INILAH PENERIMA NOBEL TERMUDA SEPANJANG SEJARAH


 Inilah, Penerima, Nobel, Termuda, Sepanjang, Sejarah

Biodata: 
Tawwakul Karman, seorang wanita kelahiran 7 Februari 1979, di Teiz, Yaman adalah seorang jurnalis dan politukus Yaman serta anggota senior al-islah dan aktivis hak asasi manusia sekaligus pemimpin kelompok "Jurnalis Wanita Tanpa Batas" yang didirikan pada tahun 2005. 












Karman memperoleh perhatian besar oleh negaranya setelah keterlibatannya sebagai jurnalis Yaman pada tahun 2005 dan mendukung layanan berita telephone genggam pada tahun 2007. Ia memimpin protes demi protes kebebasan pers. Hebatnya lagi Karman melakukan protes setiap pekan setelah mei 2007. Di lapangan, di pusat kota ibukota Sanaa.Ia kemudian menjadi sosok utama dalam Pemberontakan Yaman 2011 yang merupakan bagian Musim Semi Arab. 

Ia dijuluki "Wanita Besi" dan "Ibu Revolusi" oleh Rakyat Yaman. Ia Menerima Hadiah Nobel Termuda pada tahun 2011 pada usia 32 tahun dan mejadikan dirinya Penerima Hadiah Nobel Termuda Sepanjang Sejarah dan wanita arab pertama sekaligus warga Yaman Pertama yang Memenangkan Hadiah Nobel. Tawwakul Karman menerima hadiah nobel atas dedikasinya Melakukan perjuangan tanpa kekerasan demi keamanan perempuan dan demi hak perempuan agar bisa berpartisipasi penuh dalam pembangunan perdamaian. Tawwakul Karman mengatakan bahwa Ia akan mempersembahkan hadiah nobel tersebut bagi semua aktivis yang ikut terlibat dalam pergolakan Arab selama musim semi lalu.

Menilik apa yang dilakukan oleh Tawwakul Karman dan pengakuan dunia internasional terhadapanya, maka betapa berartinya itu bagi pengakuan kebebasan perempuan Arab. Bahwa perempuan juga bisa berkiprah dengan maksimal bagi pemenuhan hak asasi manusia.

Semoga Inspirasi dan Perjuangan Tawwakul Karman dapat membangkitkan semangat wanita-wanita lainnya.


Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook