TIM PENELITI TEMUKAN HARTA ZAMAN PERUNGGU DI SPANYOL


Mahkota Zaman Perunggu

Mahessa83-Tim peneliti menemukan sebuah makam kuno di dataran tinggi La Almoloyo di sebelah tenggara Spanyol. Para peneliti percaya La Almoloyo sebagai pusat peradaban Zaman Perunggu El Argar.

Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya sebuah makam seorang wanita dari Zaman Perunggu di Spanyol mengenakan simbol kekayaan dan kekuasaannya dengan Mahkota Perak yang cantik dikepalanya. Makam ini diperkirakan berasal ari tahun 2200 BC dan 1500 SM. 

Situs La Almoloyo pertama kali ditemukan pada tahun 1944 yang berisi peradaban Zaman Perunggu El Argar yang dikenal dengan penghasil perunggu yang canggih serta artefak keramik. Sekarang para peneliti dari University Autonoma de Barcelona telah menggali puluhan bangunan dan 50 makam baru termasuk makam seseorang yang memegang lingkaran dari perak.  

Makam Harta

Sebuah makam dari seorang wanita dan laki-laki dalam posisi bertekuk dikelilingi oleh benda-benda berharga dan semi mulia. Selain terdapat mahkota wanita, di makam ini juga ditemukan cincin emas, anting-anting dan gelang serta belati perunggu yang dipaku ke pegangannya dengan kancing perak. Sebuah cangkir keramik yang disepuh dengan perak yang mewakili kerajinan perak awal, kata para peneliti.

Penemuan harta zaman perunggu di La Almoloyo
Para peneliti juga menemukan sebuah pukulan logam, alat yang digunakan untuk membuat lubang yang memiliki pegangan dari perak dan perunggu pada ujungnya. Makam ini juga berisi empat dilator telingga yang digunakan untuk merenggangkan telinga setelah menusuk. Seperti lat pengukur telinga modern, dua dari dilator ini terbuat dari perak dan 2 lainnya terbuat dari emas.

Penemuan Lingkaran Perak ini adalah hal yang tidak biasa. Hanya ada emapt mahkota yang pernah ditemukan di El Argar kata tim peneliti. 

Kekuasaan dan Kekayaan

Bangunan makam yang ditemukan di La Almoloyo adalah terdiri dari batu dan adukan dengan beberapa hiasan terbuat dari semen. Situs ini tidak hanya mengungkapkan teknik kontruksi Zaman Perunggu tetapi juga menginsyaratkan struktur politik era Zaman Perunggu.

Komplek makan yang baru ditemukan ini pada sebuah hall seluas 70 meter persegi, Hall ini adalah bagian dari sebuah komplek megah dengan beberapa bangunan lainnya disekitarnya.

Bangku garis dinding aula terdapat 64 tempat bangku disekitar perapian podium dan tempat upacara. Para arkeologi menduga aula dari Zaman Perunggu ini digunakan untuk sidang atau konferensi atau pertemuan pemerintahan. Jika demikian halnya, ini merupakan Gedung Pemerintah Zaman Perunggu pertama yang ditemukan di Eropa Barat.    

Sumber:LiveScience
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook