PENEMUAN PELABUHAN MESIR KUNO TERTUA DI DUNIA

Penemuan Pelabuhan Mesir Kuno Tertua Di Dunia


Penemuan, Pelabuhan, Mesir, Kuno, Tertua, Di, Dunia
Bekas Pelabuhan Mesir Kuno

Pelabuhan kuno tertua di dunia telah ditemukan kembali di daerah Mesir yang diperkirakan berumur 4500 tahun pada zaman pemerinthan Fir'aun Khufu (Cheops) dinasty ke-empat.

Para Arkeolog yakin jika Pelabuhan Mesir Kuno pada saat itu digunakan sebagai pelabuhan untuk membantu pengangkutan Tembaga dan Mineral lain ke Semenanjung Sinai.

Pelabuhan tua ini ditemukan di daerah Wadi El-Jarf , 180 Km sebelah Selatan Terusan Suez, Mesir. Pelabuhan ini di duga 1000 tahun lebih tua dari struktur pelabuhan manapun di dunia. Para Arkeolog menemukan 40 Papirus Heiroglif yang menggambarkan kehidupan Mesir Kuno pada zaman Fir'aun Khufu dan Proses pembangunan Monument Cheops.

Papirus mengungkap petunjuk bagi para pekerja di pelabuhan untuk mendapatkan roti dan bir. Papirus juga mengungkap aktifitas Merrer yang terlibat pada pembangunan Piramida Gizza, Kuburan Khufu.

"Dia melaporkan perjalannya ke lahan batu kapur untuk mendapatkan bahan yang digunakan untuk membangun Piramida". Kata Mohammad Ibrahim, Menteri Kebudayaan Mesir.

Berikut ini beberapa peninggalan Pelabuhan Mesir Kuno :

Penemuan, Pelabuhan, Mesir, Kuno, Tertua, Di, Dunia 
Papirus Heiroglif bertulisan tentang pembangunan Monument Cheops


Penemuan, Pelabuhan, Mesir, Kuno, Tertua, Di, Dunia
 Artefak bekas Pelabuhan Mesir Kuno

Penemuan, Pelabuhan, Mesir, Kuno, Tertua, Di, Dunia
Tali Tambang, Balok, Dayung dan Potongan Kapal di sekitar Wadi El-Jarf

"Meski kita tak belajar dari apapun dari Kontruksi Monumen Cheops ini, Catatan ini menyuguhkan wawasan pertama kali tentang hal ini". Para Arkeolog yang terlibat dalam Penemuan Pelabuhan Mesir Kuno Tertua Di Dunia ini berasal dari Badan Arkeologi Perancis. 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook