MENJELAJAHI TAMAN BAWAH LAUT PULAU BUNAKEN

Menjelajahi Taman Bawah Laut Pulau Bunaken

Menjelajahi, Taman, Bawah, Laut, Pulau, Bunaken

Taman Nasional Bunaken adalah sebuah taman laut yang terletak di ujung pulau sulawesi bagian utara. Dengan luas 75.265 ha yang terdiri dari 97 % laut dan 3 % yang meliputi Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Naen, Pulau Mantehage dan Pulau Siladen.

Di Taman Bawah Laut Bunaken terdapat sekitar 390 spesies terumbu karang, berbagai macam hewan laut, mamalia laut, Reptil yang menjadi penghuni Taman Nasional Bunaken.

Secara geografis Taman Nasional Bunaken terletak pada daerah "segitiga emas" yang merupakan jalur perairan laut yang menghubungkan laut papua, Indomesia dan Philipina. Ketga laut tersebut dikenal memiliki keindahan bawah laut yang mempesona dan sangat menakjubkan. Oleh sebab itu Pemerintah Indonesia melalui Menteri Kelautan meresemikan Taman Laut Bunaken pada tahun 1991 yang secara administratif Bunaken termasuk kedalam wilayah Manado, Sulawesi Utara.

Di Taman Laut Bunaken banyak memiliki Biodiversitas laut tertinggi di dunia. Sehingga banyak penyelam dari mancanegara berkunjung ke tempat ini. Menikmati keindahan terumbu karang dan berbagai jenis ikan yang sangat mempesonakan mata untuk memandang. Sedikitnya terdapat 91 jenis ikan ada di sini seperti Nila Gati (Scolopsis bilineatus), Koi Putih (Seriola riviliana), Goropa (Spilotocapsep hinephelus), Lolosi Ekor Kuning (Lutjanus kasmira). Salah satu spot terbaik di Taman Laut Bunaken adalah adanya Terumbu Karang yang vertikal dengan kedalaman 50 meter.

Di Taman Laut Bunaken juga terdapat 20 titik Scuba Diving yang memungkinkan menyelam  didasar laut ditemani biota-biota laut yang menakjubkan.

Untuk menikmati Keindahan Alam Bawah Laut Bunaken pastikan sobat datang pada waktu yang tepat. Yakni antara bulan Mei - Agustus. Disini juga sudah dilenkapi perlengkapan berenang dan diving jadi sobat tidak perlu repot-repot membawa peralatan diving dari rumah. Untuk sampai ke Taman Laut Bunaken sobat bisa menggunakan perahu motor dengan waktu 40 menit dari Manado.

Anda tertarik ingin mencobanya?    
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook