PENEMUAN KAPAL KARAM ANTIKYTERA YUNANI KUNO MASIH RAHASIA

Penemuan Kapal Karam Antikytera Yunani Kuno Masih Rahasia


Penemuan Kapal Karam Antikytera Yunani Kuno Masih Rahasia

Mahessa83-Pemerintah otoritas Yunani telah menyetujui perpanjangan waktu selama lima tahun untuk sebuah tim internasional menyelidiki sisa-sisa kapal karam berusia 2.085 tahun yang dianggap terdapat komputer tertua di dunia.

Kapal yang kemungkinan tenggelam antara 60 - 70 SM ini dalam perjalanannya dari Asia Kecil ke kota Roma yang membawa banyak harta. 

Pada penyelidikan sebelumnya di Kapal Karam Antikytera ini, Para peneliti berhasil menemukan peralatan makan, jangkar, tombak raksasa dari perunggu yang mungkin bagian dari patung prajurit atau Dewi Athena dan beberapa artefak lainnya.

Dengan disetujuinya perpanjangan waktu penyelidikan, para peneliti akan fokus pada suatu titik tempat banyak keramik, benda logam dan berharap untuk menyelesaikan peta secara detail dari lokasi kapal karam Antikytera ini serta menggali lebih banyak lagi harta karun dan artefak lainnya dari kapal ini.

Untuk persiapan tahap kedua ini Tim Peneliti mempersiapkan kendaraan bawah air otonom (AUV)  untuk digital survei kapal karam dari 9 Juni sampai 19. Pada hari Sabtu, 13 Juni, AUV dan detektor logam yang terletak kecil potongan tembaga, perunggu, timah dan bahan besi-bearing. Hari Senin berikutnya, AUV bangun dekat dan pribadi dengan artefak, mengambil gambar dan mengumpulkan data spasial, termasuk di mana artefak berada dalam hubungan satu sama lain. Selama lima tahun ke depan, dimulai pada akhir musim panas ini, para peneliti akan menggali potongan kapal karam Antikythera. 

Barang-Barang Mewah

Pada ekspedisi sebelumnya yang dimulai pada tahun 2012 lalu yang dilakukan oleh Hellenic Ephorate dari Underwater Antiquities Yunani dan Woods Hole Oceanographic Institution (WHOI) di Woods Hole, Massachusetts. Dan pada tahap kedua ini akan dibantu oleh Robot Exosuit yang para peneliti menganggapnya sebagai "Iron Man untuk ilmu pengetahuan bawah laut".

Penemuan Kapal Karam Antikytera Yunani Kuno Masih Rahasia

Pada ekspedisi 2012-2014 lalu para peneliti berhasil membuat model 3D dari dasar laut dengan foto-foto reruntuhan. Para peneliti juga menambahkan lokasi yang kaya logam untuk data peta. Data baru masuk ke dalam sistem geoinformation (GIS) database, yang mencakup semua data geografis yang dikenal untuk daerah sejak tahun 1900.

Para peneliti juga menemukan kapal karam lainnya dalam jarak 100 meter yang menandakan kapal terbelah dua menabrak batu karang atau ada dua kapal yang saling bertabrakan.

Menurut Brendan Foley seorang arkeologi kelautan dari WHOL mengatakan, "Bukti ini menunjukkan bahwa kapal karam ini adalah kapal kuno terbesar yang pernah ditemukan di dunia dan ini adalah Kapal Titanic dari Dunia Kuno'.

Sejarah Penemuan Kapal Karam Antikytera

Kapal Karam Antikytera ini ditemukan oleh beberapa nelayan Yunani dari pulau Symi di lepas pantai Antkytera sebuah pulau kecil di Yunani lebih dari satu abad yang lalu. Dengan bantuan dari Kementerian Pendidikan Yunani dan Royal Navy Hellenic, penyelam spons pulih berbagai patung, termasuk orang-orang dari Ulysses, Diomedes dan kuda-kudanya, Ermes, Apollo, dan banyak lainnya. Setelah menganalisis artefak setelah mereka berada di museum, kemudian Menteri Pendidikan Spyridon stais menemukan apa yang sekarang dikenal sebagai mekanisme Antikythera, yang dianggap komputer tertua di dunia.

Pada tahun 1953, Seorang Perwira Angkatan Laut Perancis dan penjelajah bawah laut Kapten Jacques Causteau bersama dengan Massachusetts Institute of Technology profesor teknik Harold "Doc" Edgerton, berlayar ke Antikythera dan menemukan kapal karam lain ditandai dengan jangkar memimpin dan amphoras (pembuluh dua ditangani untuk memegang cairan seperti anggur atau minyak) mencuat dari pasir.

Pada tahun 1976 Causteau kembali ke Antikytera untuk serial televisi tentang sejarah dan atraksi dari Yunani selama 27 hari. Causteau dan timnya berhasil menemukan ratusan benda termasuk keramik, bagian dari patung-patung marmer, patung perunggu, koin perunggu, perhiasan dari emas, batu permata, gelas dan sisa-sisa kerangka manusia. 


Sumber:LiveScience




Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook