11 FAKTA MENGEJUTKAN TENTANG SISTEM PERNAFASAN

11 Fakta Mengejutkan Tentang Sistem Pernafasan  



sistem pernafasan pada manusia

Mahessa83-Sistem pernafasan terdiri dari struktur organ termasuk paru-paru, tenggorokan, diafragma dan alveoli. Organ-organ ini berguna untuk mengambil oksigen dan mengeluarkan limbah karbon dioksida.

Berikut 11 Fakta Mengejutkan Tentang Sistim Pernafasan pada manusia

1. Anda kehilangan banyak air hanya dengan bernafas

kehilangan banyak air saat bernafas

Pernafasan memungkinkan Anda untuk mengambil sel oksigen yang Anda butuhkan dan membuang limbah karbon dioksida. Tetapi ketika Anda menghembuskan nafas, Anda juga mengeluarkan banyak air.

Berapa banyak air yang Anda keluarkan ketika bernafas?

Saat istirahat manusia menghembuskan nafas hingga 17,5 mililiter (0,59 ons cairan) air perjam. Menurut sebuah artikel pada journal Polandia Pneumonology dan Allergology. Anda juga akan kehilangan air 4 kali lebih banyak ketika Anda melakukan aktivitas olahraga.

2. Berapa orang bisa menahan nafas selama 20 menit?

tahan nafas

Rata-rata pada orang dewasa dapat menahan nafas selama 20-30 detik saja. Keterbatasan ini berkaitan dengan  penumpukan karbon dioksida dalam darah mengasamkan dari kekurangan oksigen dan menyimpan dalam protein otot tubuh Anda yang disebut mioglobin.

Tetapi orang yang melakukan penyelaman di dalam air tanpa menggunakan peralatan selam yang memiliki teknik yang berbeda seperti hiperventilasi yang berguna untuk mengurangi konsentrasi karbon dioksida dalam darah yang memungkinkan mereka untuk menahan nafas lebih panjang.

Stig Severinsen asal Denmark saat ini adalah pemegang Guinnes of Record yang pada tahun 2010 berhasil menahan nafas di dalam air selama 22 menit.

3. Paru-paru adalah satu-satunya organ yang dapat mengapung di atas air

paru-paru mengapung diatas air

Setiap paru-paru Anda mengandung sekitar 300 juta struktur seperti balon yang disebut aveoli. Yang berguna untuk menggantikan limbah karbon dioksida dalam darah dengan oksigen. Ketika struktur ini di isi dengan udara, paru-paru merupakan satu-satunya organ dalam tubuh manusia yang dapat mengapung di permukaan air.

Bahkan pemeriksa medis menggunakan apa yang disebut "tes mengambang paru" selama otopsi untuk menentukan apakah bayi itu lahir mati (meninggal di dalam rahim). Jika paru-paru mengapung, bayi akan lahir hidup dan jika paru-paru tidak mengapung bayi tersebut akan lahir dalam keadaan mati. Keakuratan metode ini adalah 98 persen berhasil menurut sebuah study dalam International Journal of Medicane Hukum pada tahun 2013.

4. Partikel bersin mungkin tidak pergi secepat orang pikirkan

bersin

Di masa lalu, studi pemodelan telah memperkirakan kecepatan dari bersin adalah 112 mph (180 km/jam). Tetapi pada populer Discovery Chanel seri "Mythbusters" pembawa acara Jamie Hyneman dan Adam Savage mencatat kecepatan bersin maksimum adalah 39 mph (63 km/jam).  

Namun sebuah penelitian di Journal PLoS ONE pada tahun 2013 menemukan bahwa kecepatan maksimum bersin adalah lebih rendari dari penelitian "Mythbusters" . Dengan menggunakan kamera berkecepatan tinggi dan lampu LED, Para peneliti menemukan bahwa peserta studi mereka hanya bersin hingga 10 mph (16 km/jam).

5. Flu biasa dapat disebabkan oleh ratusan virus yang berbeda

flu

Flu adalah penyakit yang lazim dalam sistim respirasi dan mungkin penyakit paling umum yang dikenal saat ini. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat saja ada lebih dari 1 miliar kasus flu biasa setiap tahunnya.

Udara dingin sering dianggap identik dengan "rhinovirus" yaitu virus yang paling sering menyebabkan terjadinya penyakit. Tapi sebenarnya ada lebih 200 virus yang dapat menyebabkan filek. Termasuk virus coronavirus dan virus respiratory synchitial.

6. Paru-paru dan Tenggorokan adalah simbol penting pada Zaman Mesir Kuno

simbol pernafasan paru-paru dan tenggorokan

Paru-paru dan Tenggorokan pada manusia atau hewan harus bekerjasama untuk menyediakan oksigen pada jaringan dan sel-sel dalam tubuh. Orang-orang Mesir Kuno memahami pentingnya kekompakan ini untuk bertahan hidup dan menciptakan sebuah lambang rahasia yang menggambarkan paru-paru yang melekat pada tenggorokan untuk melambangkan kesatuan antara golongan atas dan bawah Mesir yang diperlukan bagi negara untuk menjadi kuat dan sehat. Lambang paru-paru dan tenggorokan ini sering kita temukan pada artefak milik fir'aun termasuk pada pakaian, bangunan atau perhiasan.  

7. Gajah memiliki struktur pernafasan yang unik

pernafasan gajah

Dalam sistim pernafasan mamalia, lembaran tipis dari jaringan yang disebut pleura yang membungkus di sekitar paru-paru dan saluran rongga dada. Daerah antara lapisan pleura yang dikenal sebagai ruang pleura yang berfungsi menyediakan pelumasan sebagai paru-paru untuk mengembang dan menyusut.

Tetapi tidak semua mamalia begitu, Rongga pleura pada Gajah di isi dengan jaringan ikat yang sulit. Struktur yang tidak biasa ini memungkinkan gajah untuk menyelam dan menahan perbedaan tekanan atas dan di bawah air tanpa memecahkan pembuluh darah di selaput paru-paru Gajah. Hal ini dijelaskan pada sebuah artikel tahun 2001 di Journal Physiology Respirasi.

8. Pergerakan dada saat bernafas bukanlah hasil dari gerakan udara

pergerakan dada

Ketika Anda bernafas, gerakan dada akan menjadi bergerak turun naik. Tetapi gerkan dada ini bukanlah hasil dari pengisian udara atau udara keluar dari paru-paru.

Selama penghirupan, diafragma - lembaran tipis otot berbentuk kubah yang memisahkan dada dan rongga perut bergerak ke bawah dan meningkatkan ruang di rongga dada. Pada saat yang sama, otot-otot diantara tulang rusuk akan menarik keatas dan keluar selama pernafasan.

9. Penyakit Asma diobati dengan psikoterapi

Terapi penyakit asma

Pada ilmu pengetahuan modern telah menunjukkan bahwa Asma adalah penyakit paru-paru kronis yang menyebabkan saluran udara menjadi meradang dan menyempit. Ini adalah penyakit fisik yang dapat diperburuk oleh faktor psiologi.

Antara tahun 1930-an sampai tahun 1950-an, orang mengira penyakit Asma akibat psiokologis. Oleh karena itu, pengobatan penyakit asma disembuhkan dengan cara psikoanalisis . Para terapis bahkan menafsirkan penyakit bengek pada anak diserukan untuk di tekan oleh ibunya. Hal ini menurut sebuah artikel di journal Clinical Practice dan Epidemiologi pada Kesehatan Mental tahun 2005.

10. Kuda hanya bernafas melalui hidung

pernafasan kuda

Bagi manusia bernafas melalui mulut adalah hal yang alami. Hal yang sama juga terjadi pada mamalia lainnya.

Namun hanya Kuda yang bernafas melalui hidung. Kuda memiliki jaringan flap yang membentuk ketat atas rongga mulut yang bisa mencegah kuda untuk bernafas melalui mulut bahkan dalam gangguan pernafasan kuda. 

Ketika Kuda makan dan menelan makanan flap yang menutup dari rongga hidung akan membuka rongga mulut. Yang memungkinkan makanan untuk turun dari bagian atas tenggorokan.

11.  Sirkulasi paru-paru dijelaskan pertama kali pada abad ke-13

sirkulasi paru-paru

Sirkulasi paru adalah proses dimana darah mengalir dari jantung menuju paru-paru dan kemudian kembali lagi ke jantung. Aliran ini membuat jantung disertakan dengan oksigen yang mengambil darah dari paru-paru.

Pada tahun 1243 M, Seorang dokter dari Arab yang bernama Ibn al-Nafis menjadi orang yang pertama kali proses yang rumit ini. Hal ini terbuti dalam sebuah karyanya yang berjudul "Commentary on Anatomi di Avicenna Canon". Tidak sampai 300 tahun kemudian, para sarjana Eropa juga menyimpulkan hal yang sama.    


Sumber:LiveScience

     
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook