PENEMUAN HARTA KARUN KUNO DI KOMPLEK PEMAKAMAN SIPRUS


Mahessa83-Tim arkeologi di Siprus Utara telah menemukan komplek makam kuno yang dibangun antara tahun 400 SM - 350 SM di dekat kota kuno Soloi, Siprus. Komplek makam kuno yang terdiri dari tiga ruang bawah tanah ini berisi perhiasan, patung-patung serta 16 set Bejana yang digunakan untuk melayani orang menghadiri pesta. 

Harta Karun yang ditemukan di komplek makam kuno soloi tersebut antara lain:

Tanaman Emas


Tanaman Emas Ivy

Sebuah karangan bunga emas dalam bentuk tanaman merambat ditemukan disebuah komplek pemakaman kuno berusia 2400 tahun di Siprus.

Karangan bunga dalam bentuk tanaman ivy, daun emas tipis dan buah yang terawat dengan baik walaupun telah berusia diatas 2000 tahun. Menurut arkeologi Hazar Kaba dari Universitas Angkara,"tanaman ini mirip dengan yang ditemukan di komplek makam bangsawan Macedonia".

Dewi Cinta


Dewi Cinta Athena

Patung ini menunjukkan Aphrodite, keindahan dewi cinta Yunani bersama dengan putranya Eros. Kaba mengatakan bahwa desain patung ini dibuat oleh seniman lokal Siprus yang dipengaruhi oleh pematung dari Athena.

Bejana Pesta


Bejana Pesta

Terdapat 16 Bejana yang terbuat dari perunggu, perak, emas kata Kaba. Bejana-bejana ini digunakan untuk melayani orang untuk menghadiri pesta. Kebanyakan Bejana ini di impor dari Athena.

Patung Bejana


Patung Bejana

Sisa-sisa dari satu bejana terbuat dari logam ditemukan di komplek makam kuno ini. Patung Bejana ini terlihat seperti seorang laki-laki berjanggut.

Pria Berjanggut


Patung Pria Berjanggut

Sebuah patung laki-laki berjenggot ditemukan juga di komplek makam kuno ini. Kaba mengatakan bahwa desainnya mirip dengan orang yang ditemukan di Athena.

Bangunan di Soloi

Makam ini terletak di dekat kota kuno Soloi yaitu sebuah kota yang terletak di pantai utara Siprus sebuah kota yang memiliki tambang tembaga. Kota ini telah berkembang selama berabad-abad. Gambar diatas menunjukan sebuah bangunan di Soloi yang telah berusia lebih dari 2000 tahun.yang lalu saat pemerintahan Yunani Kuno masih mengusai kota. 

sumber:LiveScience   



        
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook