11 JURANG TERINDAH DAN MENAKJUBKAN DI DUNIA

11 Jurang Terindah Dan Menakjubkan Di Dunia


- Jurang atau ngarai adalah formasi bebatuan yang menjulang secara vertikal akibat dari erosi. Jurang banyak ditemukan pada daerah ketinggian seperti pegunungan dan di sepanjang sungai. Jurang umumnya dibentuk oleh bebatuan yang tahan terhadap proses erosi dan cuaca.

Jurang adalah suatu keajaiban dunia yang terbentuk secara alami sejak beribu-ribu tahun yang lalu tanpa campur tangan manusia. Banyak sekali jurang yang terbentuk sangat menakjubkan sehingga kita yang melihatnya merasa kagum atas keindahan panorama yang sangat spektakuler ini.

Berikut ini kami sajikan 11 jurang yang sangat sangat indah dan menakjubkan di dunia. Sengaja saya masukkan 11 karena yang terakhir adalah salah satu jurang yang sangat terkenal di Indonesia

1. Grand Canyon, Amerika Serikat

11, Jurang, Terindah, Dan, Menakjubkan, Di, Dunia

Grand Canyon adalah sebuah ngarai tebing terjal, yang di ukir oleh sungai Colorado di utara Arizona. Jurang ini peertama kali di lihat pada tahun 1540 oleh Garcia Lopez de Cardenas dari Spanyol. Ekspedisi santifik pertama ke canyon ini di pimpin oleh Mayor AS John Wesley Powell pada akhir 1870-an. 

Ngarai ini diciptakan oleh sungai Colorado yang memotong sebuah selat selama jutaan tahun. Dengan panjang 446 Km, lebar 6-29 Km serta kedalaman mencapai lebih dari 1.600 meter. Hampir dari 2000 juta tahun sejarah Bumi telah di potong oleh sungai Colorado dan anak sungainya lapis demi lapis sedimen ketika Dataran Tinggi Colorado mulai ternagkat.

Grand Canyon bukanlahlah ngarai terpanjang atau terdalam di dunia, tetapi ukurannya sangaat lanksap dan rumit serta berwarna warni menawarkan pemandangan spektakuler bagi para pengunjung yang tak tertandingi di seluruh dunia.     

2. Fish River Canyon, Namibia


11, Jurang, Terindah, Dan, Menakjubkan, Di, Dunia

Ngarai ini adalah yang terbesar kedua setelah Grand Canyon dan merupakan obyek wisata terbesar di Namibia. Ngarai ini memiliki jurang raksasa yang panjangnya sekitar 167 Km dan lebar 27 Km serta kedalamannya mencapai 550 meter. Karena Fish River dibendung sehingga ngarai ini hanya memiliki sedikit kecil air yang mengalir.

3. Tiger Leaping Gorge, China


11, Jurang, Terindah, Dan, Menakjubkan, Di, Dunia

Tiger Leaping Gorge adalah bagian dari kawasan pelestarian alam UNESCO yang di sebut Tree Parallel River Situs Warisan Dunia. Daerah ini secara ekologis penting bagi pelestarian satwa liar dan merupakan hulu dari tiga sungai terbesar di Asia. Disini juga banyak terdapat tanaman dan spesies hewan langka. 

Tiger Leaping Gorge yang terletak di Sungai Yangze barat daya China ini memiliki panjang sekitar 15 Km. Ngari ini melewati serangakai jeram yang mengelilingi pegunungan di kedua sisinya dengan tinggi 3.000 meter di atas sungai. Ngari ini juga di sebut yang terdalam di dunia. 

4. Gorge Du Verdon, Perancis


11, Jurang, Terindah, Dan, Menakjubkan, Di, Dunia

Gorge Du Verdon adalah salah satu ngarai yan paling indah di Eropa yang terletak di selatan timur Perancis. Dengan panjang 25 Km serta kedalaman mencapai 700 meter ini di bentuk oleh sungai Verdon. Dengan warna hijau zamrud yang sangat menakjubkan daerah ini telah menjadi magnet wisata bagi para penjelajah, pendaki dan pencinta olahraga air yang meliputi arung jeram, kayak, berlayar dan ski air. 

5. Antelop Canyon, Amerika Serikat

11, Jurang, Terindah, Dan, Menakjubkan, Di, Dunia

Antelop Canyon adalah ngarai yang sangat terkenal yang terletak di Page, Coconino Country, Arizona, Amerika Serikat. 

Daerah ngarai ini masuk ke dalam kompleks Navajo Indian Reservation, Daerah penampungan terbesar bagi suku Indian Dine dari Amerika Utara yang di sebut juga Navaho atau Navajo.

Antelop Canyon terbentuk oleh erosi batuan pasir Navajo, terutama akibat banjir bandang dan kemudian karena proses sun-aereal, air hujan khususnya selama musim Muson  mengalir ke cekungan memanjang di atas bagian ngarai celah, yang bertambah cepat dan memperbanyak pasir ketika tergerus ke jalur laluan sempit itu. Banjir terakhir terjadi pada tanggal 30 Oktober 2006 yang berlangsung selama 36 jam, dan menyebabkan Otoritas Taman Suku menutup Ngarai Antelope Bawah selama beberapa bulan.

Untuk pariwisata, tempat ini populer sebagai tempat menarik bagi fotografer dan pencuci mata; bagian ini terbagi menjadi dua, yakni Ngarai Antelope Atas (The Crack); dan Ngarai Antelope Bawah (The Corkscrew).

Dengan batuan berbentuk kurva dan berwarna oranye dan ungu menyala, Antelope Canyon adalah salah satu lembah yang paling sering difoto di dunia
 
6. Waimea Canyon, Hawaii


11, Jurang, Terindah, Dan, Menakjubkan, Di, Dunia

Waimea Canyon, terletak di sisi barat Kauai, adalah ngarai terbesar di Pasifik dan salah satu ngarai yang paling berwarna-warni di dunia. Ngarai ini memiliki panjang 16 km, lebar 1,6 km dan kedalaman 1.100 meter. Ngarai ini terbentuk sejak ribuan tahun yang lalu oleh sungai yang mengalir dari Gunung Waialeale di tengah pulau.

7. Copper Canyon, Mexico


11, Jurang, Terindah, Dan, Menakjubkan, Di, Dunia

Copper Canyon adalah sekelompok lembah yang terdiri dari enam ngarai yang berbeda di Sierra Madre Occidental dibagian barat daya di negara bagian Chinhuahua, Mexico. Sistem ngarai keseluruhan lebih besar dan lebih dalam dari Grand Canyon di Arizona.

Copper Canyon terbentuk oleh enam sungai yang mengalir dari sisi barat Sierra Tarahumara (bagian dari Sierra Madre Occidental)  dan kemudian bergabung ke sungai Rio Fuerte yang bermuara ke Teluk California.Dinding ngarai yang seperti tembaga dengan warna hijau yang sangat menawan.

8. Colca Canyon, Peru

11, Jurang, Terindah, Dan, Menakjubkan, Di, Dunia

Colca Canyon yang terletak di pegunungan Andes adalah seperti retakan sepanjang 100 Km. Dengan kedalaman sekitar 3.400 meter, Colca Canyon merupakan ngarai terdalam kedua di dunia. 

9. King's Canyon, Australia


11, Jurang, Terindah, Dan, Menakjubkan, Di, Dunia

King's Canyon adalah sebuah ngarai yang terletak sekitar 300 Km di timur laut Ululu dan 450 Km di barat daya Alice Spring, Australia.  King's Canyon merupakan bagian dari Watarka National Park di wilayah utara Autralia.

Formasi bentukan kuno batu cadas merah yang menjulang tinggi mengatasi hutan palem lebat ini merupakan area cagar alam penting dan tempat pelestarian bagi lebih dari 600 spesies tumbuhan dan satwa asli, banyak di antaranya unik dan hanya didapati di daerah ini.
Dinding-dinding batu pasir Kings Canyon yang menjulang tinggi ini terbentuk saat rengat kecil tererosi sepanjang jutaan tahun. Berasal dari kata Aborigin yang mengacu pada semak payung yang tumbuh subur di sini, suku Aborigin Luritja sudah menghuni area Watarrka National Park selama lebih dari 20.000 tahun. 

Panjatlah Kings Canyon hingga ke puncak tepi tebingnya saat matahari terbit atau terbenam. Kings Canyon Rim Walk yang menantang membutuhkan waktu tempuh 3-4 jam. Pemandangan ngarai di bawah dan bentang alam di sekelilingnya sungguh menakjubkan. Ikuti tur jalan kaki berpemandu menyusuri tepi ngarai bersama tetua Aborigin dan pelajari tentang pentingnya area ini bagi pemilik tradisionalnya. 

Turuni ngarai ke Garden of Eden, lubang air permanen yang dikelilingi tanaman rimbun. Jelajahi formasi batu luar biasa yang diterpa cuaca, yang dikenal sebagai The Lost City. Bagi mereka yang tidak terlalu energik, jalur Kings Creek Walk yang lebih pendek dan lebih mudah ditempuh di dasar ngarai akan mengantarkan Anda melintasi semak pakis rimbun dan pohon-pohon eukaliptus ke dataran dengan pemandangan dinding ngarai yang curam di atas. Giles Track yang menghubungkan Kings Canyon dengan Kathleen Springs sepanjang 22 kilometer lebih diminati para pendaki yang gemar berpetualang.
 
10. Todga Gorge, Maroko

11, Jurang, Terindah, Dan, Menakjubkan, Di, Dunia

Todga Gorge adalah sebuah ngarai yang terletak di bagian sebelah timur dari Pegunungan Atlas Tinggi di Mexico.  Aliran air sungai telah mengukir tebing sepanjang 40 Km dan lebar 10 meter (33 kaki) dengan dinding-dinding yang terjal tapi halus hingga 160 meter tinggi di setiap sisinya. Dan di 600 meter terakhir adalah tempat yang paling spektakuler buat para pemanjat tebing.  

11. Ngarai Sianok, Indonesia

11, Jurang, Terindah, Dan, Menakjubkan, Di, Dunia

Ngarai Sianok adalah sebuah lembah curam (jurang) yang terletak di perbatasan kota Bukittinggi dengan kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, IndonesiaNgarai Sianok memiliki pemandangan yang sangat indah dan menjadi obyek wisata utama propinsi Sumatera Barat.

Ngarai sedalam 100 meter membentang sepanjang 15 Km dengan lebar sekitar 200 meter merupakan ngarai patahan pulau Sumatera menjadi dua bagian memanjang yang membentuk dinding yang curam, tegak lurus dan membentuk lembah yang hijau hasil gerakan dari kulit bumi.

Di dasar ngarai terdapat sungai Batang yang dapat di gunakan untuk kano dan kayak bagi para wisatawan.  

Itulah ke sebelas Jurang atau Ngarai Terindah dan Menakjubkan Di Dunia yang kami ambil dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook