SEKILAS TENTANG BLACK BOX PADA PESAWAT TERBANG

Sekilas Tentang Black Box Pada Pesawat Terbang



Sekilas, Tentang, Black, Box, Pada, Pesawat, Terbang

- Terinspirasi pada jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501 di Selat Karimata pada 28 Desember 2014 tentang pencarian Black Box yang menjadi fenomena bagi para Tim Pencaharian dan berita-berita tentang Black Box yang dianggap suatu alat yang sangat penting di balik tragedi kecelakaan AirAsia QZ8501 maka mahessa83 membuat artikel Sekilas Tentang Black Box Pada Pesawat Terbang yang bagi sebagian masyarakat masih awan tentang manfaat dan fungsi Black Box.

Sekilas, Tentang, Black, Box, Pada, Pesawat, Terbang

Dalam setiap kecelakaan pesawat terbang hal pertama yang dipikirkan oleh setiap orang adalah keberadaan Black Box. Tetapi berapa banyak dari anda tentang Black Box?

Setiap perusahaan penerbangan baik komersil maupun militer wajib memasang perekam suara di kokpit dan perekam data dalam penerbangan. Ini adalah dua alat terpisah yang biasa kita sebut sebagai "Black Box". Kedua alat ini penting dalam dunia penerbangan karena akan membantu peneliti kecelakaan pesawat sebelum kecelakaan itu terjadi.

Black Box atau Kotak Hitam adalah sekumpulan perangkat yang digunakan dalam bidang transportasi pesawat terbang. Alat ini umumnya merujuk kepada perekam data penerbangan (flight data recorder, FDR) dan perekam suara kokpit (cockpit voice recorder, CVR) dalam pesawat terbang.

Black Box berfungsi untuk merekam pembicaraan antara Pilot dengan Pemandu Lalulintas Udara atau Air Traffic Control (ATC) serta untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan.

Sekilas, Tentang, Black, Box, Pada, Pesawat, Terbang

Walaupun dinamakan Kotak Hitam atau Black Box tetapi sesungguhnya alat ini tidak berwarna hitam melainkan berwarna jingga (orange) hal ini disebabkan untuk mempermudah pencaharian jika pesawat tersebut mengalami musibah atau kecelakaan.

Penempatan blackbox ini dilakukan sedemikian rupa sehingga mudah untuk ditemukan. Umumnya disetiap pesawat terbang terdapat dua unit blackbox. Satu ditempatkan dibagian depan pesawat dan lainnya ditempatkan dibagian ekor pesawat yang diyakini merupakan bagian yang utuh bila ditemukan.

Terdapat berbagai versi dalam penemuan kotak hitam atau alat perekam dalam dunia penerbangan. Terlebih lagi ketika kecelakaan pesawat terbang, seringkali pesawat hancur sehingga sulit dicari sebab kecelakaan tersebut. Hal tersebut mendorong Dr.David Warren, seorang ahli ledakan, membuat alat yang dapat merekam semua informasi sebelum terjadi kecelakaan.

Idenya diambil dari sebuah alat tape recorder yang berukuran saku, dan disain dibuat di Australia, untuk dilanjutkan menjadi alat yang merekam semua arus komunikasi dalam penerbangan. Alat ini ini bisa merekam suara pilot dan semua data yang diterima dari 8 alat yang berbeda. Semua data ini bisa dipisah dan menghasilkan data yang akurat tentang penyebab kecelakaan. Alat ini kemudian dirancang untuk digunakan dalam perawatan dan pemeliharaan pesawat. Sehingga diketahui bagian mana yang mengalami tekanan.

Sekilas, Tentang, Black, Box, Pada, Pesawat, Terbang

Alat rekaman ini kemudian dimasukkan dalam kotak baja yang kuat untuk menjaga agar tidak ikut hancur ketika kecelakaan pesawat. Kotak ini kemudian dilapisi Asbes tahan api sehingga kabel-kabelnya tidak ikut rusak karena panas.

Masalah lain adalah ketika kekhawatiran pembicaraan para pilot selama penerbangan tersiar ke masyarakat umum dan disalahgunakan. Untuk mengatasi ini, dibuatkan komputer khusus yang disambungkan ke perekam. Dengan bantuan grafik, bisa dihasilkan gambar dari setiap kejadian.

Alat perekam dalam penerbangan ini, Flight Data Recorder (FDR) atau Cockpit Data Recorder (CDR), umumnya menggunakan pita perekam selayaknya kaset pada tape recorder. Namun perkembangan baru, kini telah digunakan FDR atapun CDR yang merekam menggunakan chip memory khusus.


Ketika terjadi insiden 11 September 2011 yang dikenal dengan 9-11, muncul usulan dari pihak keselamatan penerbangan agar kokpit persawat dilengkapi dengan Video Data Recorder yang merekam aktivitas dan situasi pilot saat penerbangan termasuk menit-menit terakhir dalam kecelakaan untuk melihat situasi sebenarnya.

Tujuan utama Black Box pada Cockpit Voice Recorder adalah untuk mencatat pembicaraan kru pesawat dan memonitor setiap suara yang terjadi pada kokpit. Seperti suara percakapan pilot,c0-pilot, suara mesin, rekaman percakapan pilot dengan pesawat lain atau dengan menara pengawas. Sehingga akan memudahkan para peneliti untuk mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan pada pesawat terbang. 

Satu lagi alat yang dinamakan Flight Data Recorder yang berfungsi untuk mencatat keadaan pesawat sebelum terjadi kecelakaan dan mencatat data-data lainnya seperti waktu, ketinggian pesawat, kecepatan, cuaca,  kecepatan pesawat dan arah pesawat. Masih banyak lagi fungsi dari alat ini kalau dijelaskan satu demi satu. Seperti gerakan pada sayap, pengukur  bahan bakar, auto-pilot.

Informasi yang ada pada perekam Flight Data Recorder dari pesawat yang telah jatuh sangat berharga bagi para peneliti untuk mencari alat ini karena akan menentukan penyebab dari kecelakaan tersebut. Data yang terekam pada alat ini akan membantu penyelidik untuk menghasilkan rekontruksi komputer video dari penerbangan. Sehingga penyelidik dapat memvisualisasikan bagaimana kondisi pesawat sesaat sebelum kecelakaan terjadi.

Flight Data Recorder dan Cockpit Voice Recorder adalah alat yang sangat berharga bagi penyidik untuk mengetahui penyebab kecelakaan udara serta membantu perjalanan udara seaman mungkin.

Untuk kedepannya seiring dengan kemajuan teknologi kemungkinan Balckbox atau alat perekam data dalam penerbangan akan terus berinovasi dan terus berkembang untuk dapat lebih canggih lagi dan dapat lebih diandalkan sehingga para penyelidik tidak perlu susah payah untuk mengetahui perekam dan data yang ada pada Black Box. 

Inovasi lainnya terdapat pada MP3 Player, alat sederhana ini digunakan oleh penggemar musik di seluruh dunia. Bisa menjadi bagian perangkat lunak perekaman data penerbangan.

Pada tahun 2007, Perusahaan penerbangan LoPresti, AS berencana memasang perangkat perekam data penerbangan pada semua pesawat Piston Furi_nya. Perusahaan percaya bahwa jika perangkat lunak sesuai untuk digunakan maka MP3 akan mampu merekam lebih dari 500 jam data waktu penerbangan.

Demikianlah ulasan Sekilas Tentang Black Box Pada Pesawat Terbang. Semoga dapat menambah wawasan kita semua.


Sumber:
natgeotv.com
wikipedia.com        





  
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook