10 ESKALATOR PALING UNIK DI DUNIA

10 Eskalator Paling Unik Di Dunia


- Eskalator atau Tangga Jalan adalah salah satu alat transportasi vertikal berupa konveyor untuk mengangkut orang, yang terdiri dari tangga terpisah yang dapat bergerak ke atas dan ke bawah mengikuti jalur yang berupa rail atau rantai yang digerakan oleh motor.  

Pemakaiannya terutama digunakan di daerah pusat perbelanjaan, bandara, sistem transit, pusat konvensi, hotel dan fasilitas umum lannya.

Berikut ini kami tampilkan Sepuluh Eskalator Paling Unik Di Dunia karena selain kelebihannya yang tidak biasa kita dapat ditemui juga sebagian dari Eskalator ini di rancang khusus menurut fungsi dan kegunaannya. Yuk kita lihat seperti apa sih Eskalator paling unik ini.. 

1. Eskalator Kota Shanty

10, Eskalator, Paling, Unik, Di, Dunia

Pada tahun 2011 sebuah eskalator dibangun disalah satu kabupaten termiskin di kota terbesar kedua di Colombia. Eskalator ini dibangun karena jalan berbukit yang sangat sulit di lalui oleh 12.000 penduduk seperti melangkah pada gedung 28 lantai setiap harinya. 

Dengan dipasangnya eskalator luar ruangan ini perjalanan yang biasanya memakan waktu 35 menit dapat ditempuh dalam waktu 6 menit tanpa mengeluarkan tenaga.

Eskalator dengan panjang 1.260 kaki dan dibagi menjadi 6 bagian ini menjadikan mimpi menjadi kenyataan bagi warga disana. 

2. Eskalator Sepeda

10, Eskalator, Paling, Unik, Di, Dunia

Bersepeda merupakan transportasi yang sangat populer di kota Trondheim, Norwegia. Namun sebuah bukit yang curam yang dikenal dengan Brubakken akan menuntun sepeda mereka karena jalannya yang sangat curam.

Kemudian pada tahun 1993, kota ini menjadi yang pertama di dunia setelah dibangun sebuah eskaltor khusus untuk membantu para pesepeda menaiki atas bukit. 

Sejak itu tempat ini menjadi sangat populer sebagai tempat wisata bagi 200.000 pengendara sepeda atas bukit setinggi 130 meter itu.

3. Eskalator Bawah Air Pertama Di Dunia

10, Eskalator, Paling, Unik, Di, Dunia

Pengunjung ke ocean park Hualien Farglory di Taiwan dapat melakukan perjalanan melalui akuarium utama pada eskalator kedap udara bergelombang seperti hiu, pari dan makhluk air lainnya melayang hanya beberapa meter di atas kepala mereka. Bahkan lebih mengesankan adalah kenyataan bahwa eskalator yang terhuyung-huyung, yang memungkinkan penumpang untuk naik dan turun ke kedalaman akuarium pada tangga tunggal.

4. Eskalator Terpendek Di Dunia

10, Eskalator, Paling, Unik, Di, Dunia

Eskalator terpendek di dunia yang terletak di ruang bawah tanah pada Department Store di Kawasaki, Jepang.

Dengan hanya 5 langkah, eskalator memiliki sedikit kenaikan dari 32,8 inci (83,4 cm). Hal itu diakui sebagai eskalator terpendek di dunia oleh Guinness Book of Records pada tahun 1989 

5. Eskalator Terpanjang Di Luar Ruangan

10, Eskalator, Paling, Unik, Di, Dunia

Mid-Levels salah satu daerah paling cerdas di Hong Kong ini memanjakan penduduknya dengan membangun eskalator luar ruangan yang pertama di dunia.

Pusat-Mid-Levels sistem eskalator mencakup lebih dari 800 meter di jarak dan mengangkat sekitar 135 meter dari bawah ke atas. Ini terdiri dari 20 eskalator dan 3 trotoar bergerak, terhubung di tempat-tempat dengan footbridges dengan 14 pintu masuk dan keluar. Untuk naik panjang lengkap sistem eskalator satu arah memakan waktu sekitar 20 menit.

Eskalator yang dibangun pada tahun 1993 untuk menyediakan perjalanan yang lebih baik dengan menghubungkan daerah dalam Central dan Distrik Barat di Pulau Hong Kong.
6. Eskalator Tertua Di Dunia
10, Eskalator, Paling, Unik, Di, Dunia
Macy Herald Square, awalnya dikenal sebagai RH Macy dan Perusahaan Store, adalah unggulan dari Macy department store, yang terletak di Herald Square di Manhattan, New York City.

2,2 juta kaki persegi bangunan membuatnya department store terbesar di dunia sampai tahun 2009, ketika  Korea Selatan Shinsegae membuka toko yang lebih besar di Busan.

Macy Herald Square adalah bangunan pertama di dunia yang memiliki eskalator modern (1902). Saat ini, sebagian besar dari mereka telah diganti, tetapi Anda dapat melihat Eskalator Kayu Macy masih digunakan saat ini.
7. Eskalator Terindah Di Dunia
10, Eskalator, Paling, Unik, Di, Dunia
Glowing eskalator di Evropeisky Mall di Moskow, Rusia. Tata letak silang meminimalkan kebutuhan ruang oleh "susun" eskalator yang masuk dalam satu arah, sering digunakan di department store atau pusat perbelanjaan.
8. Eskalator Spriral
10, Eskalator, Paling, Unik, Di, Dunia
Yang berbasis di Tokyo blogger Miha Tamura adalah sebuah misi untuk menyelamatkan eskalator dari ketidak jelasan transportasi perkotaan. Di situsnya, Tokyo Escalator, Tamura mencoba untuk menangkap sisi luar biasa perjalanan sehari-hari ini. Situs ini juga dilengkapi eskalator keren dari kota-kota di Jepang lainnya, serta beberapa dari bagian lain dunia. Foto ini adalah dari eskalator spiral yang terletak di Osaka.

Eskalator spiral telah dijual oleh Mitsubishi sejak tahun 1980-an, ketika contoh pertama dipasang di Jepang.
 
 

9. Eskalator Terpanjang Di Eropa

10, Eskalator, Paling, Unik, Di, Dunia

Stasiun terdalam dari metro Moskow adalah "Taman Pobedy," 84 meter di bawah tanah (ketinggian bangunan 28 lantai.) Ini salah satu stasiun terdalam di dunia.

Di stasiun metro yang sama seseorang dapat mengalami salah satu eskalator terpanjang di Eropa - Eskalator dengan panjang 126 meter dan memiliki 740 anak tangga. Eskalator naik ke permukaan memakan waktu sekitar tiga menit 
10. Eskalator Luar Di Singapore
10, Eskalator, Paling, Unik, Di, Dunia
Eskalator luar ruangan dekat National Museum of Singapore di Fort Canning Park.  

Sejarah Eskalator

Alat yang menyerupai lift ini diciptakan pertama kali oleh seorang Amerika bernama Jesse W. Reno pada tahun 1891. Tidak lama sesudah itu, seorang yang lain menyatakan diri bahwa ia adalah sebagai penciptanya. Orang ini bernama Charles D. Seeberger.

Beda antara kedua penemuan tersebut adalah bahwa escalator ciptaan Reno tidak lain merupakan ban berjalan yang tidak ada ujungnya sedang ciptaan Seeberger dilengkapi dengan jenjang atau semacam injakan kaki tangga (undak-undakan).

Namun kedua hak patent tersebut akhirnya dibeli oleh perusahaan Otis elevator Company, yang kemudian pada tahun 1900 memamerkan mesin escalatornya pada suatu pameran di Paris.

Pada tahun yang sama Otis memperoleh kepercayaan untuk memasang escalatornya unutk suatu setasiun kereta api di bawah tanah di kota New York serta bebrapa tempat lainnya.

Pemasangan pertama untuk negeri Inggris dilakukan pada tahun 1911 yakni untuk sebuah setasiun di bawah tanah di kota Earl's Court.

Semoga bermanfaat

Sumber:
- oddee.com
- wikipedia.com

Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook