TIPS MELATIH ANAK BERPUASA DI BULAN RAMADHAN

Tips Melatih Anak Berpuasa Di Bulan Ramadhan


Mahessa83-Puasa di bulan suci Ramadhan hukumnya adalah wajib bagi ummat Islam yang telah akhir baligh.Tetapi bagi anak-anak yang belum cukup umur dan belum memasuki masa akhir baligh tidak wajib untuk menjalankan ibadah puasa di bulan suci ramadhan. Tetapi untuk membiasakan diri bagi anak-anak berpuasa tidak ada salahnya bagi orang tua untuk mengajarkan anaknya berpuasa agar kelak ketika sudah dewasa sudah terbiasa untuk berpuasa.

Tips Melatih Anak Berpuasa Di Bulan Ramadhan

  • Ajak anak untuk ikut makan sahur bersama, Karena makan sahur merupakan sumber energi bagi tubuh anak. Ajarkan anak tata cara sahur yang baik serta berikan pemahaman makna dan manfaat sahur dan puasa.
  • Perhatikan kandungan gizi dan nutrisi makan sahur dan buatlah makanan sahur kesukaannya dan berikan makanan dengan kandungan karbohidrat dan nutrisi yang cukup.
  • Buatlah suasana sahur yang menyenangkan dan meriah agar tidak menjemukan dan membuat anak menjadi mengantuk.
  • Untuk melancarkan buang air besar dan menghindari rasa lapar pada anak, Anda bisa memasukkan makanan yang mengandung lemak sehat kedalam masakan menu makanan anak Anda.
  • Sumber energi bisa Anda dapatkan dari susu atau jus buah untuk memberikan energi tambahan kepada anak ketika berpuasa.
  • Jika anak merasakan lapar pada siang hari, Biarkan mereka makan dan bimbing anak agar melanjutkan kembali puasanya sampai magrib. Lakukan hal ini hari demi hari maka tubuh anak akan terbiasa sampai magrib tanpa batal.
  • Motivasi yang dapat Anda berikan kepada si anak untuk melaksanakan puasa di bulan ramadhan adalah memberikan penghargaan atau hadiah kepadanya. Seperti menu spesial kesukaannya pada waktu berbuka puasa atau sahur.
  • Sediakan kurma pada waktu berbuka puasa dan jangan menyediakan munuman seperti es. Dan jaga perut anak anda ketika berpuasa agar tidak kekenyangan. Bimbing anak kita untuk Sholat Magrib terlebih dahulu, sholat Isya dilanjutkan dengan Sholat Taraweh.     
Nah itulah Tips Melatih Anak Puasa Di Bulan Ramadhan, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Sumber:infosehatonlines.com


Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook