5 FAKTA MENAKJUBKAN TENTANG PLANET MARS


Planet Mars

Mahessa83-Beberapa misi ke Mars telah menemukan bahwa planet ini mungkin memiliki air di bawah permukaan berbatu, menyediakan lingkungan bagi kehidupan yang dapat tumbuh. Tetapi bagaimanapun belum ada bukti kuat untuk kehidupan di Mars.

Warna merah adalah alasan mengapa Mars dinamai Dewa Perang Romawi. Warna merah ini berasal dari oksida besi pada permukaan yang berdebu. Warna  kemerahan ini adalah cara mudah untuk melihat Mars dari Bumi.

Berikut 5 Fakta Menarik Tentang Planet Mars:
  1. Planet Mars memiliki kutub es, lembah, gunung berapi serta kawah, olympus mons dengan diameter sekitar 600 km serta ketinggian 27 km. Ini merupakan yang terbesar di Tata Surya kita.
  2. Meskipun memiliki medan yang bervariasi, Besarnya Mars hanya setengah dari diameter Bumi.
  3. Sama seperti di Bumi, Planet Mars juga memiliki musim karena sumbu miring. Namun planet ini memiliki suhu yang sangat dingin dikarenakan jarak Planet Mars sekitar 227.936.640 km dari Matahari.  
  4. Mars mengalami badai debu yang kuat yang bisa bertahan selama berbulan-bulan dan dikenal telah menelan seluruh planet.
  5. Mars memiliki 2 bulan yaitu Phobos dan Deimos. Phobos memiliki diameter 27 km dan diameter Deimos sekitar 15 km. Phobos secara bertahap melonjak menuju Mars dan para astronom memprediksi bahwa Phobos akan menabrak Mars dalam 50 juta tahun yang akan datang.
Puluhan pesawat ruang angkasa tak berawak telah dikirim ke Mars oleh beberapa negara untuk mempelajari iklim dan geologi Planet Mars. NASA Curiosity Rover telah mendarat di Mars pada 6 Agustus 2012 lalu yang bertujuan untuk menganalisis batuan dan tanda-tanda kehidupan di Mars. Sementara di sana atmosfer sangat tipis, kering dan tidak ramah. Planet Mars mungkin memiliki air di bawah permukaan tanah yang mungkin bisa menyediakan lingkungan kehidupan untuk tumbuh.     


Sumber:LiveScience


 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook