PERBEDAAN HARIMAU, SINGA, JAGUAR, LEOPARD,PUMA, CHEETAH DALAM KELUARGA KUCING BESAR

Rate this posting:
{[['']]}

Bagikan Artikel

Perbedaan Harimau, Singa, Jaguar, Leopard, Puma, Cheetah Dalam Keluarga Kucing Besar

Mungkin sudah banyak yang mengetahui Keluarga Kucing Besar ini dan jenis-jenisnya. Istilah kucing besar yang bukan merupakan klasifikasi biologis digunakan untuk membedakan spesies yang lebih besar dari yang lainnya. Meskipun perbedaan besar dalam ukuran berbagai macam kucing yang sangat mirip dalam struktur dan perilakunya. Siapa-siapa saja mereka?

1. Harimau (Panthera Tigris)

Mengenal, Keluarga, Kucing, Besar
 Harimau Siberia

Harimau dikenal sebagai kucing yang terbesar, harimau pada dasarnya mirip dengan singa. Walaupun sedikit lebih berat beda subspesies harimau juga mempunyai karakteritik yang berbeda juga. Diantara spesies yang masih hidup Harimau Sumatera yang paling kecil sedangkan Harimau Siberia yang paling besar. Loreng pada kebanyakan harimau bervariasi dari cokelat ke hitam. 

2. Singa (Panthera Leo)

Mengenal, Keluarga, Kucing, Besar
Singa Jantan dan Singa Betina

Singa atau bahasa ilmiahnya panthera leo termasuk keluarga felidae (kucing besar). Singa merupakan hewan yang hidup dalam berkelompok. Biasanya terdiri dari seekor jantan dan banyak betina. Kelompok ini lantas menjaga daerah kekuasaannya. Berat singa tidak lebih dari 150 Kg (Betina) dan 225 Kg (Jantan). Umurnya 10 sampai 15 tahun di hutan. Singa betina jauh lebih aktif dibandingkan dengan singa jantan. Sekarang habitatnya sangat sedikit di Afrika dan sebagian di India. 

3. Jaguar (Panthera Onca)

Mengenal, Keluarga, Kucing, Besar
Jaguar

Jaguar merupakan bagian keluarga kucing besar yang tergolong dalam jenis Panthera. Binatang ini merupakan kucing liar ketiga setelah Harimau dan Singa dan juga merupakan kucing terbesar dibagian barat. Binatang ini meliputi Mexico Utara melintasi Amerika Tengah hingga ke Paraguay dan Argentina Utara dan Selatan. Banyak yang mengira Jaguar sama dengan Macan Tutul, padahal mereka berbeda. Jika diperhatikan secara seksama terdapat motif totol yang berbeda dari kedua hewan tersebut. Bentuk totol pada jaguar terdapat titik kecil di tengahnya, sementara motif totol pada Leopard kosong (tanpa titik ditengahnya). Tototl pada jaguar lebih besar, lebih sedikit dari segi jumlahnya. Dari segi fisiknya pun berbeda, Jaguar lebih besar dan kokoh di bandingkan dengan Leopard. Jaguar memiliki panjang 1.6 - 1.8 meter, dengan berat mencapai 160 Kg. Sementara Leopard memiliki panjang 91 - 1,9 meter dengan berat mencapai 90 Kg.

4. Leopard / Macan Tutul (Panthera Pardus)

Mengenal, Keluarga, Kucing, Besar
Leopard/Macan Tutul

Mengenal, Keluarga, Kucing, Besar
Macan Tutul / Macan Hitam / Macan Kumbang

Leopard atau Macan Tutul (Panthera Pardus) adalah salah satu dari empat kucing besar. Hewan ini dikenal juga dengan sebutan Harimau Dahan karena kemampuannya memanjat. Pada mulanya, orang berpikiran bahwa Macan Tutul adalah hibrida dari singa dan harimau. sehingga muncul nama "leopard". Di kalangan peneliti Eropa awal, Macan Tutul Jawa adalah Fauna Identitas Jawa Barat dan termasuk hewan yang terancam punah di Indonesia.

Macan Tutul berukuran besar dengan panjang satu sampai dua meterSpesies ini pada umumnya memiliki bulu berwarna kuning kecokelatan dengan bintik-bintik berwarna hitam. Bintik hitam dikepalanya lebih kecil.

Daerah sebaran Macan Tutul adalah di Benua Asia dan Afrika. Spesies ini sempat dianggap memiliki banyak jenis (lebih dari 30 subspesies)yang ditemukan disegala macam habitat.

Beberapa subspesies dari Macan Tutul seperti Macan Kumbang dari Indonesia yang terancam punah, Macan Hitam. Secara umum Macan Tutul dievaluasikan sebagai beresiko rendah di dalam IUCN Red List.     

5. Cheetah (Acynonyx Jubatus)

Mengenal, Keluarga, Kucing, Besar
Cheetah

Cheetah (Acynonyx Jubatus)  adalah anggota keluarga kucing (Felidae) yang berburu mangsa dengan kecepatan dan bukan taktik mengendap-endap atau bergerombol. Hewan ini adalah hewan yang tercepat diantara hewan darat yang dapat mencapai 110 Km/jam dalam waktu singkat sampai 460 meter dengan akselerasi 0 - 100 km/jam dalam waktu 3,5 detik. lebih cepat dari beberapa supercar.  Cheetah juga dikenal sebagai pemangsa paling effisien di planet bumi. Mengejar dan menerkam mangsa hanya ketika mangsa itu ada dalam jangkauannya.

6.  Puma

Mengenal, Keluarga, Kucing, Besar
Puma

Puma atau Caugar atau Singa Gunung adalah binatang mamalia yang tergolong dalam kelompok kucing besar. Puma umumnya dijumpai di Benua Amerika. Puma mempunyai identik yang lebih dekat dengan kucing di bandingkan dengan singa. Makanan Puma biasanya Rusa, Ikan, Tupai dan lain-lain. Puma menyerang mangsanya dengan cara menyergap (serangan tiba-tiba) karena staminanya tidak terlalu bagus jadi Ia harus menghemat energi sama dengan Singa dan Kucing.  

7. Macan Tutul Salju (Uncia Uncia)

Mengenal, Keluarga, Kucing, Besar
Macan Tutul Salju

Macan Tutul Salju (Uncia Uncia) adalah sejenis kucing berukuran besar dengan panjang tubuh mencapai 130 Cm serta panjang ekor mencapai 100 Cm. Spesies ini mempunyai bulu tebal berwarna putih keabu-abuan dengan bintik-bintik berwarna hitam kecokelat-cokelatan. Macan Tutul Salju tidak dapat menggaum atau mendengkur dan merupakan satu-satunya spesies di dalam marga Tunggal Uncia.

Daerah sebaran spesies ini adalah di pegunungan salju Asia Tengah dari Afganistan sampai dengan Tibet. Mangsa utamanya adalah Kambing Gunung, Kelinci dan hewan-hewan lain yang dekat dengan habitat macan tutul salju.

8. Kucing Emas (Catopuma Temmincki)

Mengenal, Keluarga, Kucing, Besar
Kucing Emas

Kucing Emas adalah Jenis yang misterius dan jarang dijumpai pada saat ini. sedikit sekali pengetahuan mengenai perilaku dan ekologi kucing jenis ini. Kucing Emas merupakan salah satu dari tujuh jenis kucing yang hidup di dalam Kawasan Taman Nasional Kelinci Seblat. Ciri utama dari kucing emas adalah hampir seluruh tubuhnya berwarna cokelat ke emas-emasan. tetapi ada juga yang berwarna abu-abu atau cokelat tua.

Kucing ini hidup tersebar di daerah Tibet, Nepal, China, Burma, Thailand sampai Indonesia, Malaysia dan juga Afrika.  

9. Macan Dahan (Neofelis Nebulosa)

Mengenal, Keluarga, Kucing, Besar
 Macan Dahan

Macan Dahan atau nama ilmiahnya (Neofelis Nebulosa) adalah Sejenis kucing berukuran sedang dengan panjang tubuh mencapai 95 Cm. Spesies ini pada umumnya memiliki bulu berwarna kelabu kecokelatan dengan gambaran seperti awan dan bintik hitam di tubuhnya. Bintik hitam di kepalanya lebih kecil dan terdapat totol putih di belakang telinga. Macan dahan mempunyai kaki pendek dengan telapak kaki besar serta dengan ekor panjang dengan garis dan bintik hitam. 

Daerah sebaran Macan Dahan adalah Asia Tenggara, di hutan dataran rendah dan pegunungan di Republik Rakyat Tiongkok, India dan semenanjung melayu. Spesies ini telah punah di alam bebas di Republik Tiongkok. Macan Dahan yang hidup di Kalimantan da Sumatera tidak lagi dianggap satu spesies dengan Macan Dahan Benua sejak 2006 dan sekarang di masukkan dalam Spesies Neofelis Diardi.

Macan Dahan adalah hewan Noktural yang aktif berburu di malam hari. Hewan ini banyak menghabiskan waktunya di atas pohon dan dapat bergerak dengan lincah di atas pepohonan.     

10. Kucing Batu (Pardofelis Marmorata)

Mengenal, Keluarga, Kucing, Besar

Kucing batu (Pardofelis Marmorata) adalah kucing liar kecil dari Asia Selatan dan Asia Tenggara. Sejak 2002 Ia terdaftar dalam Spesies Rentan oleh IUCN seperti yang terjadi kepadatan yang rendah dan ukuran total populasi efektif di duga kurang 10.000 individu dewasa 

Spesies ini dulunya di anggap sebagai Spesies Kucing Besar garis keturunan Pantherin. Analisis genetik menunjukkan erat kaitannya dengan Kucing Emas. 

Daftar di sini dengan alamat email Anda untuk menerima update dari blog ini di inbox Anda..

3 Responses to "PERBEDAAN HARIMAU, SINGA, JAGUAR, LEOPARD,PUMA, CHEETAH DALAM KELUARGA KUCING BESAR"

  1. Wah.. banyak bangatyah jenis kucing besarnya.. tapi sayang pada langkah semua.. harus dilindungi baik-baik..

    ReplyDelete
  2. macan dahan sama jaguar keren ya

    ReplyDelete

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.