PENEMUAN MAKAM RATU FIR'AUN DINASTI KELIMA

Penemuan Makam Ratu Fir'aun Dinasti Kelima


Penemuan, Makam, Ratu, Fir'aun, Dinasti, Kelima

- Para arkeolog dari Rep. Ceko telah menemukan makam ratu yang diyakini adalah istri dari Firaun Neferefre yang memerintah mesir pada 4.500 tahun yang lalu. 

Makam yang di temukan di Abu Sir, sebuah komplek perkuburan kuno di sebelah daya Kairo, Mesir yang juga telah ditemukan beberapa Piramida yang berasal dari Dinasti Kelima 

Ratu yang bernama Khentakawess memang telah diketemukan nama tersebut sebelumnya sebelum diketemukan makamnya. Nama dan pangkatnya telah tertulis di dinding bagian makam. Mungkin dibuat saat pembangunan makam. 

Menurut Menteri Purbakala Momdouh al-Damaty "Penemuan ini akan membantu kita menjelaskan aspek-aspek tertentu yang belum di ketahui dari Dinasti Kelima. Yang bersama-sama dengan Dinasti Keempat menyaksilan pembangunan Piramida pertama kali".

Miroslav Barta yang mengepalai Ceko Institute Egyphotology mengatakan "makam ratu yang di temukan di kompleks pemakaman neferefre itu membuat kita percaya bahwa itu adalah istrinya Raja Firaun Neferefre".

Seorang pejabat di Kementrian Barang Antik mengatakan bahwa makam itu berasal dari Dinasti Kelima antara tahun 2994-2345 SM.

Di tempat tersebut Tim Arkeologi juga menemukan sekitar 30 peralatan, 24 terbuat dari batu kapur dan empat lainnya terbuat dari tembaga. 


Sumber: discovery.com    
 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook