KEHIDUPAN DI BUMI DI MULAI 4,1 MILIAR TAHUN YANG LALU


Kehidupan awal bumi

Mahessa83-Menurut penelitian terbaru, Kehidupan mungkin telah muncul di Bumi sejak 4,1 miliar tahun yang lalu atau jauh dari para ilmuwan pikirkan selama ini dan relatif lebih lama setelah planet bumi terbentuk.

Sebelumnya penelitian tentang kehidupan di Bumi diperkirakan sejak 3.830.000.000 tahun lalu. Temuan baru menunjukkan kehidupan di mulai sejak 270 juta tahun yang sebelumnya dan hanya sekitar 440 juta tahun setelah Bumi terbentuk sekitar 4.540.000.000 tahun yang lalu.

Jika kehidupan di bumi tidak bermunculan relatif cepat, yang menunjukkan kehidupan menjadi berlimpah di alam semesta, para ilmuwan menambahkan.

"Semakin cepat kehidupan muncul di bumi, mungkin akan lebih bervariasi dan lebih ekstrim adalah kondisi dimana ia dapat melakukannya di tempat lain dan dipertahankan," ujar Mark Harrison, seorang ahli geokimia di University of California, Los Angeles.

Batu Tua

Para peneliti telah menganalisis lebih dari 10.000 zircom yang awalnya terbentuk dari batuan cair di tempat yang sekarang adalah Australia Barat. Berat Zircom adalah mineral yang tahan lama yang berhubungan dengan Zirkonia yang digunakan sebagai imitasi berlian. Sebagai bentuk zircon mereka dapat menangkap dan melestarikan bahan dalam lingkungan mereka. melayani sebagai kapsul waktu (kristal zirkon kecil ditemukan di Australia Jack Hills dianggap sebagai yang tertua sebagai fragmen batuan di bumi yang berasal dari 4,4 miliar tahun yang lalu).

Dalam study baru, para ilmuwan mengindentifikasi 656 zircon yang mengandung bintik gelap. Mereka fokus pada 79 penampilan yang mungkin mengandung grafit yang terbuat dari karbon murni yaitu komponen kunci dari kehidupan di bumi. Kehidupan sering lebih suka isotop karbon tertentu sehingga dengan menganalisis karbon isotop dalam grafit kuno dapat memberikan wawasan kedalam kehidupan di kemudian hari. (isotop adalah atom dari unsur dengan berbagai jumlah neutron).

Para peneliti menemukan grafit di salah satu dari 79 zircon,"Itu membuat gugup untuk memanipulasi fragmen zircon kecil,"Besarnya sekitar setengah dari rambut Anda dan mengandung inklusi grafit," ujar Harrison.

Penelitian spesies di laboratorium
Rasio uranium pada timbal isotop di zirkon berusia 4,1 miliar tahun. Dua puluh tahun lalu, ini akan menjadi sesat, Bukti menemukan kehidupan 3,8 ,iliar tahun yang lalu adalah mengejutkan," kata Harrison. 
Karbon dalam zirkon memiliki rasio tinggi karbon-12 dengan karbon-13. Rasio menunjukkan asal biologis untuk karbon ini. Kemungkinan hasil dari bentuk kehidupan yang berfotosintesismenggunakan energi matahari untuk mengubah karbon dioksida menjadi gula.




Awal Bumi Yang Subur

Para ilmuwan telah lama percaya bahwa awalnya bumi kering dan tandus. Penemuan baru-baru ini malah sebaliknya.

"Pandangan kami dari ratusan pertama juta tahun sejarah bumi yang bergolak adalah sebuah dunia yang tak bernyawa dan semua benua bebas sebenarnya berdasarkan bukti pengamatan nol," ujar Harrison.

Temuan baru menunjukkan bahwa kehidupan ada sebelum terjadinya bencana kosmik tata surya yang membentuk kawah raksasa sekitar 3,9 miliar tahun yang lalu

" Jika kehidupan di bumi mati selama terjadinya pengeboman ini, beberapa ilmuwan berpendapat, maka hidup di mulai kembali dengan cepat", kata Patrick Boehnke dari UCLA.

Para peneliti relatif percaya diri dalam interpretasi mereka dari grafit di dalam Zirkon Kuno. ,"Tidak ada yang menawarkan penjelasan alternatif yang masuk akal untuk grafit non-hayati ke dalam zirkon," kata Harrison dalam sebuah pernyataan.

Meski begitu, di masa depan mereka ingin menganalisis 1.000 zircon karbon bantalan kuno, kata Harrison.


Sumber:LiveScience           



     
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook