9 PENEMUAN ARKEOLOGI YANG TERBUKTI PALSU

9 Penemuan Arkeologi Yang Terbukti Palsu


- Arkeologi adalah ilmu yang mempelajari sejarah kebudayaan (manusia, hewan dan tumbuhan serta alam) pada masa lalu melalui kajian sistematis atas data bendawi yang ditinggalkan. 

Sajian sistematis ini meliputi penemuan, dekomentasi, analisis dan interpretasi data berupa artefak dan ekofak. Teknik penelitian yang khas adalah dalam bentuk penggalian (eksavasi) arkeologis dan survei.

Banyaknya penemuan-penemuan arkeologi membuat kita takjub akan kehebatan seni dan budaya akan  karya-karya nenek moyang pada masa lampau.

Dari sekian penemuan-penemuan yang sangat menakjubkan, dibawah ini kami juga menampilkan penemuan-penemuan arkeologi yang tidak dapat dipertanggung jawabkan keasliannya alias palsu

Berikut Sembilan Penemuan Arkeologi Yang Terbukti Palsu sesuai yang dilansir dari oddee.com berikut ini: 

1. Putri Duyung, Fiji


9, Penemuan, Arkeologi, Yang, Terbukti, Palsu

Pada pertengahan Juli 1842, Seorang pria Inggris yang bernama dr. J Griffin dari British Lyceum of Natural History bekerja sama dengan Barnum mengadakan pertunjukan pameran Putri Duyung Palsu pada sebuah Museum di New York, AS. 

Putri Duyung Palsu yang terbuat dari setengah tulang monyet (tubuh dan kepala) dijahit kebagian belakang ikan dan kemudian dilapisi dengan bubur kertas.

Menurut salah satu teori, putri duyung Fiji hancur ketika museum Barnum terbakar pada tahun 1865. Tapi tidaklah mungkin, karena seharusnya dia di Kimball Boston museum pada waktu itu. Lebih mungkin, ia tewas ketika museum Kimball terbakar di awal 1880-an.

Tidak ada informasi yang akurat tentang bagaimana penipuan ini akhirnya ditemukan, namun putri duyung Fiji akan hadir di atas 10 penipuan cryptozoology.

2. The Piltdown Chicken


9, Penemuan, Arkeologi, Yang, Terbukti, Palsu

Pada 15 Oktober 1999, The National Geographic Society mengumumkan penemuan fosil berusia 125 juta tahun di Timur Laut China. Fosil yang diberi nama Archaeoraptor liaoningensis sejenis Dinosorous Burung.

Beberapa waktu kemudian, Xu Xing Seorang ilmuwan China yang ikut membantu mengidentifikasi fosil tersebut menemukan kejanggalan yang menyatakan bahwa fosil tersut palsu.

Setelah penelitian menyeluruh, Xing sampai pada kesimpulan bahwa bagian bawah "Archaeoraptor" komposit berasal dari dromaeosaurid berbulu yang sah sekarang dikenal sebagai Microraptor, dan bagian atas berasal dari burung primitif yang sebelumnya dikenal disebut Yanornis.

Archaeoraptor sebenarnya "berevolusi" di rumah pertanian Cina di mana pasta buatan sendiri digunakan untuk lem bersama-sama dua fosil yang sama sekali berbeda. Hasilnya adalah sekarang terkenal "missing link" yang diduga memiliki tubuh burung primitif dengan gigi dan ekor dinosaurus darat.

National Geographic menerbitkan sebuah pengakuan kesalahan pada bulan Maret 2000 dan analisis yang lebih lengkap tentang bagaimana itu telah ditipu pada bulan Oktober tahun itu.

3. Piltdown Man


9, Penemuan, Arkeologi, Yang, Terbukti, Palsu

Seorang arkeology amatir Charles Dawson dan Arthur Smith Woodward penjaga Museum Sejarah Alam, Inggris. Bergabung untuk mengikuti penggalian penemuan Manusia Piltdown yang berupa sepotong tengkorak manusia, tulang rahang dengan dua gigi, berbagai fosil hewan serta alat-alat batu primitif yang hidup sekitar 500.000 tahun yang lalu.

Setelah 40 tahun sejak penemuan itu dan semakin banyaknya penemuan-penemuan baru tidak ada penemuan-penemuan itu yang mirip dengan rahang tengkorak dan otak besar seperti pada penemuam Manusia Piltdown di Inggris.

Adalah Kenneth Oakley yang menyelidiki kembali keberadaan Manusia Piltdown di Museum Sejarah Alam, Inggris. Setelah diadakan penelitian lebih lanjut itu membuktikan bahwa tengkorak dan rahang fragmen sebenarnya adalah berasal dari dua spesies yang berbeda yaitu antara manusia dan kera. Dengan miskroskop diketahui bahwa permukaan gigi diletakan agak kebawah sehingga mirip dengan manusia.

4. Ancient Persia Princess


9, Penemuan, Arkeologi, Yang, Terbukti, Palsu

Mumi Putri Persia yang diperkirakan berusia 2.600 tahun ini diduga ditemukan setelah adanya gempa bumi dekat Quettand, Pakistan. Mumi ini akan dijual ke pasar gelap seharga 600 juta rupee Pakistan setara dengan US $ 6 Juta. 

Sang putrie di bungkus dalam gaya Mesir Kuno. Tubuhnya dibungkus dengan artefak emas dengan sebuah prasasti yang diletakan didadanya yang berbunyi: "Aku adalah putri Rhodugune  dari Kerajaan Xerxes Besar. 

Setelah diadakan penyelidikan lebih lanjut oleh Dr. Asma Ibrahim dari Museum Nasional Karachi, Pakistan diketahui bahwa mumi tersebut adalah rangka dari seorang wanita muda yang meninggal beberapa tahun yang lalu dan dibuat mumi untuk dijual ke pasar gelap internasional.

5. Saitaphernes


9, Penemuan, Arkeologi, Yang, Terbukti, Palsu

Pada 1 April 1896, Louvre mengumumkan telah membeli Tiara Emas milik Raja Saitaphernes Scytian yang berasal dari abad ke-3 akhir dengan harga 200.000 franc, Perancis.

Tiara dengan tinggi tujuh inci dan berat sekitar satu pound emas. Tiara kubah ini juga di hiasi pernik-pernik dari emas dan lukisan kehidupan pada masa Raja Scytian.

Pada tahun 1903, Sebuah toko perhiasan Rusia di sebuah kota kecil dekat Odessa, Seorang Israel bernama Rouchomovski kepada peneliti Louvre bahwa ia membuat tiara per Agar Mr. Hochmann tertentu, yang memberinya buku yang menunjukkan artefak Greco-Scythian yang menjadi dasar pekerjaan. Itu adalah hadiah "untuk teman arkeolog." 

6. Basque Kalvali


9, Penemuan, Arkeologi, Yang, Terbukti, Palsu

Valeia adalah sebuah kota Romawi di Hispaniayang sekarang terlatak di Basque Country, Spanyol. Pada puncaknya kota ini ditinggalkan penghuninya pada awal abad pertengahan.

Pada tahun 2006, serangkaian temuan sensasional di Iruña-Veleia diumumkan kepada pers oleh direktur misi arkeologi, Eliseo Gil. Termasuk teks tertua non-onomastical di Basque, yang dipuji sebagai bukti pertama ditulis Basque.

Juga, diumumkan bahwa telah ditemukannya serangkaian prasasti dan gambar pada fragmen tembikar, beberapa di antaranya mengacu pada sejarah Mesir dan bahkan ditulis dalam hieroglif Mesir. Akhirnya, diumumkan bahwa representasi awal dari Kalvari.

The Basque Kalvari adalah fragmen keramik sekitar 10 cm yang telah mewakili adegan Yesus disalibkan di Golgota dengan Dimas dan Jestas, didampingi dua tokoh yang tampaknya sesuai dengan Virgin dan St John. Dalam ukiran, batu nisan yang muncul di atas salib Kristus adalah RIP (requiescat dalam kecepatan = beristirahat dalam damai), padahal seharusnya INRI, berarti RIP atas kematian Kristus, yang bertentangan dengan iman dan doktrin Agama Kristen. The Kalvari bertanggal pada abad ketiga oleh tim penggalian yang dipimpin oleh Eliseo Gil, yang akan membuatnya tiga abad lebih tua dari Kalvari yang ditemukan di katakombe Roma, yang berasal dari abad keenam dan, sampai tahun 2006, dianggap sebagai penggambaran tertua di dunia dari penyaliban Yesus. Namun, dalam Veleia ada juga muncul gambar lain dari penyaliban dewa pagan dan teks Kristen seperti Pater Noster.

Akhirnya, semua prasasti tersebut ternyata palsu, seperti yang disimpulkan oleh 26 ahli yang menganalisis data selama hampir 10 bulan dan go public pada tanggal 19 November 2008. Teks digambarkan sebagai manipulasi mentah dan koheren, memiliki teks dan kata-kata baik tidak benar dan tidak ada, dan sebagai begitu jelas palsu untuk menjadi hampir lucu. Kasus ini dijuluki oleh beberapa orang sebagai "terbesar penipuan arkeologi dalam sejarah Semenanjung Iberia" dan "produk tipuan yang rumit."

7. Mississippi Mummy


9, Penemuan, Arkeologi, Yang, Terbukti, Palsu

Pada tahun 1920, Mississippi Departemen Arsip dan Sejarah membeli koleksi besar artefak asli Amerika dari keponakan Kolonel Brevoort Butler setelah kematian Butler. Termasuk dalam artefak ini adalah salah satu item yang jelas tidak asal asli, mumi Mesir. Selama beberapa dekade item ini dipamerkan di Capitol Building Negara, menjadi daya tarik banyak digemari dan sumber kebanggaan lokal.

Pada tahun 1969, Gentry Yeatman, seorang mahasiswa kedokteran yang berkepentingan dengan arkeologi, meminta museum untuk manusia masih belajar untuk bukti penyakit. Izin diberikan untuk menghilangkan mumi dan untuk itu harus dikirim ke University of Mississippi Medical Center untuk diautopsi. Pemeriksaan radiologi menunjukkan rusuk hewan sedikit dan beberapa paku persegi memegang bersama-sama bingkai kayu.

Setelah pemeriksaan lebih dekat itu ditemukan terutama terdiri dari bubur kertas. Kertas koran Jerman ditemukan serta 1.898 edisi Milwaukee Journal. Mumi palsu kini telah menjadi lebih terkenal dari sebelumnya dan berubah menjadi milik berharga terkait dalam sejarah rakyat Mississippi.

Mumi sekarang berada dalam penyimpanan di Old Capitol Museum di Jackson.

8. Artefak Alkitab Palsu


9, Penemuan, Arkeologi, Yang, Terbukti, Palsu

Pada tahun 1883, Moses Wilhelm Shapira, seorang penjual barang antik Yerusalem (dan pemasok artefak palsu Alkitab), disajikan apa yang sekarang dikenal sebagai strip Shapira, yang fragmen perkamen seharusnya kuno yang ia mengklaim telah ditemukan di dekat Laut Mati.

Prasasti mereka script Semit kuno mengisyaratkan versi yang berbeda dari Sepuluh Hukum dan Ulangan. Shapira berusaha menjualnya ke British Museum untuk satu juta pound (US $ 1,6 juta).

Shapira juga mulai membuat banyak artefak Moab palsu termasuk patung-patung tanah liat, kepala manusia yang besar, kapal tanah liat, dan potongan erotis dengan tulisan yang telah disalin dari batu kuno Moab nyata disebut Batu Moab. Untuk tujuan ini, ia dikaitkan dengan potter Arab Kristen bernama Salim al-Kari.

Namun, berbagai orang, termasuk seorang sarjana Perancis dan diplomat bernama Charles Clermont-Ganneau, memiliki keraguan mereka. Clermont-Ganneau diduga Salim al-Kari, menanyainya, dan menemukan orang-orang yang diberikan kepadanya dengan tanah liat. Shapira membela koleksi penuh semangat sampai saingannya disajikan lebih banyak bukti terhadap dirinya. Dia membuat Salim al-Kari kambing hitam, memainkan peran korban yang tak berdosa, dan terus terlibat dalam perdagangan yang cukup besar, terutama di naskah Ibrani dari Yaman.

Mengenai strip dari Shapira, setelah pemeriksaan dekat Clermont-Ganneau dan sarjana Alkitab British Christian David Ginsburg sampai pada kesimpulan yang sama: perkamen dari gulungan Ulangan dipotong dari sebuah gulungan Yaman asli yang Shapira juga dijual ke museum.

9. The Etruscan Terracotta Warriors


9, Penemuan, Arkeologi, Yang, Terbukti, Palsu

The Etruscan Terracotta Warriors tiga patung Etruria kuno yang dibeli oleh New York Metropolitan Museum of Art antara 1915 dan 1921. Mereka diciptakan oleh pemalsu Italia dan saudara Pio dan Alfonso Riccardi dan tiga dari enam anak mereka.

Karya besar pertama dari Ricardis adalah kereta perunggu besar, yang diperintahkan oleh Roman agen seni Domenico Fuschini pada tahun 1908. Fuschini memberitahu Museum British bahwa kereta telah ditemukan di Etruscan benteng tua dekat Orvieto. The British Museum membeli kereta dan diterbitkan temuan pada tahun 1912.

The Riccardis meminta bantuan pematung Alfredo Fioravanti dan menciptakan patung, yang kemudian dikenal sebagai Old prajurit. Itu 202 cm dan telanjang dari pinggang ke bawah. Itu juga hilang ibu jari kiri dan lengan kanan. Pada tahun 1915, mereka menjualnya ke Metropolitan Museum of Art, yang juga membeli karya berikutnya mereka, Colossal Head, pada tahun 1916. Para ahli memutuskan bahwa hal itu harus menjadi bagian dari patung tujuh meter.

Bagian ketiga "seni Etruscan" dirancang oleh putra tertua Pio, Ricardo. Pada tahun 1918, Metropolitan Museum of Art membelinya seharga $ 40.000 diterbitkan menemukan sebagai Big Prajurit tahun 1921.

Ketiga patung prajurit pertama kali dipamerkan bersama-sama pada tahun 1933. Pada tahun-tahun berikutnya, berbagai sejarawan seni disajikan kecurigaan mereka bahwa, berdasarkan gaya dan artistik alasan saja, patung-patung mungkin pemalsuan, tapi tidak ada bukti forensik untuk mendukung tuduhan.

Pada tahun 1960, tes kimia dari glasir patung menunjukkan adanya mangan, bahan yang Etruria tidak pernah digunakan. Patung-patung telah diukir, dicat dengan glasir, kemudian menggulingkan sementara dalam, negara hijau unfired untuk menghasilkan fragmen. Semua ini dikonfirmasi oleh Alfredo Fioravanti, yang, pada tanggal 5 Januari 1961, memasuki konsulat AS di Roma dan menandatangani pengakuan. Para pemalsu telah memiliki keterampilan - dan kiln sangat besar - diperlukan untuk membuat potongan-potongan besar seperti itu. Fragmen telah dipecat, "ditemukan", dan dijual, atau kembali berkumpul ("dikembalikan") kemudian dijual. Sebagai bukti, Fioravanti disajikan jempol hilang Lama Warrior, yang telah disimpan sebagai kenang-kenangan.

Itulah Sembilan Penemuan Arkeologi yang terbukti Palsu. Dan kita dapat mengambil hikmah pada artekel ini bahwa tidak semuanya penemuan itu asli sebelum diuji secara teliti dan seksama di labolatorium. Semoga artikel ini menambah wawasan kita tentang dunia arkeologi.

Sumber: oddee.com

 
 
 
   

  



     

 

Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook