7 BUNGA PALING BUSUK DI DUNIA

7 Bunga Paling Busuk Di Dunia  


Mahessa83-Bagaimana ini untuk strategi evolusi? Mengembangkan seperti bau busuk yang dapat memikat lalat dan kumbang untuk memakan daging yang membusuk dan menahan mereka untuk menyebarkan gen ke tempat lainnya.

Berikut ini adalah 7 Bunga Paling Busuk Di Dunia dari berbagai macam jenis bunga yang ada di dunia seperti kubis skunk barat, Titan Arum yang sangat luar biasa atau bunga perut balik yang Anda akan mengemis minta tolong untuk mendapatkan udara segar karena bau busuknya.

1. Titan Arum (Amorphophallus Titanum).


Amorphophallus Titanum

Titan Arum atau Bunga Bangkai Raksasa adalah tanaman berbunga dengan pembungaan bercabang terbesar di dunia. Pembungaan Titan Arum adalah tidak besar seperti dari kelapa Talipot, Corypha Umbraculifera, tapi tapi pembungaan telapak talipot bercabang daripada tidak bercabang.

Karena bau seperti bangkai hewan yang membusuk, Titan Arum ditandai sebagai Bunga Bangkai. Bunga ini juga dikaitkan kedalam keluarga Raflesia yang banyak tumbuh di Hutan Hujan Sumatera, Indonesia.

Bunganya sangat besar dan tinggi, berbentuk seperti lingga yang dikelilingi seludang bunga yang juga berukuran besar. Bunganya berumah satu dan protogini, Bunga berina reseptif terlebih dahulu, baru di ikuti masaknya bunga jantan. sebagai mekanisme untuk mencegah penyerbukan sendiri. 

Hingga tahun 2005, rekor bunga tertinggi di penangkaran dipegang oleh Kebun Raya Bonn, Jerman yang menghasilkan bunga setinggi 2.74 meter pada tahun 2003. Pada tanggal 20 Oktober 2005, bunga dapat mekar dengan ketinggian 2.91 meter di Kebun Botani dan hewan Wilhelma, Stuttgart juga di Jerman. Namun Kebun Raya di Cibodas, Indonesia mengklaim bahwa bunga yang mekar di sana yang mencapai ketinggian 3,17 meter pada dini hari tanggal 11 Maret 2004. Bunga ini dapat mekar dalam waktu satu minggu.

Bunga Bangkai atau Titan Arum sekarang telah banyak tersebar ke seluruh penjuru dunia terutama yang telah memiliki Kebun Botani atau penangkar-penangkar spesialis. Di Amerika Serikat bunga yang muncul seringkali diberi julukan atau nama tertentu dan selalu menarik perhatian banyak pengunjung. Uniknya banyak pengunjung yang datang hanya ingin menikmati baunya.
      

2. Rafflesia Arnoldii


Rafflesia Arnoldii

Raflesia Arnoldii yang banyak hidup di Asia Tenggara ini terkenal memiliki bunga terbesar di dunia. Bunga ini adalah anggota dari genus Tetrastigma (dalam keluarga Anggur, Vitaceae) ini tidak memiliki akar atau daun dan sebagian besar hidup dalam batang kayu dan akar induknya. 

Raflesia Arnoldii hanya terlihat ketika tunas gemuknya muncul melalui kulit induknya dan berkembang menjadi besar. Bunga berdaging ini diserbuki oleh lalat.

3. Western Skunk Cabbage (Lysichiton Americanus)


Lysichiton Americanus

Western Skunk Cabagge (Lysichiton Americanus) adalah tanaman yang ditemukan yang ditemukan di rawa-rawa dan hutan basah sepanjang sungai dan di daerah basah lain dari Pasific Northwest dimana bunga ini merupakan spesies asli dari keluarga arum. 

Tanaman ini di sebut Kubis Sigung karena khas "Skunky" bau yang dipancarkannya ketika mekar.

4. Carrion Flower (Stapelia Gigantea)


Stapelia Gigantea

Stepelia adalah genus tanaman rendah, bertulang batang sekulen terutama tumbuh di Afrika Selatan dengan beberapa spesies lainnya seperti dari Amerika, Asia dan Amerika Latin.

Stapelia Gigantea bisa mencapai tinggi 41 cm dengan diameter terbuka penuh. Kebanyakan bunga Stapelia tumbuh berbulu dan menghasilkan bau daging busuk. Bau ini berfungsi untuk menarik berbagai penyerbuk spesialis seperti lalat 

Penampilan berbulu, berteksur dan berwarna, Bunga Stapelia telah di klaim menyerupai daging busuk dan secara umum Bunga Stapelia dianggap sebagai Bunga Bangkai.

Spesies ini umumnya dibudidayakan sebagai tanaman pot dan bahkan digunakan sebagai tanaman rockery di negara-negara yang beriklim. Stapelia adalah tanaman yang baik dan dapat tumbuh dibawah sinar matahari. Mereka harus ditanam dengan kompos baik dikeringkan sebagai batang dan cenderung membusuk bila disimpan di tempat yang lembab.

5. Stinking Root Parasite (Hydnora Africana)


Hydnora Africana

Hydrona Africana merupakan tanaman achlorophyllous dalam keluarga hydnoraceae. Tumbuhan asli dari Afrika Selatan ini dari merupakan tumbuhan parasit pada akar anggota keluarga Euphorbiaceae. Tanaman ini tumbuh di bawah tanah, kecuali untuk bunga berdaging yang tumbuh diatas tanah dan memancarkan bau busuk yang sangat menyengat sebagai penyerbuk alami.  

6. Dead Horse Arum Lily (Helicodiceros Muscivorus)


Helicodiceros Muscivorus

Helicodiceros Muscivorus adalah tanaman hias asli dari Corsica, Sardinia dan Kepulauan Balearic. Tanaman ini adalah satu-satunya spesies dalam genus Helicodiceros dalam keluarga Araceae dan bagian dari subfamili Aroideae.

Bunga-bunga dari Helicodiceros Muscivorus ini berbau seperti daging busuk yang dapat menarik lalat mencari bangkai yang bertindak sebagai penyerbuk. 

7. Eastern Skunk Cabbage (Symplocarpus foetidus)  


Symplocarpus foetidus

Symplocarpus Foetidus pada umumnya dikenal sebagai Skunk Kubis atau timur kubis sigung adalah tumbuhan rendah dan berbau busuk yang hanya dapat tumbuh di lahan basah.

Kubis Sigung Timur memiliki daun yang besarnya dapat mencapai 40-55 cm . Bunga ini dapat tumbuh diawal musim semi diatas lumpur. Batang tetap terkubur di dalam lumpur dengan daun yang muncul dipermukaannya. Bunga-bunga yang dihasilkan selebar 5-10 cm  dengan tangkai setinggi 10-15 cm. dengan bunga dengan warna bintik-bintik ungu.


Sumber:LiveScience   
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook