MENGUNGKAP PENEMUAN TEKS SALINAN INJIL TERTUA DI TOPENG MUMI

Mengungkap Penemuan Teks Salinan Injil Tertua di Topeng Mumi


Mengungkap, Penemuan, Teks, Salinan, Injil, Tertua, di, Topeng Mumi

- Sebuah teks yang diperkirakan dari salinan injil tertua dari injil markus yang ditulis pada abad pertama sebelum tahun 90 masehi pada sebuah topeng mumi di Mesir.

Saat ini salinan tertua yang pernah ditemukan dari teks-teks injil adalah dari abad ke-2 (antara tahun 101-200 masehi) 

Fragmen injil dari abad pertama ini ditulis pada selembar papirus yang kemudian digunakan kembali untuk membuat masker yang dikenakan oleh mumi. Meskipun banyak topeng mumi fir'aun yang terbuat dari emas tetapi untuk orang-orang biasa banyak yang menggunakan masker topeng mumi dari papirus, cat dan lem. Mengingat sangat mahalnya harga papirus tersebut banyak orang menggunakannya kembali lembaran yang pernah menulis mereka.

Dalam beberapa tahun ini para ilmuwan telah mengembangkan teknik yang memungkinkan lem masker mumi yang diurungkan tanpa merusak tinta diatas kertasnya. Sehingga teks yang ada dapat terbaca.

"Banyak para ilmuwan dan sarjana yang datang untuk mengungkap dan menganalisa teks injil dari abad pertama ini," ungkap Craig Evans salah seorang profesor studi Perjanjian Baru di Acadia Divinity College Wolfvile, Nova Scotia.

"Kami memulihkan dokumen kuno dari abad pertama, kedua atau ketiga dan bukan hanya dokumen bagi agama Kristen saja atau dokumen dokumen pada Alkitab tetapi kami juga memulihkan Teks-teks Yunani Klasik, kertas bisnis, berbagai makalah biasa, surat-surat pribadi," ujar Evans seperti dikutip pada LiveScience. Dokumen-dokumen itu termasuk teks filosofis dan salinan cerita dari penyair Yunani, Homer.

Surat-surat bisnis dan pribadi kadang-kadang memiliki kerusakan pada mereka, katanya. Ketika lem dilepaskan, para peneliti meneliti Injil abad pertama sebagian dengan menganalisis dokumen lain yang ditemukan dalam topeng yang sama.

Salah satu kelemahan untuk proses ini adalah bahwa topeng mumi akan hancur, dan sarjana di lapangan berdebat apakah bahwa metode tertentu harus digunakan untuk mengungkapkan teks yang dikandungnya.

Teknik ini membawa banyak mengungkap teks baru terhadap cahaya, Evans mencatat. "Dari topeng tunggal, itu tidak aneh untuk memulihkan beberapa lusin atau bahkan lebih" teks baru, katanya Live Science. "Kita akan berakhir dengan ratusan papirus ketika pekerjaan dilakukan, jika tidak ribuan."

Perdebatan
Para sarjana yang bekerja pada proyek harus menandatangani perjanjian menjaga rahasia yang membatasi apa yang bisa mereka katakan secara terbuka. Ada beberapa alasan untuk perjanjian ini. Salah satunya adalah bahwa beberapa pemilik topeng ini hanya tidak ingin diketahui, kata Evans. "Para ulama yang bekerja pada proyek ini harus menghormati permintaan museum, universitas, pemilik swasta, sebagainya."

Evans mengatakan bahwa satu-satunya alasan dia bisa berbicara tentang Injil abad pertama sebelum diterbitkan karena kebocoran oleh anggota tim  beberapa informasi pada tahun 2012. Evans sangat berhati-hati untuk mengatakan bahwa ia tidak mengatakan apa-apa pada  Live Science tentang Teks Injil Pertama.

Evans mengatakan bahwa pengujian usia teks  melalui kombinasi karbon-14, mempelajari tulisan tangan pada fragmen dan mempelajari dokumen-dokumen lain yang ditemukan bersama dengan Injil. Pertimbangan ini menyebabkan para peneliti menyimpulkan bahwa fragmen ditulis sebelum tahun 90. Dengan perjanjian menjaga rahasia di tempat, Evans mengatakan bahwa ia tidak bisa mengatakan lebih banyak tentang isi teks sampai papirus diterbitkan.

Penghancuran masker mumi

Proses yang digunakan untuk mendapatkan papirus, yang melibatkan penghancuran topeng mumi, juga telah menimbulkan perdebatan. Misalnya, arkeolog Paul Barford, yang menulis tentang pengumpulan dan warisan masalah, telah menulis sebuah posting blog yang  mengkritik peneliti pada Injil.

Roberta Mazza, dosen Klasik dan Sejarah Kuno di University of Manchester, telah membuat blog kekhawatirannya tentang teks sebagai memiliki Brice Jones, seorang kandidat doktor dalam agama di Concordia University.

Ketika teks-teks yang dipublikasikan perdebatan kemungkinan akan bergerak di luar blogosphere dan menjadi media utama dan jurnal ilmiah.

Petunjuk Alkitab

Meskipun Injil fragmen abad pertama kecil, teks akan memberikan petunjuk apakah Injil Markus berubah dari waktu ke waktu, kata Evans.

Penelitiannya sendiri difokuskan pada analisis teks topeng mumi, untuk mencoba untuk menentukan berapa lama orang memegang mereka sebelum membuang atau menggunakan kembali mereka. Hal ini dapat menghasilkan informasi berharga tentang bagaimana teks-teks Alkitab yang disalin dari waktu ke waktu.

"Kami memiliki setiap alasan untuk percaya bahwa tulisan-tulisan asli dan salinan paling awal mereka akan beredar selama seratus tahun dalam banyak kasus - dalam beberapa kasus lebih lama, bahkan 200 tahun,"
katanya.

Ini berarti bahwa "seorang juru tulis membuat salinan naskah pada abad ketiga benar-benar bisa di pembuangan (yang) asli abad pertama, atau salinan abad pertama, serta salinan abad kedua."

Set untuk menerbitkan

Evans mengatakan bahwa tim peneliti akan menerbitkan volume pertama teks yang diperoleh melalui masker mumi dan CARTONNAGE akhir tahun ini. Ini akan mencakup fragmen Injil bahwa para peneliti percaya ini dari abad pertama.

Tim ini awalnya berharap hasilnya akan diterbitkan pada 2013 atau 2014, tapi  harus diurungkan kembali hingga ke tahun 2015. Evans mengatakan ia tidak pasti mengapa publikasi buku tertunda, tetapi tim telah menggunakan waktu ekstra untuk melakukan lebih studi ke Injil abad pertama. "Manfaat dari penundaan adalah bahwa ketika akan diterbitkan, akan ada informasi tambahan tentang hal itu dan teks-teks lain yang terkait."

Sumber: LiveScience
        

    
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook