10 FORMASI BATUAN PALING MENAKJUBKAN DI DUNIA

 
Mahessa83-Alam selalu menyimpan fenomena yang tidak kita ketahui. Seperti halnya pada 10 Formasi Batuan Paling Menakjubkan di Dunia ini. Mereka merupakan salah satu kreasi alam yang paling mengesankan dan menakjubkan di Bumi. Formasi batuan-batuan ini terbentuk selama ribuan hingga jutaan tahun dengan menciptakan rasa takjub akan kebesaran alam.

Formasi Batuan-batuan ini terbentuk oleh elemen alam seperti panas, angin, hujan atau erosi. Apa yang alam telah bentuk dengan elemen-elemen ini memang sangat mengaggumkan. seperti Formasi batuan Golden Rock di Burma, Ayers Rock di Australia atau Perce Rock di Kanada.

Berikut 10 Formasi Batu Paling Menakjubkan Di Dunia yang dapat Anda lihat.   

1. Golden Rock, Burma


 Golden Rock, Burma

Pagoda Kyaiktiyo atau yang dikenal juga dengan sebutan Golden Rock adalah sebauh situs ziarah bagi Agama Budha yang terkenal di negara Mon, Burma. Sebuah pagoda kecil setinggi 5,5 meter duduk di atas sebuah "batu emas" yaitu sebuah batu granit yang ditutupi dengan daun emas yang disisipi oleh para umat. Batu ini sendiri bertengger pada sebuah bukit dan melawan gravitasi bumi secara terus menerus sehingga tidak bergulir menuruni bukit.

2. Delicate Arch (Utah, USA)


Delicate Arch (Utah, USA)

Sebuah lengkungan yang paling terkenal di dunia ini terletak di Taman Nasional Arches (Utah, USA). Delicate Arch adalah sebauh batu tunggal yang sangat misterius berdiri seperti lengkungan dan telah menjadi simbol negara.

3. Stone Tree (Bolivia)


Stone Tree (Bolivia)

Stone Tree adalah sebuah batu yang dipahat oleh angin dan pasir. "Batu Pohon" terletak di dataran tinggi Altiplano, Bolivia. Batu Tree adalah salah satu pemandangan paling indah di dunia.

4. Mushroom Rock (Mesir)


Mushroom Rock (Mesir)

Mushroom Rock adalah satu batu jamur paling terkenal di dunia yang terletak di Mesir. Batu ini juga di sebut "Tiang Batu". Batu ini adalah salah satu manisfestasi yang paling mencolok dari proses erosi dan pelapukan yang biasanya ditemukan pada derah gurun. Batuan ini terbentuk selama ribuan tahun ketika erosi dari tonjolan batu terisolasi berlangsung pada tingkat yang berbeda pada dasarnya daripada atasnya.

5. The Wave (Arizona, USA)


The Wave (Arizona, USA)

Formasi batu pasir paling spektakuler di dunia adalah "The Wave" yang terletak di lereng Coyote Butles, Arizona. Formasi ini dapat di capai dengan mendaki sejauh 4,8 km. Areal seluas 9,7 km berada pada ketinggian 107 m diatas bukit.

6. Ayers Rock (Australia)


Ayers Rock (Australia)

Pembentukan batu pasir besar Ayers Rock (juga dikenal dengan Uluru) naik 1,142 kaki dari padang pasir. Ukurannya yang sangat menakjubkan dengan keliling 6 mil menjadi ikon monolit di Australia. Dari pagi hingga senja, Kita dapat menyaksilan sesuatu yang sangat menakjubkan dengan warna batu yang bisa berubah merah ke warna cokelat dengan cahaya yang berubah.

Ayer Rock juga merupakan tempat suci bagi suku Aborigin yang dikenal sebagai Anangu. Dalam beberapa tahun terakhir Uluru juga menjadi populer dengan parktisi Zaman Baru.

7. Melting Shadows (Utah, USA)


Melting Shadows (Utah, USA)

Cahaya Batu Vertebra di sepanjang ujung utara, Utah Bridger Jack Mesa (foreground) meninggalkan Lavender Canyon tersebunyi dalam dingin. Lapisan ungu pada lapisan atas Mesa terdiri dari Wingate batu pasir yang terbentuk sejak 200 juta tahun yang lalu di bukit pasir ini. Formasi batuan aneh seluas 340.000 kilometer persegi ini di dataran tinggi Colorado.

8. Split Apple Rock (Selandia Baru)


Split Apple Rock (Selandia Baru)

Split Apple Rock ini terletak di Taman Nasional Abel di daerah Tasman di sebelah selatan Selandia Baru. Saat ini Split Apple Rock menjadi tempat tujuan wisata paling populer di Selandia Baru.

9. The Pinnacles (Australia)


The Pinnacles (Australia)

Formasi batu kapur yang indah ini disebut The Pinnacles. Yang terletak di Taman Nasional Namburg, Australia Barat. The Pinnacles terbentuk dari pencucian kapur dengan pasir serta hujan menjadikan penyemenan pada tingkat yang lebih rendah dari bukit pasir menjadi batu kapur yang lembut.

10. Perce Rock (Kanada)


Perce Rock (Kanada)

Formasi batuan ini adalah salah satu lengkungan alami  terbesar di dunia. Batu yang berdiri kokoh setinggi 15 meter ini pada awalnya memiliki dua lengkungan sampai salah satu lengkungan runtuh pada tanggal 17 Juni 1845. Meskipun kehilangan satu lengkungan, Perce Rock masih merupakan salah satu dari tujuh keajaiban alam di Kanada.  

Kesepuluh Formasi Batu Paling Menakjubkan ini adalah hasil seni alam yang patut untuk dilestarikan sehingga kita terus dapat menikmati keindahannya.

Sumber:oddee    

    
   
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook