MANFAAT CUKA APEL BUAT KESEHATAN DAN KECANTIKAN TUBUH

Manfaat Cuka Apel Buat Kesehatan dan Kecantikan Tubuh


Manfaat, Cuka, Apel, Buat, Kesehatan, dan, Kecantikan, Tubuh

- Asam asetat, asam etanoat atau asam cuka adalah senyawa kimia asam organik yang dikenal sebagai pemberi rasa asam dan aroma dalam makanan. 

Cuka selain sebagai bahan penyedap masakan ternyata juga bermanfaat buat kesehatan dan kecantikan tubuh.

Beberapa studi telah menemukan bahwa cuka dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah rendah.

Pada tahun 2004, sebuah penelitian yang dikutip dalam Diabetes Care publikasi American Diabetes Foundation menemukan bahwa mengkonsumsi cuka sebelum makan secara signifikan meningkatkan sensitivitas insulin dan secara dramatis mengurangi lonjakan insulin dan glukosa yang terjadi setelah makan. Penelitian ini melibatkan 29 orang, dibagi menjadi tiga kelompok:
    1. Sepertiga telah didiagnosa menderita diabetes tipe 2.
    2. Sepertiga memiliki tanda-tanda prediabetic.
    3. Sepertiga yang sehat.
Hasilnya cukup signifikan:
    • Ketiga kelompok memiliki pembacaan glukosa darah yang lebih baik dengan cuka dibandingkan dengan plasebo.
    • Orang dengan gejala prediabetic banyak diuntungkanmanfaat dari cuka, memotong konsentrasi glukosa darah mereka hampir setengah.
    • Orang dengan diabetes meningkatkan kadar glukosa darah mereka sebesar 25 persen dengan cuka.
    • Orang dengan gejala prediabetic memiliki glukosa darah lebih rendah dari peserta sehat setelah keduanya minum cuka.
Sebuah studi lanjutan diarahkan pada jangka panjang pengujian efek cuka menghasilkan efek samping tak terduga tapi menyenangkan: penurunan berat badan sedang. Dalam studi ini, peserta mengambil dua sendok makan cuka sebelum makan dua kali per hari kehilangan berat badan rata-rata 1 kg selama periode empat minggu, dan beberapa turun hingga 2 kg.
Pada tahun 2007, studi lain yang dikutip oleh WebMD melibatkan 11 orang dengan diabetes tipe 2 mengkonsumsi dua sendok makan cuka sari apel sebelum tidur menurunkan kadar glukosa di pagi hari sebesar 4 sampai 6 persen.

Meskipun penelitian sampai saat ini terlihat menguntungkan, studi lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi sejauh mana manfaat stabilisasi cuka insulin.

Apel dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Ketika difermentasikan menjadi cuka, apel tetap saja berkhasiat. Di antaranya bisa meredakan gangguan hipertensi dan keluhan pembuluh darah, hingga menurunkan berat badan.

Konsumsi sebutir apel sehari akan menghindarkan kita dari kamar praktik dokter. Pepatah lama itu lahir bukan tanpa arti. Kandungan vitamin dan mineral apel menjamin tubuh tetap bugar dan bebas dari deraan penyakit. 

Diperkirakan ada sekitar 7.000 varietas apel di seantero dunia dengan khasiat yang beragam. Beberapa penelitian mengungkap, kandungan kalium dan potasium buah ini mampu meredam risiko stroke, mengurangi kadar gula dan kolesterol, serta menyehatkan pembuluh darah. 

Kebanyakan orang mengonsumsi apel dalam bentuk buah segar. Ada juga yang mengolahnya menjadi jus, ditambah sirop atau perasa tambahan lainnya. Yang lain, ada yang mengolahnya menjadi cuka. 

Cuka apel merupakan sumber serat larut paling baik, bebas kolesterol dan lemak, serta mengandung natrium. Kandungan pektinnya juga efektif menekan kolesterol jahat penyumbat pembuluh darah (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Cocok diminum panas ataupun dingin.

Sari apel bersifat antiseptik, sehingga bisa membantu menekan jumlah bakteri jahat dalam saluran pencernaan, memperbaiki metabolisme tubuh, memperlancar aliran darah, mengatasi keracunan, serta menekan risiko obesitas. Selebihnya, cuka apel juga mengandung karotenoid, sumber vitamin A yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh.

Berikut Manfaat Cuka Apel Buat Kesehatan dan Kecantiakan Tubuh

1. Meningkatkan penyerapan kalsium

Cuka banyak mengandung asam asetat yang mampu meningkatkan penyerapan mineral dari dalam tubuh

2. Mengontrol kadar gula darah

Bagi Anda yang menderita Diabetes type 2, Ternyata cuka mampu mengontrol kadar gula darah anda sehingga tetap normal. Efek ini juga baik buat menghindarkan Anda dari komplikasi Diabetes seperti impotensi dan mati rasa yang menyebabkan amputasi.

3. Menghilangkan racun dari dalam makanan

Mencuci sayuran dan buah dengan menggunakan cuka ternyata dapat menghilangkan sebagian pestisida dan bahan kimia lainnya. Sehingga sayur dan buah yang Anda konsumsi akan lebih sehat.

4. Membantu mengurangi berat badan

Menambahkan cuka di dalam makanan Anda ternyata mampu membantu mengurangi berat badan. Selain itu secangkir cuka hanya mengandung 25 kalori.

5. Menghilangkan rasa perih pada luka

Terlalu lama berjemur dibawah teriknya sinar matahari akan membuat kulit Anda menjadi perih. Namun Anda dapat menghilangkan rasa perih tersebut dengan mengoleskan cuka pada luka yang teras perih tersebut.

6. Menurunkan kolesterol

Cuka, terutama cuka sari apel mengandung banyak serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh Anda.

Bukan itu saja Cuka juga ternyata bermanfaat buat perawatan kecantikan Anda, Yuk simak lanjutannya,

7. Menghaluskan kulit

Asam yang terkandung dalam cuka ternyata mampu menutup pori-pori kulit dan menjadikan kulit lebih berkilau. Disarankan untuk menggunakan cuka dicampurkan dengan body lotion Anda. Agar aroma menyengat cuka terkamuflase.

8. Rambur berkilau

Banyak wanita yang tidak membilas shampoo dan conditioner dengan baik sehingga sisa formula masih menempel. Untuk mengatasinya, Robin menyarankan untuk mencampur lima tetes cuka dengan air dingin di dalam mangkuk lalu gunakan setelah keramas, biarkan itu meresap di kulit kepala Anda.

9. Mengobati gatal

Apakah Anda memiliki masalah gatal pada kulit? Campurkan sedikit sari cuka apel di dalam bak mandi Anda. Kemudian bilaslah ke seluruh tubuh Anda.

10. Mengatasi ketombe

Cuka sari apel memiliki fungsi anti jamur yang dapat membantu mengurangi ketombe di kulit kepala. Anda dapat menggunakan sebuah botol dengan tutup spray yang diisi dengan campuran separuh air dan separuh cuka sari apel sebagai pembasmi ketombe.

11. Membersihkan wajah

Cuka mengandung pH yang seimbang untuk kulit dan dapat mengurangi minyak berlebih. Gunakanlah campuran cuka dan air untuk digunakan sebagai toner sebelum menggunakan pelembab di pagi hari.

Cuka ternyata mempunyai dampak positif buat kesehatan. Benar-benar menjaga kesehatan dengan murah bukan? 

Apa efek sampingnya? Sebuah kajian di Malaysia mengungkapkan, cuka apel tak berefek samping bila dikonsumsi sesuai takaran atau tidak lebih dari enam sendok teh sehari. Keluhan yang sering muncul jika dikonsumsi berlebihan adalah rasa pusing, tetapi dapat dicegah dengan banyak minum air sebagai penawar. 

Pada dasarnya darah resisten terhadap asam (sifat cuka apel), kelebihan asam akan dibuang secara alami melalui urin dan keringat. Sebaliknya, darah reaktif terhadap basa. Artinya pH darah akan naik bila terdapat gizi yang bersifat basa. Kondisi darah yang cenderung basa memudahkan tubuh terserang penyakit.

Karena itu, konsumsilah cuka apel tetap sesuai aturan. Terlebih bagi yang memiliki masalah berupa gangguan ginjal. Seperti petuah sehat lainnya, kesembuhan maupun kebugaran tubuh tak semata-mata karena obat atau ramuan tertentu, tetapi lebih pada kesadaran untuk memilih pola makan seimbang dan berperilaku sehat. 


Minum atau Dicampur 
Karena berbentuk cair, selain diminum langsung, cuka apel sering ditambahkan ke dalam makanan olahan tertentu sebagai campuran. 
Berikut di antaranya:
 - Untuk minuman, cuka apel dikonsumsi langsung dengan takaran satu sendok makan diencerkan dengan setengah cangkir air putih. 
 - Karena rasanya yang asam, sebagian orang mencampurnya dengan madu agar lebih manis. Namun, Anda yang kadar gula darahnya tinggi sebaiknya tidak menambahkan madu. Untuk pengobatan, dua sendok makan cuka apel, satu sendok makan madu, dan segelas air, diaduk sampai rata. 
 - Cuka apel juga dapat dimanfaatkan untuk dressing salad. Biasanya dicampur dengan bahan lain seperti minyak zaitun dan putih telur.
 -  Cuka apel dapat dibeli di supermarket dengan harga relatif murah. 
Selamat mencoba semoga bermanfaat
- Dari berbagai sumber




Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook