasi pada tahun 2000, dan sekarang menjadi salah satu bangunan yang banyak di kunjungi wisatawan.  

2. The Sanno Shrine

9, Bangunan,ajaib, Yang, Tetap, Bertahan, Setelah, Bencana, Besar

Sanno Shrine yang terletak sekitar 800 meter sebelah tenggara dari pusat ledakan bom atom di Nagasaki, Jepang berupa torii batu berkaki satu yang merupakan tempat pintu masuk sebuah kuil yang tetap bertahan dari ledakan bom atom pada 9 Agustus 1945 walaupun kedudukannya bergeser sekitar 30 derajad.

Seluruh lingkungan di sekitarnya luluh lnatai terkena ledakan, tetapi gerbang ini secara ajaib berhasil menahan ledakan dasyat dan tetap berdiri dengan satu kaki seolah-olah berbicara diam-diam tentang kengerian hari itu pada tahun 1945.

3. Keajaiban Pohon Pinus

9, Bangunan,ajaib, Yang, Tetap, Bertahan, Setelah, Bencana, Besar

Ketika Gempa Tohoku dan Tsunami melanda Jepang pada 11 Maret 2011 seluruh pohon di hutan Iwate Prefecture lenyap. Dari 70.000 jenis pohon yang ada, hanya satu yang tetap berdiri kokoh yang juga di sebut "Keajaiban Pine"

Pohon Pinus ini tetap bertahan hidup selama 18 bulan setelah kejadian gempa Tohoku walaupun pada akhirnya tumbang karena kondisi tanah yang disebabkan oleh tsunami.

Pohon yang telah tumbuh selama 173 tahun itu telah bertahan dari tiga tsunami besar  sebelumnya pada tahun 1896, 1933 dan 2011.

Pohon yang telah dibangun kembali dalam bentuk monumen dilandasi dengan bagasi yang cekung dan diperkuat dengan tulang belakang karbon. Cabang-cabang dan daunnya di replikasi dari plastik. Tiga tahun setelah bencana Miracle Pine sekarang berdiri sebagai Monumen Abadi.

4. The A-Bomb Dome

9, Bangunan, Ajaib,Yang, Tetap, Bertahan, Setelah, Bencana, Besar

Bangunan yang dirancang oleh arsitek Ceko pada tahun 1915 semula digunakan sebagai 
Hiroshima Prefectural Industri Promosi Hall.

Karena letaknya yang hanya 160 meter dari pusat ledakan bom atom membuat bangunan ini hancur sebagian dan masih tetap berdiri. Bangunan yang di juluki "Genbaku" karena  kerangka kubahnya terkena logam di puncaknya. Bangunan ini menjadi kontroversi apakah dihancurkan atau di renovasi ulang untuk melestarikan sebagai peringatan bom dan simbol perdamaian.

Pada akhirnya ketika rekontruksi Hiroshima di mulai, sisa-sia kerangka yang diawetkan dan itu ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1996.

5. Pagoda ia Horyu-Ji Temple

9, Bangunan,Ajaib, Yang, Tetap, Bertahan, Setelah, Bencana, Besar

Pagoda ia Horyu-Ji Temple yang dibangun pada tahun 607 AD yang terdiri dari 5 lantai ini terletak di Sai-in, Jepang. Banguna dengan tinggi 32.45 meter (122 kaki) dengan lebar 20x20 meter ini adalah salah satu bangunan kayu tertua di dunia yang mampu bertahan dari 46 gempa bumi dasyat.

6. Patung Yesus Di Philipina

9, Bangunan, Ajaib,Yang, Tetap, Bertahan, Setelah, Bencana, Besar

Patung Yesus ini tetap berdiri selamat dari amukan topan di Philipina tanpa kerusakan walaupun bangunan dan alam sekitarnya hancur terkena sapuan angin topan.

Meskipun bangunan sekitarnya terhapus dalam peta, Patung Yesus tetap berdiri tegak di atas kota pesisir Tanauan, Philipina. Pelestarian patung ini sebagai simbol harapan bagi mereka yang masih berjuang untuk bertahan hidup walaupun bencana angin topan itu telah menelan korban sekitar 5.000 jiwa.

7. Masjid Rahmatullah Di Aceh

9, Bangunan, Ajaib, Yang, Tetap, Bertahan, Setelah, Bencana, Besar

Pada tanggal 26 Desember 2004 lalu, gempa bumi dasyat berkekuatan 9,1 SR mengguncang Samudra Hindia di lepas Pantai Sumatera Utara, Indonesia. Gempa ini menyebabkan Tsunami yang menyapu bersih daerah pesisir pantai di sekitar Samudera Hindia. Lebih dari 230.000 orang tewas dan jutaan orang kehilangan tempat tinggal.

Salah satu kota yang terkena dampaknya adalah Lhoknga, dipantai barat Sumatera dekat Ibukota Banda Aceh. Kota ini rata, tetapi keajaiban terjadi, Sebuah Masjid tetap berdiri kokoh di tengah-tengah kehancuran. Penduduk setempat percaya, inilah kuasa Allah SWT yang menyelamatkan Masjid Rahmatullah

8. Salib yang bertahan dari Bencana Kebakaran

9, Bangunan, Ajaib,Yang, Tetap, Bertahan, Setelah, Bencana, Besar

Pada bulan November 2014, sebuah salib kayu berukir yang dibuat di Italia dan Patung Bunda Maria secara ajaib selamat dari bencana kebakaran yang menghancurkan sebagian besar Gereja Katolik Holy Cross di San Jose, California, USA.

9. Chicago Water Tower

9, Bangunan, Ajaib,Yang, Tetap, Bertahan, Setelah, Bencana, Besar

Dibangun pada tahun 1869 dengan menggunakan blok batu kapur yang besar, Chicago Water Tower (dan semua menara neo-gothic kecil) menyerupai sebuah kastil abad pertengahan kecil Eropa lebih dari menara air. Ini dirancang oleh arsitek William W. Boyington dan rumah pipa tegak empat puluh meter tinggi yang digunakan untuk menyamakan tekanan air dipompa dari stasiun pompa yang berdekatan.

The Water Tower dan stasiun pompa terdekat adalah hanya dua bangunan umum di pusat kota Chicago yang selamat Kebakaran  Besar "Chicago Fire" 1871, yang membakar seluruh kota rata dengan tanah.

Sejak itu, menara telah menjadi salah satu ikon kota yang dicintai karena melambangkan ketahanan Chicago. Bangunan ini pernah akan dilakukan pembongkaran beberapa kali - pada tahun 1906, 1918 dan 1948, tapi itu selalu dapat digagalkan berkat kemarahan publik. Menara ini akhirnya dikembalikan pada tahun 1962.
 


Itulah 9 Bangunan Ajaib Yang Tetap Bertahan Setelah Bencana Besar yang melandi di tempat dimana bangunan-bangubab ini berada. Semoaga ini menumbuhkan rasa percaya kita bahwa apapun yang terjadi di dunia ini, harapan itu tetap ada kalau kita mau berusaha. 



Sumber: oddee.com    


    

  
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook