PENEMUAN KEPALA MARMER MEDUSA DI ANTIOCHIA OF CRAGUM DI TURKI


Patung kepala marmer medusa

Mahessa83-Tim arkeologi telah berhasil menemukan kepala marmer medusa di reruntuhan romawi kuno di Turki selatan. 

Kepala marmer di temukan di sebuah kota di Antiochia of Cragum, sebuah kota yang didirikan pada abad pertama pada masa kekaisaran Nero yang memiliki semua tanda mulai dari bathouses romawi, pos, toko, jalan-jalan bertiang, mosaik hingga gedung pemerintahan.

Dengan bentuk rambut seperti ular, mata lebar dan mulut terbuka, Medusa adalah sebuah mitos rakasa yang bisa mengubah seseorang menjadi batu dengan tatapannya. Penemuan arsitektur patung medusa di Antiochia berfungsi apotropaic yaitu mencegah dari kejahatan. Tetapi patung medusa di anggap sebagai berhala bagi orang-orang Kristen yang datang untuk tinggal ke tempat ini.

"Orang-orang Kristen yang kemudian tinggal di situs ini kemudian menghancurkan semua seni kuno yang ada di situs ini", kata Michael Hoff, seorang sejarawan dari University of Nebraska-Licoln yang memimpin penggalian.

Antiochia adalah sebuah situs seluas sekitar 3 hektar terletak dipinggiran kota Gazipas yang jarang penduduknya. Dan terletak di atas tebing terjal di daerah yang saat ini di dominasi oleh ladang gandum. Sangat sedikit informasi yang di ketahui tentang kota dari sumber-sumber kuno Dan meskipun situs arkeologi ini telah di indetifikasi sejak abad ke-19 tetapi tidak pernah mendapat perhatian dari para peneliti hingga sampai saat ini.

"Fakta bahwa sangat sedikit informasi yang di dapatkan dari kota kuno ini justru membuat semangat bagi tim arkeologi," Buktinya Hoff dan rekan-rekannya telah berhasil menggali sebagian situs sejauh ini menunjukkan bahwa Antiochia mungkin telah benar-benar menjadi pusar ekonomi selama kekaisaran romawi, pusat perdagangan dan produksi anggur serta pertanian.

situs antiochia of Cragum Turki

"Hasil dari semua kegiatan ekonomi ini adalah hasil budaya yang cukup tinggi," kata Hoff . Pada tahun 2012, Tim peneliti telah berhasil menemukan sebuah mosaik dari tepi kolam besar seluas 1.500 meter persegi dengan pola geometris yang rumit. Mereka juga menemukan kepala marmer patung Aphrodite pada tahun 2013 lalu.

Sebagian besar karya Romawi Kuno di situs ini telah hilang. Beberapa waktu setelah Kristen menjadi agama resmi Kekaisaran Romawi Kuno pada abad ke-4, beberapa gereja di bangun di Antiochia. Hoff mengatakan timnya telah banyak menemukan bagian patung yang rusak dan ptongan patung yang hancur berkeping-keping. Mereka juga menemukan Kiln Kristen, dimana karya seni marmer akan menjadi mortar.

Kepala Marmer Medusa di situs Antiochia ini pertama kalinnya ditemukan oleh mahasiswa Turki di dekat sebuah bangunan yang mungkin sebuah kuil kecil. Hoff dan rekan-rekannya telah di rekontruksikan kepala dan fragmen lainnya yang ditemukan di dekatnya. Yang menunjukkan bahwa kepala medusa bukan bagian dari patung yang berdiri bebas melainkan akan dijadikan pedimen bangunan.

Tim arkeologi akan kembali lagi tahun depan, mereka berencana akan menggali bouleuterion kota. kursi legislatif yang mungkin berada di ruang musik atau teater. Hoff juga berencana akan menyelidiki toko-toko yang berjejer di sepanjang jalan untuk mengetahui apa yang di jual di toko-toko tersebut. 


Sumber:LiveScience      

 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook