7 TEROWONGAN BAWAH LAUT TERPANJANG DI DUNIA

7 Terowongan Bawah Laut Terpanjang Di Dunia


Mahessa83-Terowongan adalah beberapa usaha paling menakjubkan dari teknik mereka untuk menangani arus lalu lintas dengan cara yang efisien dan praktis. Terowongan terkadang juga berada di bawah permukaan tanah atau di buat dibawah pegunungan atau di bawah air untuk memenuhi kebutuhan jalan raya, Berikut 7 Terowongan Bawah Laut Terpanjang Di dunia yang kami ambil dari berbagai sumber.  

1. Seikan Tunnel (Jepang)


7 Terowongan Bawah Laut Terpanjang Di Dunia

Seikan Tunnel adalah terowongan kereta api bawah laut sepanjang 53,85 Km dengan 23,3 km berada 240 meter dibawah permukaan laut Teluk Tsugaru yabng menghubungkan pulau Honshu dengan pulau Hokkaido, Jepang. 

Terowongan ini diresmikan pada 13 Maret 1988 dengan menghabiskan dana sekitar ¥ 538.400.000.000 (US $ 3,6 miliar)

2. Channel-Tunnel (Inggris-Perancis)


7 Terowongan Bawah Laut Terpanjang Di Dunia

Channel Tunnel adalah terowongan bawah laut sepanjang 50,5 Km yang melewati Selat Dover menghubungkan kota Folkestones Kent, Inggris dengan Coquelles, Pas -de-Calais, dekat Calais di utara Perancis.

Ide awal pembangunan terowongan bawah laut ini mulai tercetus sejak  akhir abad ke-19 oleh Pemerintah Inggris dan baru bisa dilaksanakan pada tahun 1988 dan selesai pengerjaannya pada tahun 1994 dengan menghabikan dana sekitar £ 4,650 miliar.

Terowongan ini membawa Kereta Api Eurostar, Kereta Barang Internasional,  dengan kecepatan tinggi dan terbesar di dunia.

3. Kanmon Railway Tunnel (Jepang)


7 Terowongan Bawah Laut Terpanjang Di Dunia

Kanmon Railway Tunnel adalah terowongan bawah laut pertama di Jepang. Melewati Selat Kanmon untuk menghubungkan Pulau Honshu dengan Kyushu sepanjang 3.614 meter. Pembangunannya dimulai pada tahun 1938 dan selesai pembangunnya pada tahun 1942 selama Perang Pasifik.

Menjelang akhir Perang Pasifik, Pihak Sekutu berencana untuk meledakkan terowongan dengan 50.000 ton bahan peledak sebagai bagian dari invasi Jepang. Tetapi tidak dapat terlaksana karena Jepang keburu menyerah kepada Sekutu.

4. Tokyo Bay Aqualine (Jepang)



7 Terowongan Bawah Laut Terpanjang Di Dunia


Tokyo Bay Aqualine atau juga dikenal sebagai Trans-Tokyo Bay Highway adalah kombinasi Jembatan dan Terowongan di Teluk Tokyo, Jepang. 

Terowongan ini menghubungkan kota Kawasaki di pulau Kanagawa denagn kota Kisarazu di pulau Chiba dengan panjang keseluruhan 14 kilometer termasuk 4,4 kilometer jembatan dan 9,6 kilometer terowongan bawah laut.

Terowongan Bawah Laut ini dibuka pada 18 Desember 1987 setelah 23 tahun pembangunan perencanaan dan kontruksinya dengan menelan biaya sekitar 1,44 triliun yen (11,2 miliar USD pada saat pembukaan).

Salah satu dibangunnya Terowongan Bawah Laut Tokyo Bay Aqualine adalah untuk mengurangi arus lalu lintas di kota Tokyo serta untuk memotong waktu perjalanan di semenanjung Boso dari Tokyo ke Kanagawa yang sebelumnya harus berkeliling terlebih dahulu sekitar 100 kilometer di sepanjang pantai Teluk Toyo.
  

5. Bomlafjord Tunnel (Norwegia)


7 Terowongan Bawah Laut Terpanjang Di Dunia

Blomlafjord Tunnel adalah terowongan bawah laut yang melewati selat Blomlafjorden yang menghubungkan Pulau Foyno dengan Dalshovda di Sveio, Norwegia. 

Terowongan sepanjang 7, 82 kilometer dengan kedalaman 260,4 meter dibawah permukaan laut. Rencan membuat terowongan bawah laut ini muncul pada tahun 1980. Pembangunannya dimulai pada tahun 1997 dan dibuka pada 27 Desember 2000. 

Terowongan ini dibangun dengan menggunakan metode pengeboran dan peledakan, dengan dua tim membangun dari setiap akhir. Terowongan berjalan melalui daerah sebagian besar terdiri dari granit, phyllite dan Batu Hijau. Terowongan terpanjang di Norwegia adalah yang kedua-terdalam di dunia sampai tahun 2008. Hal ini masih (2013) titik terdalam pada jaringan E-road. Terowongan itu jalan tol dari pembukaan sampai 30. April 2013. Pada tahun 2012 terowongan memiliki rata-rata 4.084 kendaraan per hari.  

6. Thammes Tunnel (Inggris)


7 Terowongan Bawah Laut Terpanjang Di Dunia

Thames Tunnel adalah terowongan bawah air tertua di dunia yang dibuka pada tahun 1843. Orang-orang datang dari seluruh dunia untuk menyaksikan Tunnel Thames, karena itu adalah terowongan pertama yang dibangun di bawah sungai dilayari melalui penggunaan teknologi tameng terowongan, yang baru pada saat itu. Terletak di bawah Sungai Thames di London, Inggris; Terowongan Thames menghubungkan kota-kota Wapping dan Rotherhithe. Meskipun awalnya dibangun untuk tujuan kereta kuda, hari ini merupakan bagian penting dari jaringan kereta api London Overground.

7.  Sydney Harbour Tunnel (Australia)


7 Terowongan Bawah Laut Terpanjang Di Dunia

Sydney Harbour Tunnel mulai beroperasi pada bulan Agustus 1992, dan menghubungkan Warringah Freeway ke Distributor Timur sebagai sarana mengurangi kemacetan di Sydney Harbour Bridge. Hal ini dioperasikan oleh perusahaan Sydney Harbour Tunnel, tetapi pada Agustus 2022 itu akan berada di bawah kepemilikan publik. Terowongan adalah jalan terowongan twin-tube, dengan dua jalur di setiap arah. Tiga bagian membuat terowongan: 960 meteran struktur tabung terbenam, 400 meter terowongan dibawah tanah yang terletak di pantai selatan, dan 900 meter  terowongan dibawah tanah  di pantai utara.


Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua.



 




Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook