10 TSUNAMI TERBESAR SEPANJANG SEJARAH

Rate this posting:
{[['']]}

Bagikan Artikel

10 Tsunami Terbesar Sepanjang Sejarah 


Mahessa83-Tsunami yang dalam bahasa Jepang Tsu=Pelabuhan, Nami=Gelombang yang secara harafiah berarti gelombang besar di pelabuhan adalah perpindahan badan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan air laut secara vertikal dengan tiba-tiba.

Sebuah bahaya tsunami baru sejak terjadinya Tsunami Aceh pada tahun 2004 sebagai gelombang yang sangat mematikan telah meningkatkan kesadaran pengaruh budaya dan sejarah tsunami itu sendiri.

Gempa Bumi, Longsor Bawah Laut, dan Letusan Gunung Berapi dapat memicu terjadinya Tsunami. Mengirim air kedaratan dengan gelombang tinggi dan sangat deras ke pantai. Sampai saat ini, banjir besar yang tak terduga, menerjang tanpa peringatan serta kehancuran yang ditimbulkan oleh gelombang raksasa ini dapat mengubah seluruh budaya.

Berikut 10 Tsunami Terbesar Sepanjang Sejarah yang pernah tercatat oleh manusia.


1. Tsunami Storegga, 8150 SM


Tsunami Storegga

Dipicu oleh longsor bawah laut raksasa, Tsunami Storegga yang berawal dari Laut Norwegia menghantam sepanjang pantai Norwegia. Endapan tsunami yang ditemukan di Skotlandia sejauh 80 km dari garis pantai. Tsunami ini menghancurkan sebuah jembatan tanah yang disebut Doggerland yang menghubungkan Inggris dengan Denmark dan Belanda serta memutuskan kepulauan Inggris dan Denmark dengan Eropa selamanya. 

2. Tsunami Polinesia, 2800 SM


Tsunami Polinesia

Sebuah tsunami yang sangat mengerikan yang terjadi di Polinesia yang oleh para peneliti dipicu oleh gempa bumi di zona subduksi Kermadec-Tonga. Endapan tsunami ini ditemukan di pulau-pulau pasifik sekitar 2800 SM. Tsunami yang terjadi di Polinesia ini diperluas kearah timur melintasi Pasifik hingga ke kepulauan Tonga-Samoa.

3. Tsunami Kreta-1600 BC


Tsunami Kreta

Letusan eksplosif yang sangat besar pada Gunung Berapi Thera di Yunani, Menimbulkan gelombang tsunami raksasa yang menyapu ke Pulau Kreta. Bukti arkeologi menunjukkan abu dan air yang memiliki efek mematikan pada Budaya Minoan. Gelombang yang sama juga sama dengan apa yang menimpa Atlantis.

4. Tsunami Polinesia, 1450 M


Tsunami Polinesia

Di Selandia Baru, dua tsunami yang terjadi pada abad ke-15 menyapu pemukiman di sepanjang pantai. Suku Maori adalah masyarakat zaman batu paling canggih kata James Goff, seorang ahli geologi tsunami di University of New South Wales di Australia.

5. Tsunami Lisbon, 1774 M


Tsunami Lisbon

Puluhan ribu orang Portugal yang selamat dari Gempa Lisbon yang terjadi pada 1 November 1755 masehi dibunuh oleh gelombang tsunami setinggi 15 meter menyapu semua orang-orang yang ingin menyelamatkan diri ke pantai. 

6. Tsunami Kepulauan Virgin, 1867 M


Tsunami Kepulauan Virgin

Sebuah tsunami besar melanda pulau St. Croix dan St. Thomas pada 18 November 1867 M. Tiga kapal shipwere milik Amerika Serikat rusak terhantam ombak. Kapal perang ini berada disana untuk bertemu dengan utusan Raja Denmark dengan harapan untuk membangun pangkalan angkatan laut dan membeli Kepulauan Virgin dimasa yang akan datang. Satu Monongahela terdampar di pulau St. Croix karena gelombang tsunami setinggi 9 meter. Tsunami Kepulauan Virgin ini dipicu dengan Gempa Bumi yang sangat besar hingga terjadi Tsunami.

7. Tsunami Krakatau, 1883 M


Tsunami Krakatau

Meletusnya Gunung Krakatau pada 27 Agustus 1883, Mengirimkan serangkaian Tsunami ke seluruh penjuru dunia. Beberapa pulau yang tidak pernah dipindahkan adalah Taman Nasional Ujung Kulon, Banten, Indonesia. 

8. Tsunami Alaska, 1946 M


Tsunami Alaska

Pada tanggal 1 April 1946, bagian dari Hilo, Hawaii hancur oleh serangkaian gelombang tsunami dari Gempa Bumi dan tanah longsor di Alaska. Tsunami yang terjadi di Alaska ini akhirnya menciptakan sebuah system peringatan tsunami yang dikenal sebagai Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC) yang didirikan pada tahun 1949. Tsunami Alaska ini juga dikenal dengan sebutan April Fools Day. Dinamakan demikian karena orang-orang di Hawaii berpikir bahwa peringatan tsunami itu adalah sebuah lelucon April Mop.

9. Tsunami Aceh, 2004 M


Tsunami Aceh

Terjadinya Gempa Bumi di Samudra Hindia pada 26 Desember 2004 memicu serangkaian Gelombang Tsunami mematikan yang menewaskan sekitar 230.000 orang. Tsunami Aceh juga merupakan tsunami paling mematikan dalam sejarah. Berkat terjadinya Tsunami ini, Para ilmuwan mulai menghubungkan penggeseran budaya dalam masyarakat India dengan Samudra Pasifik akibat pengaruh Tsunami besar.

10. Tsunami Tohoku, 2011 M


 Tsunami Tohoku

Pada tanggal 11 Maret 2011, Gempa Bumi sebesar 9.0 SR mengakibatkan terjadinya Gelombang Tsunami setinggi 10 meter di sepanjang pantai timur laut, Jepang. Gelombang Tsunami ini juga merusak Pusat Listrik Tenaga Nuklir di Fukushima yang menyebabkan terjadinya reaksi bahaya Nuklir. Akibat terjadinya bencana ini, pihak Jepang telah berjanji untuk menghapuskan tenaga nulkir pada tahun 2030 mendatang dan mencari lahan baru untuk membangun pembangkit listrik baru.

Nah itulah 10 Tsunami Terbesar yang pernah terjadi di dunia yang pernag tercatat dalam sejarah. Mungkin juga masih banyak lagi tsunami-tsunami besar lainnya yang belum di temukan. Namun kita berharap semoga bencana tsunami tidak pernah terjadi lagi di dunia manapun. 


Sumber:LiveScience

              

Share Artikel :

Daftar di sini dengan alamat email Anda untuk menerima update dari blog ini di inbox Anda..

0 Response to "10 TSUNAMI TERBESAR SEPANJANG SEJARAH"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.