PENEMU KILANG MINYAK SAMUEL MARTIN KIER


Penemu Kilang Minyak Samuel Martin Kier

Mahessa83-Samuel Martin Kier, Pria kelahiran (19 Juli 1813-6 Oktober 1874) adalah penemu dan pengusaha industri penyulingan minyak bumi Amerika Serikat. Dia adalah orang pertama di Amerika Serikat untuk menyuling minyak mentah menjadi minyak tanah. Hingga Kier dijuluki sebagai "Kakek Industri Minyak Amerika" oleh para sejarawan.

Kier lahir di Conemough Township, Indiana, Pensylvania dekat kota Livermore. Dia adalah anak dari Thomas Kier dan Mary Martin Kier, pasangan imigran asal Scotlandia-Irlandia yang memiliki beberapa sumur garam sekitar Livermore dan dekat Saltburg.

Pada tahun 1838, Samuel Martin Kier membentuk Kier, Royal and Co. Perusahaan yang bergerak menyewa kapal angkut batu bara antara Pitsburg dan Philadelpia. Kier juga memiliki saham pada tambang batu bara, pembuatan batu bara dan pabrik tembikar.

Dia, bersama dengan beberapa investor lainnya termasuk Benjamin F. Jones, mendirikan beberapa peleburan besi di Pennsylvania barat tengah. Bisnis besi akan menjadi cikal bakal Jones dan Laughlin Steel Company, salah satu produsen baja terbesar di Amerika.

Sekitar tahun 1840-an, Sumur garam Kier menjadi tambang minyak bumi pertama di dunia yang pada awalnya Kier membuang minyak tak berguna tersebut Main Line Canal dekat Pensylvania. Tetapi setelah ia melihat bahwa minyak tersebut mudah terbakar, Ia melihat cara untuk mendapatkan keuntungan dari produk sampingan yang pada awalnya tidak berharga. Tanpa latihan formal dalam ilmu pengetahuan atau kimia, Ia mulai bereksperimen dengan beberapa sulingan dari minyak mentah bersama dengan seorang ahli kimia dari Pensylvania Timur. Ia kemudian mengembangkan subtansi yang diberi nama "Batu Minyak" dan kemudian "Seneca Oil".

Pada tahun 1848, Ia mulai membuat dalam kemasan produk sebagai obat paten seharga $ 0.50 per botol. Ia juga menghasilkan Mentega Minyak Bumi  (Petreluem Jelly) dan menjualnya sebagai Salep Tipikal. Hingga pada akhirnya produk-produk ini sukses secara finansial.

Setelah lama bereksperimen, Ia menemukan cara yang lebih ekonomis untuk memproduksi minyak tanah. Minyak tanah telah dikenal untuk beberapa waktu tetapi tidak diproduksi secara luas dan dianggap memiliki nilai ekonomi kecil. Tetapi pada saat minyak ikan paus, bahan bakar utama untuk lampu di Amerika, menjadi semakin langka dan mahal.

Kier mulai menjual Minyak Tanah yang diberi label "Carbon Oil" pada tahun 1851. Dia juga menemukan lampu baru untuk membakar produknya. Kier tidak pernah mempatenkan untuk penemuannya seperti halnya penemu-penemu lainnya yang bisa mendatangkan kekayaan besar. Meskipun demikian kekayaan Kier pada saat itu melebihi US $ 40.000 pertahun. 

Kier adalah pendiri Kilang Minyak Pertama di Amerika Serikat dan dunia. Tepatnya terletak di Jalan Seventh dekat Grand Street Pittsburg pada tahun 1853. Sebuah tanda menandai keberadaan Situs ini yang berbunyi "Kier Refinery" Sebuah situs kilang minyak pertama di Amerika Serikat yang dapat menerangi dari Minyak Bumi


Biodata Samuel Martin Kier

Lahir: Pittsburgh, Allegheny, PA. 19 Juli 1813.
Meninggal: 6 Okt 1874
Orang tua: Thomas Kier, Mary Kier (lahir Martin)
Saudara: Mary Kier, Hannah Kier, James M. Kier
Istri: Nancy Kier (lahir Eicher)
Anak-anak: Thomas C. Kier, William Lyons Kier, Harry Eicher Kier, Mary Belle Kier



Sumber:wikipedia 





     
   







 


Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook