KHASIAT TEMULAWAK BUAT PENYAKIT LEVER

Khasiat Temulawak Buat Penyakit Lever


Khasiat Temulawak Buat Penyakit Lever

Mahessa83-Penyakit Lever atau Penyakit Hati merupakan penyakit yang menyerang bagian organ dalam tubuh yaitu Hati. Apabila bagian organ ini sudah terserang penyakit maka fungsinya sebagai penyaring darah tidak akan maksimal sehingga metabolisme dalam tubuh tidak terkendali. Jika penyakit lever ini sudah masuk kedalam tahap masalah yang serius akan menyebabkan terjadinya pendarahan sehingga sel darah merah akan berkurang. 


Khasiat Temulawak Buat Penyakit Lever

Hati organ besar dalam tubuh manusia yang terletak dibagian bawah kanan tulang rusuk ini mempunyai fungsi diantaranya;
  • Sebagai tempat pembentukan plasma darah dan zat pembeku darah
  • Sebagai tempat penyimpanan zat-zat mineral
  • Sebagai tempat penyadangan air dan tempat pembakaran gula serta pembentukan kolesterol
  • Sebagai tempat mengubah lemak menjadi asam lemak
  • Zat-zat racun yang masuk dari luar tubuh maupun yang terbentuk di dalam tubuh akan dibuang ke hati bersma-sama dengan cairan empedu menuju usus.  
Penyakit Lever dapat disebabkan oleh virus yang dikenal dengan Penyakit Hepatitis A, Hepatitis B atau Hepatitis Non A dan Non B. Selain itu penyakit lever dapat juga disebabkan dari pola makan yang salah atau zat-zat kimia yang terkadung dalam obat seperti antibiotika, parasetamol, arsenal dan obat-obatan yang dikonsumsi manusia dalam bentuk hidangan fast food. 

Jangan dilupakan pula bahwa zat-zat cemaran dari polusi udara mampu menyerang hati secara lambat laun tetapi pasti. Timah hitam (Pb) dan kadmium (Cd) merupakan kntaminan terbesar dari seluruh debu logam di udara. Kontribusi terbesar Pb dan Cd berasal dari knalpot kendaraan bermotor yang selain mencemari udara, juga dapat mencemari makanan dan air. Zat-zat polutan tersebuta akan disimpan secara akumulatiof dalam hati dan dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan sirosis hati.

Minuman beralkohol yang menjadi bagian dari gaya hidup sebagian kaum selebriti dapat juga menimbulkan sirosis hati setelah di knsumsi dalam waktu yang lama. Selain terhadap hati, alkohol juga dapat menyerangt otot-otot jantung dan otak.

Penderita gangguan lever dianjurkan makan makanan yang dikukus atau direbus dan menghindari goreng-gorengan, karena lemak daoat merangsang hati untuk bekerja keras dalam kondisi sakit. Juga perlu dihindari masakan yang terlalu banyak mengandung cuka, lengkuas, cabai, bawang, dan rempah-rempah, seperti merica, pala, dan ketumbarm karena bahan-bahyan tersebut dapat merangsang lambung, dan secara refleks hati menjadi nyeri. Perbandingan makanan yang mengandung kemak, protein, dan karbohidary adalah 1:1:5

Khasiat Temulawak Buat Penyakit Lever
  
  1. Pola hidup yang tidak sehat
  2. Minum obat secara berlebihan
  3. Mengkonsumsi makanan tidak sehat atau higienis
  4. Minum beralkohol 
  5. Pola makan yang tidak teratur dan seimbang
  6. Kurang istirahat
Gejala Penyakit Lever
  1. Mudah lelah dan lesu
  2. Mengalami depresi
  3. Nyeri disisi kanan perut
  4. Nafsu makan hilang
  5. Mual, Muntah dan Diare
  6. Warna kulit dan bola mata berwarna kekuningan atau bahkan kuning
  7. Persendian terasa nyeri
  8. Air seni berwarna gelap atau seperti air teh
Cara Menyembuhkan Penyakit Lever Secara Alami


Menjaga Lever agar tetap sehat adalah dengan mengkonsumsi Temulawak (curcuma xanthorriza) berasal dari family Zingiberaceae yang banyak ditemukan di hutan-hutan tropis termasuk Indonesia. Dari segi kualitas, Temulawak yang tumbuh di Indonesia termasuk yang paling baik jika dibandingan dengan yang tumbuh di negara-negara lain. 

Rimpang Temulawak banyak mengandung curcumin yang bermanfaat meningkatkan aktivitas enzim Glutathione S-transferase (GST) serta kelompok enzim Glutathione lain (Gs-x) dalam hati yang memiliki peranan penting sebagai detoksifkasi dan antioksidan. 

Kandungan utama rimpang temulawak adalah protein, karbohidrat, dan minyak atsiri yang terdiri atas kamfer, glukosida, turmerol, dan kurkumin. Kurkumin bermanfaat sebagai anti inflamasi (anti radang) dan anti hepototoksik (anti keracunan empedu).

Temulawak memiliki efek farmakologi yaitu, hepatoprotektor (mencegah penyakit hati), menurunkan kadar kolesterol, anti inflamasi (anti radang), laxative (pencahar), diuretik (peluruh kencing), dan menghilangkan nyeri sendi. Manfaat lainnya yaitu, meningkatkan nafsu makan, melancarkan ASI, dan membersihkan darah.

Selain dimanfaatkan sebagai jamu dan obat, temu lawak juga dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat dengan mengambil patinya, kemudian diolah menjadi bubur makanan untuk bayi dan orang-orang yang mengalami gangguan pencernaan. Di sisi lain, temu lawak juga mengandung senyawa beracun yang dapat mengusir nyamuk, karena tumbuhan tersebut menghasilkan minyak atsiri yang mengandung linelool, geraniol yaitu golongan fenol yang mempunyai daya repellan nyamuk Aedes aegypti.

Temulawak atau curcuma Xanthorrizha telah dikenal oleh Bangsa Indonesia sebagai tanaman herbal yang bermanfaat sejak zaman dahulu.

Di Indonesia satu-satunya bagian yang dimanfaatkan adalah rimpang temu lawak untuk dibuat jamu godog. Rimpang ini mengandung 48-59,64 % zat tepung, 1,6-2,2 % kurkumin dan 1,48-1,63 % minyak asiri dan dipercaya dapat meningkatkan kerja ginjal serta anti inflamasi dan penyakit Lever. Manfaat lain dari rimpang tanaman ini adalah sebagai obat jerawat, meningkatkan nafsu makan, anti kolesterol, antiinflamasi, anemia, antioksidan, pencegah kanker, dan antimikroba.


Khasiat Temulawak Buat Penyakit Lever

Rebuslah dua ruas temulawak seukuran jari dewasa dengan setengah liter air serta tambahkan gula aren. Jika air rebusan sudah tersisa setengahnya, Kemudian saring dan minum airnya dua kali dalam sehari hingga sembuh. Selain dapat menyembuhkan Penyakit Lever, Temulawak juga berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol, meredakan nyeri haid, meningkatkan nafsu makan khususnya pada anak-anak, menyembuhkan sembelit, menghilangkan jerawat dari dalam, 

Untuk menurunkan Kadar Kolesterol, Temulawak cukup diolah dengan cara dikeringkan kemudian di tumbuk dan diseduh dengan air panas 1 gelas. Setelah berubah warna menjadi lebih pekat, air seduhan dapat disaring, kemudian diminum langsung dengan dosis 2 x sehari.

Untuk meredakan nyeri haid, Temulawak cukup direbus dengan 1 gelas air untuk 1 timpang temulawak. Kemudian tambahkan gula aren. Setelah mendidih masukan masukkan asam kawak ke dalam rebusan dan saring air rebusannya dan diminum secara teratur.

Sedangkan untuk meningkatkan nafsu makan pada anak-anak, Temulawak diolah bersama dengan beberapa rempah obat lainnya.  Caranya adalah rebuslah 2 rimpang temulawak dengan seperempat rimpang lengkuas dan setengah genggam daun meniran dalam 3 gelas air. Setelah air rebusan tersisa 2/3 nya, saring dan minum 2 x sehari masing-masing setengah gelas. 

Untuk menyembuhkan sembelit, Cukup menggiling 1 rimpang temulawak bersama biji sesawi kemudian tambahkan air mendidih dan saring. Minum auir saringannya 1 kali sehari.

Untuk menyembuhkan jerawat dari dalam, Buatlah ramuan rebusan 1 rimpang temulawak yang telah di iris-iris dengan 4 gelas air. Setelah mendidih dan air menyusut, saring airnya kemudian tambahkan dengan madu. Minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas saja.

Begitu banyak Khasiat Temulawak khususnya untuk menyembuhkan Penyakit Lever dan penyakit lainnya. Semoga Khasiat Temulawak Buat Penyakit Lever bermanfaat bagi kita semua.            


Sumber:
-penyakitlever.com 
-drwox.com
-id.wikipedia

  
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook