8 MAKANAN SEHAT DAN NIKMAT DI MUSIM HUJAN

8  Makanan Sehat dan Nikmat Di Musim Hujan


8 , Makanan, Sehat, dan, Nikmat, Di, Musim, Hujan

- Memasuki musim dingin atau mausim hujan yang biasanya terjadi antara bulan September sampai dengan bulan Januari dibeberapa daerah terkena dampaknya yaitu banjir dimana-mana. Cuaca ini juga rawan bagi kesehatan tubuh seperti terserang flu atau penyakit lainnya. Pada musim hujan tubuh anda perlu mendapatkan asupan vitamin dan zat gizi lainnya seperti selenium, probiotik, serat atau asam animo. 

Jadi waktu yang cocok diakhir pekan buat anda adalah memanjakan diri dengan mengkomsumsi makanan yang bergizi tinggi untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda menghadapi musim dingin yang berkepanjangan.

Berikut ini kami rekomendasikan 8 Daftar Makanan Sehat Dan Nikmat Di Musim Hujan untuk meningkatkan daya tahan bagi tubuh anda

1.  Yoghurt

Menurut studi yang dilakukan oleh Univesitas Viena, Austria bahwa mengkonsumsi 2 ons yoghurt sehari sama efektifnya dengan mengkonsumsi obat kekebalan tubuh. Makanan ini mengandung bakteri sehat yang menjaga usus dan salurannya dari penyakit karena bakteri dan kuman.

2. Oat atau Barley

Oat atau Barley mengandung serat khusus yang disebut beta-glucan yang berfungsi sebagai antioksidan dan antimikroba. Dua zat ini sangat penting untuk melindungi sel dari kerusakan karena molekul tidak stabil atau mikroorganisme.

3. Ikan

Ikan mengandung selenium, Zat ini membantu sel darah putih untuk memproduksi  stokin, jenis protein yang dapat membersihkan tubuh dari virus flu. Ikan jenis salmon, mackerel, dan herring banyak mengandung lemak omega-3 yang dapat mengurangi peradangan, meningkatkan aliran udara dan melindungi paru-paru dari flu dan infeksi pernafasan.

3. Ubi Jalar

Ubi jalar banyak mengandung Vitamin A, Yang bermanfaat untuk membangun jaringan ikat kulit. Jaringan ini adalah pertahanan pertama dalam memerangi infeksi bakteri dan lainnya. Dengan demikian kesehatan kulit tetap terjaga.

4. Jamur

Jamur dapat meningkatkan produksi dan aktifitas darah putih. Jamur Shitake, Maitake, dan jamur Reshi adalah beberapa jamur yang baik untuk sistem kekebalan tubuh.

5. Teh

Dalam sebuah penelitian di Havard University, Mereka yang meminum lima cangkir teh hitam sehari selama dua minggu akan memiliki sepuluh kali kekuatan dalam melawan virus interferon dalam darah dibandingkan dengan peserta yang minum minuman biasa. Teh hitam dan teh hijau sama-sama mengandung L-theanine, asam animo yang larut dalam air yang membangun protein dan sistem kekebalan tubuh.

6. Sup Ayam

Sup ayam, makanan utama ketika kita sakit dapat membersihkan hidung yang tersumbat dan mengurangi lendir seperti obat batuk. Sup ayam juga memiliki agen anti-imflamasi.

7. Bawang Putih

Jenis bunbu ini banyak mengandung bahan aktif alicin yang dapat melawan bakteri dan infeksi. Pada sebuah penelitian di Inggris menyimpulan bahwa dengan mengkonsumsi bawang putih akan membuat kemungkinan terserang flu menurun hingga 66% dibandingakan dengan tidak mengkonsumsinya. Pada penelitian lain menunjukan bahwa orang yang mengkonsumsi lebih dari enam siung bawang putih dalam seminggu maka pertumbuhan kanker perutnya juga melambat sepertiga dibandingkan dengan tidak mengkonsumsinya. 

8. Daging Sapi

Daging sapi adalah sumber zat seng yang sangat baik. Seng dapat membantu perkembangan sel-sel darah putih. Mereka yang kekurangan Seng ringan lebih rentan terhadap infeksi.

Itulah makanan yang wajib anda konsumsi dikala musim hujan agar stamina anda tetap fit sepanjang hari. Semoga bermanfaat.

Dari berbagai sumber
       
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook