FAKTA LAIN YANG MENARIK TENTANG KELELAWAR

Fakta Lain Yang Menarik Tentang Kelelawar  


kelelawar

Mahessa83-Kelelawar adalah satu-satunya mamalia yang bisa terbang. Kesalahpahaman umum dan kekhawatiran tentang kelelawar yang hanya menganggap sebagai hewan pembawa penyakit tentunya salah besar. Kelelawar sebenarnya sangat membantu dalam mengendalikan populasi menghancurkan serangga pada tanaman.

Ada lebih 900 spesies kelelawar di dunia. Beberapa ahli memperkirakan bahwa jumlah spesies bisa mencapai 1.200 spesies di dunia. Kelelawar membuat seperlima dari populasi mamalia di Bumi.

Ukuran

Kelelawar dibagi menjadi dua jenis utama, Megabath dan Microbath. Megabath (secara resmi kelelawar di Subordo Megachiroptera) termasuk rubah terbang dan kelelawar buah. Mereka cenderung lebih besar dar beberapa Megabath.

Rubah Terbang (genus Pteropus) adalah kelelawar terbesar. Beberapa spesies memiliki sayap 1.5-1.8 meter dengan berat mencapai sekitar 998 gram, menurut Xoo Oakland.

Kelelawar Buah (Makroglosus Minimus) memiliki lebar sayap sekitar 25,4 cm dengan berat mencapai 14 gram, menurut Smithsonian Instituions.

Diantara Microbath lainnya, spesies terbesar adalah Kelelawar Spektral atau Kelelawar Vampir (Vampyrum Spektrum) dengan lebar sayap mencapai 1 meter dengan berat sekitar 145-190 gram. Sedangkan kelelawar terkecil adalah Kelelawar Lebah yang hanya dapat tumbuh hingga 3 cm dengan berat 0.07 ons.

Habitat

Kelelawar dapat hidup di seluruh dunia. kecuali beberapa tempat seperti di Pulau Arktik dan Antartika. Sebagian mereka lebih memilih hidup didaerah yang lebih hangat. Meraka juga banyak di temukan di Hutan Hujan, Perkebunan, Lahan Pertanian, Hutan dan Kota. 

Kelelawar memiliki dua strategi untuk melawan cuaca dingin. Beberapa diantaranya bermigrasi kedaerah yang lebih hangat sementara yang lainnya masuk mati suri. Dalam bentuk jangka pendek, hibernasi, Kelelawar mengurangi tingkat metabolisme dengan menurunkan suhu tubuhnya serta memperlambat pernafasan dan detak jantung.

Kelelawar banyak bertengger di pohon-pohon, gua-gua, tambang dan lumbung atau dimana saja sebagai tempat berlindung dari cuaca dingin, perlindungan dari predator lain dan mengasingkan diri untuk membesarkan anak-anaknya.

Kelelawar hidup berkelompok atau yang disebut koloni dengan 100 sampai 1.000 kelelawar lainnya. Mamalia ini sangat aktif di malam hari yang berarti mereka istirahat di siang hari dan terjaga di malam hari. Beberapa dari mereka dapat terbang hingga mencapai 50 km untuk menemukan makanan sepanjang perjalanan malam mereka. Mereka juga dapat tidur terbalik di pohon atau atap gua saling berpegangan dengan cakarbya yang tajam. 

Makanan

Kebanyakan kelelawar makan bunga, serangga kecil, buah-buahan madu bunga, serbuk sari dan daun meskipun ini tergantung dari jenis kelelawar. Megabath biasanya makan buah-buahan dan Microbath pada umumnya memakan serangga.

Rubah Terbang memiliki selera makan yang lebih besar. Meraka dapat mekan setengah dari berat tubuhnya. Kelelawar Vampir bahkan dapat makan 2 kali dari berat tubuhnya setiap hari. Kelelawar Cokelat bahkan bisa memakan 1.000 serangga kecil dalam 1 jam. 

Beberapa kelelawar akan memeras buah pada mulut mereka dan meminumnya seperti jus. Kelelawar Vampir meminum seperti jus dari tipe yang berbeda. Mereka memang meminum darah terutama pada darah sapi dan rusa tetapi mereka tidak menghisap darah seperti pada vampir di legenda.  Sebaliknya mereka membuat potongan seperti huruf V dan kemudian menjilat darahnya.

Kebiasaan Kawin

Kelelawar memiliki kebiasaan kawin yang unik yang tidak terlihat pada hewan lainnya. Betina dan jantan bertemu pada tempat hibernasi yang disebut hibernacula dimana mereka dapat berkembang biak. Segerombolan kelelawar dalam jumlah besar mengejar satu sama lain untuk melakukan akrobatik secara spektakuler kata ahli biologi, John Altringham pada LiveScience.

Para peneliti telah menemukan bahwa kelelawar buah pendek berhidung perempuan melakukan oral seks pada pasangan mereka.

Musim kawin biasanya terjadi pada akhir musim panas dan awal musim gugur. Kelelawar betina menyimpan sperma jantan sampai musim semi berikutnya. Seekor kelelawar betina hamil akan mengandung hingga 40 hari sampai 6 bulan. Kemudian ia akan melahirkan satu bayi yang disebut Anak Kelelawar yang beratnya sekitar seperempat dari berat induknya.

Kelelawar betina dan akanya akan tinggal dengan kelompok terpisah dari kelelawar jantan. Kelelawar muda akan minum susu dari induknya untuk bertahan hidup sama dengan jenis mamalia lainnya. Induk-induk lainnya akan membantu merawat anak kelelawar sampai ia bisa merawat dirinya sendiri.

Klasifikasi atau Taksonomi

Taksonomi kelelawar menurut Sistim Informasi Terpadu taksomoni (ITIS) adalah :

Kerajaan : Animalia
Filum : Chordata
Subphylum : Veterbrata
Kelas : Mamalia
Order : Chiroptera
Subrodo : Megachiroptera, Microchroptera
Keluarga : Ada 16 keluarga di subordo Microchirotera dan satu-satunya di Macrochroptera , Pteropodidae, yang meliputi Rubah Terbang dan Kelelawar Buah.
Genera : Ada 187 genera kelelawar
Spesies : Ada lebih dari 950 spesies dan mungkin masih ada lagi hingga 1.200 spesies.

Kelelawar

Status Konservasi

Banyak spesies kelelawar di dunia terancam punah. Daftar merah dari Uni Internasional untuk Konservasi Alam mengindetifikasikan lebih dari 250 spesies terancam punah.

Kelelawar Buah Bulmer adalah spesies kelelawar yang paling terancam punah di dunia. Karena kelelawar ini hanya ditemukan di satu gua di pulau Papua, Indonesia. Menurut Daftar Merah, hanya ada 160 kelelawar saja yang tersisa di tempat ini.

Sebuah jamur yang dapat menyebabkan penyakit Syndrom hidung putih pada kelelawar di Amerika Utara menyebabkan banyak kematian bagi kelelawar di Amerika Utara.

Fakta lain yang menarik tentang kelelawar

Kelelawar melihat dengan menggunakan echolocation , dapat mengeluarkan suara dengan frekuwnsi tinggi dan menganalisa objek di sekitar mereka dengan mengamati bagaimana bunyi memantul kembali dari objek. Penelitian di University of Bristol di Inggris, yang diterbitkan pada tahun 2011 menunjukkan bahwa sudut dimana terdengar memantul kembali dapat memberitahu kelelawar lokasi objek. Untuk menemukan ini, para peneliti mempelajari pola penerbangan dari kelelawar setelah benda ditempatkan di jalur hewan.

Beberapa kelelawar tapal kuda bisa membawa dan memangsa serangga dari jaring laba-laba

Antikoagulan yang terdapat pada air liur kelelawar vampire dapat digunakan untuk ilmu pengobatan memperlancar peredaran darah, menyembuhkan penyakit stroke dan penyakit jantung.  


sumber: LiveScience

  
   
               
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook