PENEMUAN FOSIL NAGA LAUT BERUSIA 247 JUTA TAHUN DI CHINA

Penemuan Fosil Naga Laut Berusia 247 Juta Tahun Di China


Penemuan, Fosil, Naga, Laut, Berusia, 247, Juta, Tahun, Di, China

Nothosaurus Zhangi


Fosil yang bernama Nothosaurus ini di temukan di China tahun 2008. Dengan ukuran panjang 22 kaki dan memiliki gigi taring, Dengan penemuan ini menunjukkan bahwa hewan purba yang selamat dari kepunahan besar dapat berevolusi.


Penemuan, Fosil, Naga, Laut, Berusia, 247, Juta, Tahun, Di, China

ilustrasi Naga Laut Raksasa berusia 250 juta tahun


Fosil Naga Laut Raksasa berusia 247 juta tahun in bisa menjadikan bukti bahwa spesies ini dapat bertahan dari kepunahan besar saat itu.

Mahluk yang sangat besar ini telah menjelajahi laut china sejak 250 juta tahun yang lalu dan merupakan peristiwa kepunahan terburuk yang dapat membunuh 96% spesies sepanjang masa.

Dan sekarang, semua kehidupan yang ada di bumi adalah keturunan dari sisa empat persen dari spesies yang selamat.   

Tidak diketahui penyebab kepunahan mahluk hidup ini, menurut para ahli mungkin dikarenakan letusan gunung apai yang maha dasyat.

Mahluk yang meruapakan bagian dari Sauropterygia ini, merupakan sekelompok reptil air pada periode Triassic (250 juta tahun - 50 juta tahun yang lalu) yang berevolusi dari nenek moyang mereka yang pernah hidup pada periode Permian sekitar 299 juta tahun yang lalu.

Penemuan, Fosil, Naga, Laut, Berusia, 247, Juta, Tahun, Di, China

Salah satu dari 22.000 yang di temukan selama proyek penelitian di China
  
Penemuan, Fosil, Naga, Laut, Berusia, 247, Juta, Tahun, Di, China

Di antara penemuan sejumlah spesies laut, termasuk kerang yang masih hidup selama periode Trias yang di mulai dari 250 juta tahun yang lalu.

Sebagian spesies di era Permian telah punah, dengan beberapa spesies yang masih hidup dalam daerah-daerah tertentu. 

Juni Lau mengatakan pada CBS " Ukurannya yang sangat besar merupakan ciri dari spesies ini". Mereka akan makan apa saja yang mereka bisa tangkap termasuk ikan besar dan reptil laut lainnya pada saat itu", ujar Lau lebih lanjut.

Fosil ini adalah termasuk dari 20 ribuan fosil lainnya yang ditemukan di sebuah gunung di China. Termasuk kerang dan spesies prasejarah lainnya yang mengungkapkan kehidupan setelah kepunahan besar di seluruh dunia.

Penemuan, Fosil, Naga, Laut, Berusia, 247, Juta, Tahun, Di, China
Mahluk berparuh yang juga diketemukan di situs ini

Penelitian mengungkapkan pada bulan Oktober menyarankan ada bukti dari kepunahan laut besar di Kutub Utara hanya delapan juta tahun sebelum kepunahan besar..

Sebuah peristiwa kepunahan sekitar waktu ini telah menjadi subyek penelitian sebelumnya, tapi ini adalah yang pertama untuk mendokumentasikan acara diketempat yang lebih tinggi.

"Salah satu prasyarat untuk" kepunahan massal "adalah bahwa hal itu harus menjadi acara global, 'Profesor David Bond dari Universitas Hull mengatakan MailOnline.

Menurut buku-buku sejarah, lima kepunahan massal telah menghancurkan planet sejak terbentuk 4,6 miliar tahun yang lalu.
5 Pemusnahan Massal yang pernah terjadi di bumi.
 1. Ordovician-Silurian kepunahan massal - 443.400.000 tahun lalu

Ini adalah kepunahan terbesar ketiga dalam sejarah Bumi, dan memiliki dua puncak kepunahan dipisahkan oleh ratusan ribu tahun. Sekitar 26 persen dari semua keluarga laut dihancurkan dan 60 persen dari semua spesies - diperkirakan 82-88 persen dari semua spesies.

2. Devon Akhir kepunahan massal - 375-359000000 tahun yang lalu

Tiga perempat dari semua spesies di Bumi mati di Akhir kepunahan massal Devonian, meskipun mungkin serangkaian kepunahan selama beberapa juta tahun. Sekitar 22 persen dari semua keluarga laut, dan 57 persen dari semua generasi yang dimusnahkan - diperkirakan 79-87 persen dari semua spesies.

Penemuan, Fosil, Naga, Laut, Berusia, 247, Juta, Tahun, Di, China


3. Permian kepunahan massal - 252 juta tahun yang lalu

Kepunahan massal Permian telah dijuluki The Great Dying, sejak 96 persen yang luar biasa dari spesies punah. Semua kehidupan di Bumi saat ini adalah keturunan dari 4 persen dari spesies yang selamat.

4. Trias-Jura kepunahan massal - 201 juta tahun yang lalu

Ada dua atau tiga fase kepunahan yang membentuk peristiwa kepunahan massal Trias-Jurassic. 22 persen dari semua keluarga laut dan 53 persen dari semua genus - diperkirakan 76-84 persen dari semua spesies.

5. Cretaceous-Tertiary kepunahan massal - 66 juta tahun yang lalu

Cretaceous-Tertiary kepunahan massal adalah acara yang memusnahkan dinosaurus. Namun, banyak organisme lain tewas termasuk 16 persen dari semua keluarga laut dan 47 persen dari semua genus - diperkirakan 71-81 persen dari semua spesies.


Sumber: dailymail.co.uk
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook