INILAH PENYAKIT AKIBAT KELEBIHAN MENGKONSUMSI GULA

Inilah Penyakit Akibat Kelebihan Mengkonsumsi Gula  


Gula

Mahessa83-Gula adalah suatu karbohidrat sederhana yang menjadi sumber energi. Gula digunakan untuk merubah rasa menjadi manis pada makanan atau minuman. Gula sederhana seperti Glukosa (yang diproduksi dari sukrosa diambil dari nira tebu atau aren dengan enzim atau hidrolisis asam) menyimpan energi yang akan digunakan oleh sel.

Tahukah Anda bahwa mengkonsumsi gula secara berlebihan dapat mengakibatkan beberapa penyakit berbahaya? Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengkonsumsi gula idealnya adalah 100-200 kalori atau maksimal 12 sendok teh perharinya. 

Berikut beberapa penyakit berbahaya yang diakibatkan dari berlebihnya mengkonsumsi gula seperti dilansir dari Huffingtonpost.

1. Kardiovaskuler


Penyakit ini merupakan gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Menurut studi yang diterbitkan oleh Jama Internal Medicine, Orang yang mengkonsumsi gula 25 persen atau lebih dari kalori harian, berpeluang tiga kali lebih mungkin meninggal. 

2. Stroke


Melalui penelitian di Swedia yang di ikuti sekitar 70 ribu partisan selama 10 tahun, Diketahui bahwa orang yang mengkonsumsi dua cangkir minuman manis 20 pesen lebih mudah mengidap stroke daripada mereka yang jarang meminum minuman manis.

3. Tekanan Darah Tinggi


Berdasarkan analisis dari Selandia Baru, asupan gula sekitar 6-8 poin bisa menaikkan tekanan darah. Bahkan Journal Open Heart menjelaskan, Dibandingkan garam, ternyata gula lebih berpotensi memicu hipertensi.

4. Kolesterol Dan Trigliserida


Seseorang yang mengkonsumsi penganan tinggi gula atau setara 25 persen dari kalori harian, kolesterol jahat (LDL) bisa meningkat 16 poin dan Trigliserida mencapai 37 poin.

5. Diabetes


Menurut Mayo Clinic Proceedings dalam reviewnya tahun ini, Gula merupakan pemicu utama epidemi diabetes, jika dikonsumsi secara berlebihan. Gula darah dalam tubuh akan meningkat dan insulin (hormon pengatur gula darah) yang dihasilkan tidak mencukupi.

Nah itulah beberapa penyakit yang di timbulkan akibat berlebihan mengkonsumsi gula bagi kesehatan Anda. Mulai sekarang berhati-hatilah dalam mengkonsumsi gula dan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi gula secara wajar yaitu 100-200 kalori per hari.    

  
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook