7 MANFAAT BUAH MENGKUDU BUAT KESEHATAN

7 Manfaat Buah Mengkudu Buat Kesehatan


7 Manfaat Buah Mengkudu Buat Kesehatan

Mahessa83-Buah Mengkudu selama bertahun-tahun dikenal sebagi buah yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Manfaat buah mengkudu untuk kecantikan dikarenakan dalam kandungannya mampu membasmi Penyakit Kulit seperti gatal-gatal dan eksim. 

Mengkudu (rubiaceae) adalah tumbuhan yang hidup di dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 meter dengan tinggi pohon bisa mencapai 3-8 meter. Pohon ini mempunyai bunga bongkol berwarna putih dan buahnya merupakan buah majemuk yang masih muda berwarna hijau dan memiki totol-totol. Ketika sudah tua warnanya menjadi putih dengan bintik-bintik hitam.

Buah Mengkudu Banyak Mengandung:
  1. Buah Mengkudu memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap seperti protein, vitamin serta mineral penting. Selenium yabng ada pada buah mengkudu merupakan zat antioksidan yang hebat untuk kecantikan kulit.
  2. Kandungan lainnya yang terdapat pada buah mengkudu adalah zat Terpenoid. Zat ini berguna untuk membantu proses sintetis organik dan juga bermanfaat untuk pemulihan sel-sel dalam tubuh.
  3. Adanya zat-zat aktif pada buah mengkudu ini sangat berguna untuk mematikan bakteri sebagai penyebab infeksi. Seperti Pseudomonas aeruginosa, Staphyloccocus aureus, protens morgani, escherichia coli dan bacillus subtilis. zat-zat ini berguna untuk mengontrol bakteri pathogen (bakteri yang mematikan) seperti s.typhi, salmonella montivideo,  s.scot muellen.
  4. Kandungan zat-zat anti kanker pada buah mengkudu juga sangat efektif untuk melawan sel-sel abnormal.
  1. Buah mengkudu memiliki keseimbangan sempurna dari vitamin, mineral, asam animo, peptida dan enzim. Semua nutrisi ini sangat baik untuk menjaga sistim kekebalan tubuh.
  2. Sari buah mengkudu memiliki sifat anti inflamasi yang telah terbukti mampu mencegah terjadinya peradangan dan juga dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung.
  3. Buah mengkudu dikenal sebagai obat penghilang rasa sakit dan daunnya bisa untuk meredam sakit kepala. Karena daun mengkudu mengandung morfin sulfat yang berguna untuk menghilangkan nyeri sendi.
  4. Kandungan senyawa yang terdapat pada buah mengkudu seperti antrakuinon, skopoletin, dan terpana memiliki sifat anti bakteri, anti jamur dan anti parasit yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dan tubuh.
  5. Penelitian telah menyatakan bahwa adanya senyawa 2-menthoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone pada buah mengkudu yang sangat baik untuk mencegah kerusakan DNA dan Kanker.
  6. Mengkonsumsi buah mengkudu dalam bentuk jus buah segar atau suplemen sangat dianjurkan karena nutrisinya bisa mencegah terkena hipertensi.
  7. Mengkonsumsi buah mengkudu secara teratur juga dapat melancarkan pencernaan seperti perut kembung, muntah, luka pada usus halus dan radang lambung.       
Buah Mengkudu juga bermanfaat buat menghilangkan jerawat. Caranya buatlah Jus Mengkudu dan gunakanlah sebagai Masker Wajah selama sekitar 15 menit. Selanjutnya basuhlah wajah dengan air hangat. Hal ini dapat Anda lakukan 2 kali dalam sehari hingga jerawat hilang secara alami.

Untuk menjadikan kulit halus, kenyal dan sehat buah mengkudu yang banyak mengandung Vitamin E cukup baik untuk merawat kulit Anda. Gunakanlah Jus Mengkudu kasar lalu pakailah sebagai scrub buah yang bermanfaat untuk menghaluskan kulit secara alami. Perhatikan yang terjadi pada kulit Anda. Jadikan Buah Mengkudu sebagai buah yang tidak hanya bermanfaat sebagi obat tetapi juga sebagai kecantikan Anda.


Sumber: beritasehat  
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook