TERUNGKAPNYA KOTA KUNO GOLDEN HORDE BERUSIA 750 TAHUN

Terungkapnya Kota Kuno Golden Horde Berusia 750 Tahun


Terungkapnya, Kota, Kuno, Golden, Horde, Berusia, 750, Tahun

- Tim Arkeolog dari Saratov Regional Museum of Local Lore berhasil menemukan sisa-sisa kota kuno berusia 750 tahun yang didirikan oleh keturunan Genghis Khan disepanjang sungai Volga, Rusia.

Di antara penemuannya itu, Tim Arkeo;ogi juga menemukan dua Candi Kristen yang salah satunya memiliki ukiran batu dan keramik yang sangat halus.

Penemuan Kota Kuno yang bernama Ukek ini didirikan hanya beberapa dekade setelah Genghis Khan meninggal pada tahun 1227. Setelah kematian penakluk besar itu kerajaannya terpecah, Cucunya yang bernama Batu Khan mendirikan Golden Horde (Kipchak Khanate) antara  tahun 1205-1255. Kerjaan yang  membentang sepanjang Eropa Timur sampai Asia Tengah dan dikendalikan dengan rute perdagangan Jalan Sutera yang menghubungkan China dengan daratan Eropa pada Abad Pertengahan.

Penemuan Kuartal Kristen

Arkeolog dari Saratov Regional Museum of Local Lore telah menemukan seperempat Kristen Ukek yang menjelaskan kehidupan orang-orang Kristen dibawah naungan Khan. Ukek adalah kota Multikultural dimana disana terdapat agama seperti Islam, Kristen dan Pedukunan.

Di distrik Kristen, Tim arkeologi dari Saratov Regional Museum of Local Lore, Dmitriy Kubankin mengatakan kepada LiveScience antara lain telah ditemukan Pin rambut Cina dengan kepala berbentuk buah delima dan pecahan piring dengan gambar naga.

Batu Candi

Terungkapnya, Kota, Kuno, Golden, Horde, Berusia, 750, Tahun

Diantara penemuan ruang bawah tanah dari kuil Kristen tersebut (dalam gereja-gereja Kristen Timur kadang-kadang di sebut Candi) menunjukan relief bergambar singa yang sedang mencakar. 

Dalam ruang bawah tanah kuil, arkeolog menemukan sisa-sisa barang yang mungkin telah disimpan oleh pedagang lokal, termasuk piring halus dan botol yang diimpor dari Kekaisaran Bizantium, Mesir atau Iran. "Setiap gudang gereja dianggap tempat yang aman untuk menyimpan barang-barang di dalamnya, oleh karena itu, pedagang dari lingkungan terdekat yang digunakan untuk menyimpan (objek) dari penjualan di sana," kata Kubankin.

Setelah kuil Kristen pertama dihancurkan pada awal abad ke-14, sebuah kuil kedua dibangun pada 1330 dan tetap digunakan sampai sekitar 1350. "Kemungkinan besar, itu berdinding batu dan memiliki atap genteng. Sebagian dari berdirinya dengan apse telah digali, "kata Kubankin.


Jatuhnya Ukek

Pada tahun 1395, kota Ukek diserang oleh penguasa bernama Timur Lenk. Dia menghancurkan kota Ukek dan mengambil wilayah yang sebelumnya dikuasai oleh Golden Horde.

Banyaknya bangunan dikota Ukek ini menjadikan kendala tersendiri bagi tim arkeologi untuk meneliti kota kuno ukek lebih luas lagi.  

Sumber: LiveScience.com  



Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook