9 FAKTA MENAKJUBKAN MANFAAT DAN RESIKO PISANG

9 Fakta Menakjubkan Manfaat Dan Resiko Pisang 


Pisang


Mahessa83-Pisang adalah salah satu buah yang banyak di konsumsi di dunia ini. Buah dengan warna kuning dan bentuk melengkung ini banyak mengandung kalium, pektin, magnesium, vitamin C dan B6. Pisang juga banyak mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat memberikan perlindungan terhadap radikal bebas dari sinar matahari setiap hari.

Manfaat buah Pisang yang berhubungan dengan kesehatan dapat mengurangi pembengkakkan, melindungi terhadap pengembangan penyakit Diabetes tipe 2, membantu menurunkan berat badan, memperkuat sistim saraf dan membantu memproduksi sel darah putih. Semua ini karena tingginya kandungan vitamin B6 yang terdapat pada Pisang.

Berikut adalah Fakta Menakjubkan Pisang Bagi Kesehatan karena tingginya kandungan Nutrisnya menurut US Food and Drug Administration yang mengatur Pelabelan Makanan melalui Pelabelan Nasional dan Undang-undang Pendidikan.

Tabel Nutrisi Pisang

1. Kesehatan Jantung


Piisang yang banyak mengandung Kalium, mineral elektrolit yang mengalir ke seluruh tubuh yang diperlukan untuk menjaga detak jantung  sangat baik untuk kesehatan jantung Anda. Pisang dengan kandungan Kalium yang sangat tinggi dan kandungan sodium nya yang rendah juga dapat membantu melindungi sistim kardiovaskular Anda terhadap tekanan darah tinggi Anda.

2. Depresi dan Stres


Pisang dapat membantu dalam mengatasi depresi karena tingginya tingkat tryptophan yang di ubah menjadi serotonin. neurotransmiter yang dapat memberikan ketenangan jiwa, plus vitamin B6 yang dapat mengatur tidur Anda menjadi lebih baik dan magnesium yang dapat membantu mengendorkan otot Anda.

3. Pencernaan dan Penurunan Berat Badan


Pisang yang mengandung serat yang tinggi membantu Anda untuk tetap teratur. Setiap satu buah Pisang dapat menyediakan 10 persen kebutuhan serat harian Anda. Vitamin B6 yang terdapat pada Pisang juga dapat membantu melindungi terhadap diabetes tipe 2 dan membantu dalam penurunan berat badan. Secara umum Pisang dapat membantu penurunan berat badan karena rasa manis dan membantu mengekang keinginan untuk mengkonsumsi makanan lainnya serta dapat membantu mempertahankan kadar gula dalam darah.

4. Penglihatan


Buah yang menagndung sejumlah kecil tapi signitifkan dari vitamin A ini sangat penting untuk melindungi mata Anda. Menjaga penglihatan tetap normal dan meningkatkan penglihatan di malam hari. Menurut National Institutes of Health, Vitamin A mengandung senyawa yang melestraikan membran disekitar mata Anda dan merupakan elemen dalam protein yang membawa cahaya ke kornea mata. Seperti buah-buahan lainnya, Pisang dapat membantu mencegah degenerasi makula yaitu suatu kondisi yang tidak dapat disembuhkan yang mengaburkan penglihatan.

5. Kerangka


Pisang tidak banyak mengandung kalsium tetapi Pisang masih dapat membantu menjaga tulang selalu kuat. Menurut sebuah artikel pada tahun 2009 di journal of Physiologi dan Biokimia, Pisang banyak mengandung fructooligosaccharides. Ini adalah karbohidrat nondigestive yang mendorong priobotics ramah pencernaan dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium.

6. Kanker


Beberapa bukti menunjukkan bahwa mengkonsumsi Pisang dapat melindungi diri terhadap Kanker Ginjal. Sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia pada tahun 2005 lalu menemukan bukti bahwa wanita yang makan lebih dari 75 porsi buah dan sayuran dapat mengurangi resiko Kanker Ginjal sebesar 40 persen dan Pisang yang sangat efektif. Wanita yang makan Pisang 4-6 buah Pisang dalam seminggu dapat mengurangi terkena resiko Kanker Ginjal.

Buah Pisang dapat membantu dalam mencegah penyakit Kanker Ginjal karena tingginya tingkat senyawa fenolik antioksidan yang terdapat dalam Buah Pisang.

Resiko Kesehatan


Sejauh ini tidak ada efek samping dalam mengkonsumsi Buah Pisang, Namun makan Pisang secara berlebihan lebih mungkin memicu sakit kepala dan mengantuk. Sakit kepala ini disebabkan oleh asam animo dalam pisang yang dapat melebarkan pembuluh darah dalam tubuh. Pisang yang telah masak mengandung lebih dari asam animo dari pisang lainnya. Pisang juga dapat menyebabkan rasa kantuk ketika dimakan secara berlebihan karena jumlah triptofan yang tinggi pada buah pisang. Magnesium juga dapat melemaskan otot-otot yang kadang-kadang bermanfaat dan kadang-kadang juga beresiko.

Makan pisang menjadi beresiko hanya jika Anda memakan terlalu banyak. USDA merekomendasikan bahwa pada orang dewasa sebaiknya makan 2 buah pisang sehari.      

University of Maryland Medical Center melaporkan bahwa kalium berlebihan dapat menyebabkan hiperkalemia yang ditandai dengan kelemahan pada otot, kelumpuhan sementara dan detak jantung yang tidak teratur. Hal ini dapat memiliki konsekuensi serius. 

Menurut NIH, mengkonsumsi lebih dari 500 miligram vitamin B6 perhari mungkin dapat menyebabkan kerusakan saraf di lengan dan kaki. 

Fakta-Fakta Menakjubkan Pisang Yang Perlu Anda Ketahui
  • Pisang adalah buah yang pertama kali di budidayakan di dunia. Para arkeolog telah menemukan budidaya pisang di New Guinea sejak tahun 8.000 SM.
  • Pisang banyak tumbuh di daerah tropis dan subtropis Afrika, Asia dan Amerika serta di Kepulauan Canary dan Australia.
  • Pisang tidak tumbuh di pohon, Tanaman Pisang di klarifikasikan sebagai Famili (seperti pohon) ramuan abadi dan Pisang itu sendiri dianggap Berry.
  • Pisang yang di sebut Pisang Raja, Namun dalam penggunaan secara umum pisang mengacu dari rasa manis yang sering dimakan mentah. 
  • Ada 50 spesies yang diakui dari buah pisang
  • Pisang liar tumbuh di seluruh Asia Tenggara
  • Sebagian besar Pisang ditanam oleh Petani dan hanya 15 persen diproduksi secara global.untuk di ekspor.
  • India adalah produsen utama buah pisang di seluruh dunia. Dengan total 23 persen dari kebutuhan pisang dunia meskipun sebagian besar Pisang India diperuntukan untuk kerperluan rumah tangga.
  • Pada tahun 1923, sebuah lembaran musik yang sangat populer yang berjudul "Ya, Kami punya Pisang!" di jual diatas 1000 eksemplar sehari. 

sumber:LiveScience


    
 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook