FOSIL BARU UNGKAP MANUSIA MODERN KELUAR AFRIKA MENYEBAR KE CINA

Fosil Baru Ungkap Manusia Modern Keluar Afrika Menyebar Ke Cina  


gambar gigi fosil manusia modern

Mahessa83-Sebuah gigi yang ditemukan pada sebuah gua di Cina menunjukkan bahwa manusia modern di Asia jauh lebih awal dari yang diperkirakan sebelumnya atau puluhan ribu tahun sebelum mereka mencapai Eropa.

Penemuan ini menghasilkan informasi baru tentang penyebaran manusia modern dari Afrika ke seluruh dunia dan bisa menjelaskan bagaimana manusia modern dan manusia Neanderthal berinteraksi. 

Manusia modern pertama berasal sekitar 200.000 tahun yang lalu di Afrika. Kapan dan bagaimana garis keturunan manusia modern yang tersebar dari Afrika telah lama menjadi kontroversi.

Pada penelitian sebelumnya penyebaran manusia modern diperkirakan berawal antara 70.000 - 40.000 tahun yang lalu. Namun penelitian terbaru mengungkapkan bahwa manusia modern mungkin telah melakukan perjalanan ke seluruh dunia sejak 130.000 tahun yang lalu.

fosil manusia modern

Salah satu tempat yang bisa menjelaskan penyebaran manusia adalah Cina Selatan. Para ilmuwan menganalisis gigi manusia modern yang mereka temukan di sebuah gua di Fuyan Cave di propinsi Hunan, Cina selatan yang merupakan bagian dari sistim gua selebar 32.000 kaki persegi (3.000 meter persegi).

Penggalian yang dilakukan pada tahun 2011 hingga 2013 lalu para peneliti berhasil menemukan 47 gigi manusia serta tulang dari hewan yang telah punah serta hewan yang masih ada seperti panda, hyena dan babi. 

Para peneliti menemukan gigi manusia berusia 80.000 tahun atau mungin hingga berusia 120.000 tahun yang lalu. Hingga saat ini fosil yang ditemukan di Cina selatan di kukuhkan sebagai manusia modern yang pernah ditemukan.

Gigi baru yang mereka temuakn di Cina selatan lebih kecil dari pada rekan-rekan mereka pada usia yang sama dari Afrika maupun tempat lain di luar Cina. Sebaliknya mereka lebih mirip gigi dari kotemporer manusia modern. Hal ini menunjukkan berbagai jenis manusia yang tinggal di Cina pada saat yang sama; Lebih kuno di Cina Utara dan lebih modern di Cina selatan.

Para peneliti mengatakan temuan ini bisa menjelaskan kenapa manusia modern membuat sesuatu hingga terlambat masuk Eropa. Saat ini tidak ada bukti manusia modern masuk Eropa sebelum 45.000 tahun yang lalu meskipun mereka telah sampai ke Cina selatan sejak 80.000 tahun yang lalu. Para peneliti mempekirakan bahwa Manusia Neanderthal mungkin telah dicegah manusia modern untuk menyeberang ke Eropa sampai manusia Neanderthal benar-benar punah.

"Mungkin bahwa Eropa terlalu kecil untuk dua spesies cerdas dan perilaku kompleks yang sedang mencari dua jenis yang sama dalam sumber daya," kata Maria Martinon-Torres di University College London kepada LiveScience.Mungkin manusia Neanderthal memudar setelah ribuan tahun terisolasi dengan musim dingin yang ekstrim. 

Namun, mungkin Neanderthal bukan menjadi alasan utama manusia modern terlambat masuk Eropa, kata arkeolog Robin Dennell di University Exeter, Inggris. Sebaliknya manusia modern mungkin telah di jajah oleh zone selatan Eropa dan Asia sebelum zone utara.

Apa yang dibutuhjan sekarang adalah bukti arkeologi untuk menunjukkan penyebaran awal spesies manusia modern yang disebabkan dan di fasilitasi oleh perkembangan kognitif atau sebuah contoh dari berbagai oportunistik ekstensi. Cina Selatan mungkin bisa memegang jawabannya. 


sumber:LiveScience       
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook