16 FAKTA MENGEJUTKAN TENTANG SERANGGA

16 Fakta Mengejutkan Tentang Serangga


Serangga

Mahessa83-Hampir dimana-mana Anda akan melihat dan menemukan satu atau puluhan dari mahluk berkaki enam yang di sebut serangga. Sekelompok hewan liar beragam kelas Insecta seperti semut, lebah, lalat, kumbang dan banyak lagi. Mahluk ini mempunyai tubuh yang terdiri dari tiga segmen yaitu kepala, dada dan perut. Terbungkus dalam exoskeleton keras. Semua serangga mempunyai sepasang antena, mata majemuk dan tiga pasang kaki bersendi. Dari bentuk dasar tubuh yang sama, muncul segala macam perilaku dan kemampuan sangat luar biasa. 

Berikut 16 Fakta Mengejutkan Tentang Serangga seperti dilansir dari LiveScience.

1. Mahluk Yang Paling Sukses


Hingga saat ini para ilmuwan telah menemukan sekitar 1,5 juta spesies organisme di planet ini dengan dua pertiga diantaranya adalah serangga. Tetapi para ilmuwan memperkirakan jumlah spesies di Bumi mungkin mendekati 9 juta spesies di mana 90 persen diantaranya adalah dari kelas Insecta. Alasan sukses serangga ini lebih banyak disebabkan karena tubuh mereka yang kecil sehingga mereka bisa bersembunyi dengan mudah dan mengurangi kebutuhan energi secara keseluruhan. Mereka bisa makan secara alami atau buatan, tangguh, pelindung exoseletons, sering mempunyai sayap sehingga sangat membantu dalam penyelamatan diri, hidup berkelompok dan kemampuan yang sangat luar biasa untuk mereproduksi.

2. Kumbang


Kumbang Badak

Kumbang adalah dari urutan serangga Coleoptera adalah kelompok yanh paling banyak dengan keanekaragman hayati mahluk yang di kenal dengan lebih dari 380.000 spesies sampai saat ini. 

Sebuah prosiding terbaru dari Study Royal Society B menunjukkan rahasia untuk keanekaragaman kumbang dan mungkin dari kelompok serangga lainnya. adalah gaya yang fleksinilitas untuk mereka hidup. Hal ini memastikan bahwa spesies mereka tidak mudah punah.

3. Semut


Semiut Merah

Ketika Anda melihat ke bawah, mungkin Anda akan melihat atau menemukan satu atau dua semut berjalan berdampingan. Para ahli biologi terkenal Bert Holldobler dan EO Wilson diperkirakan pada tahun 1990 pada buku pemenang hadiah Pulitzer yang berjudul "The Ants" mengatakan bahwa semut hidup pada waktu tertentu sekitar 1,4 juta semut per manusia. 

4. Hidup Merata Di Bumi


Hampir setiap benua serangga dapat hidup termasuk di Antartika yaitu Nyamuk Tak Bersayap yang disebut Belgica Antartika. Seekor lalat kecil yang hanya 0,08-0,23 inci (02-0,58 cm) tetapi masih merupakan hewan terbesar di Antartika. 

5. Landlubbers


Ada satu tempat dimana hewan berkaki enam ini tidak mampu hidup. Tempat tersebut adalah 70 persen dari permukaan bumi yang di tutupi oleh lautan. Mengapa  serangga tidak dapat hidup di lingkungan terbesar dari bumi? Tidak ada yang tahu mengapa, Tetapi yang jelas di lautan tidak memiliki tanaman untuk di makan dan tempat berlindung seperti di daratan.

6, Bernafas melalui sisi mereka


Serangga bernafas tidak melalui mulut mereka. Mereka menghirup oksigen dengan menghembuskan karbon dioksida melalui lubang yang disebut spirakel di exoseletons mereka. Lubang ini biasanya berbaris thoraxes di perut serangga. Anehnya, Sistem pernafasan serangga juga tidak berhubungan ke sistem perdedaran darah hewan atau manusia. Dimana gas pertukaran paru-paru dengan aliran darah. Sebaliknya, Serangga memiliki jaringan kardiovaskular seperti tabung yang di sebut Sistim Trakea. Yang memberikan oksigen dan membuang karbon dioksida dari setiap sel dalam tubuh hewan.

7. Sistim peredaran darah


Berbicara sistim peredaran darah, Cara serangga berbeda dengan manusia. Serangga memiliki sistim peredaran darah terbuka dimana darah mereka yang disebut "hemolymph" mengenangi organ. Hati serangga adalah bak tersegmentasi dan bilik berjalan sepanjang punggung hewan. Kontrak bak ini untuk mengirim hemolymph ke kepala. Dari sana akan kembali ke seluruh jaringan tubuh. hemolymph biasanya berwarna kehijauan atau kekuningan. 

8. Mahluk tertua d Bumi


fosil serangga

Serangga merupakan mahluk tertua di bumi. Ini dibuktikan dengan penemuan fosil serangga berusia 400 juta tahun yang lalu. Ini menunjukkan serangga adalah hewan pertama yang melakukan transisi dari laut ke darat. Dengan kata lain Serangga telah hidup sekitar 170 juta tahun sebelum Dinosaurus datang ke bumi.

9. Serangga terbesar


serangga terbesar

Serangga terbesar yang diketahui pernah hidup di bumi adalah Meganeuropsis atau Griffinfly yang merupakan Capung Kuno dengan lebar sayap mencapai sekitar 0,8 meter. Mahluk ini memangsa serangga lain dan mahluk amphibianlike kecil atara tahun 290.000.000 - 250.000.000 tahun yang lalu.

10. Monster Serangga


Mpnster Serangga

Monster serangga yang pernah ditemukan adalah weta raksasa Selandia Baru. Binatang Cricketlike dapat mencapai berat lebih dari satu pon. Sementara Serangga terpanjang yang pernah di temukan adalah Chan Megastick di Kalimantan, Indonesia dengan panjang mencapai lebih dari 66 cm. Sementara The Fairyflies Evocatively dari Kostarika adalah serangga terkecil dari spesies tawon yang hanya memiliki panjang 0,014 cm.

11. Serangga Tercepat


Jerry Butler seorang profesor emiritus dari entomology di University of Florida, menunjukkan serangga dapat terbang sekitar 90 mph (145 km/jam) dan ini merupakan rekor kecepatan serangga seperti dilansir dari Discover Magazine.

12. Metusalah Serangga


Rata-rata serangga dewasa hanya mampu bertahan hidup dalam beberapa hari atau minggu untuk mereproduksi. Setelah menghabiskan lebih lama sebagai larva dan pupa. Dua tahap pertama dari tiga siklus hidup serangga. Ada pengecualian. Namun diantara ordo Hymenoptera (semut, lebah, tawon) ratu petelur dapat hidup dalam beberapa dekade. Seperti Semut Merah (Pogonomymex Barbatus) ratu semut ini bisa bertahan hidup selama 30 tahun. Hal ini menurut penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2013 dalam Journal Animal of Ecology.

13. Ratu Rayap


Ratu Rayap

Menurut USDA, Ratu Rayap dapat menghasilkan 6.000 sampai 7.000 telur dalam satu hari. Entimologi mencatat bahwa Ratu Rayap spesies Macrotermes Hellicosus yang ditemukan di Afrika dan Asia Tenggara. Cranking keluar telur pada tingkat satu setiap 2 detik yang akan menghasilkan hingga 43.000 telur perhari. Dengan asumsi dia tidak pernah istirahat.

14. Serangga Terkuat


Kumbang Kotoran Bertanduk

Dung Beettle, atau Kumbang Kotoran, Para ilmuwan melaporkan pada tahun 2010 dalam Proceedings of the Royal Society bahwa serangga terkuat di planet ini adalah Taurus Onthophagus yang lebih dikenal sebagai Kumbang Kotoran Bertanduk. Banteng berkepala kumbang kotoran dan Kumbang Taurus. Pembangkit tenaga listrik kumbang dapat menarik 1.141 kali berat tubuhnya sendiri.

15. Telinga Serangga


Telingga Serangga

Serangga memiliki telingga di semua tempat namun sebenarnya jarang terletak di kepala mereka. Lacewings dalam urutan Neuroptera memiliki telinga di dasar sayap mereka. Jangkrik mempunyai membran tipis di kaki, Telinga Belalang muncul di perut mereka, Sedangkan lalat berada di leher. Beberapa Hawkmonth nampaknya mendeteksi getaran ulrasonik dengan mulut mereka.

16. Bug


Kutu Busuk

Semua Bug adalah Serangga, tetapi tidak semua serangga adalah Bug. Tidak setiap serangga adalah Bug. Bug adalah urutan serangga yang disebut hemiptera Para ahli entomologi juga menyebut mereka yang membedakan memiliki mulut suntik atau jarum seperti paruh yang sempurna untuk menusuk ke dalam jaringan untuk menghirup cairan baik dari serangga lain, tanaman atau manusia.Seperi contohnya Kutu Busuk yang menghirup darah manusia di saat tidur.       


Sumber:LiveScience
 


     

        
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook