TIPS BERPUASA AGAR TUBUH TIDAK LEMAS

Tips Berpuasa Agar Tubuh Tidak Lemas


Tips Berpuasa Agar Tubuh Tidak Lemas

Mahessa83-Sebentar lagi ummat Islam di seluruh dunia akan menghadapi bulan Puasa. Tentunya kita sebagai ummat Islam ingin agar tubuh tetap fit beribadah sambil menjalani aktifitas kerja. Jangan kuatir tubuh Anda akan lemas, Ada Cara Mudah Agar Tubuh Tidak Lemas saat menjalani puasa Anda.

Seperti diketahui menjalani ibadah puasa metabolisme tubuh dapat menurun yang dapat menimbulkan rasa lemas dan lelah. Namun dengan rencana yang baik ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga tubuh agar tetap fit dan kuat selama menjalani ibadah puasa.
Berikut Tips Berpuasa Agar Tubuh Tidak Lemas walaupun kita menjalani aktifitas kerja.

1. Makan Yang Benar


Pada saat sahur, cobalah mengkonsumsi makanan yang dapat memberikan Anda energi untuk bertahan sepanjang hari. Yakni dengan mengkonsumsi sayuran dan buah yang kaya akan serat. serta makanan yang dimetabolisme tubuh secara lambat seperti:
  • Nasi Merah
  • Gandum
  • Produk susu yang rendah lemak
Pada saat berbuka, kosumsilah makanan dalam jumlah sedikit dengan meminum air putih terlebih dahulu. Kemudian bisa dilanjutkan dengan mengkonsumsi sup sayur dan makanan yang mengandung 5 sumber nutrisi untuk tubuh yaitu, sayuran, buah, nasi merah dan protein seperti ikan atau ayam.

2. Tetap Aktif


Berpuasa bukan berarti Anda menghentikan aktifitas dan berolah raga. Anda bisa melakukan olahraga beberapa jam setelah berbuka puasa. Agar tidak kelelahan, Jagalah tingkat energi Anda dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein, karbohidrat kompleks serta sayuran.

3. Tidur Yang Cukup


Walaupun di bulan puasa, Istirahat tidur haruslah cukup agar tetap fit dan segar keesokan harinya. Untuk itu tidurlah antara 7-8 jam dalam sehari untuk menjaga agar tubuh tetap fit dan kuat.

Penyebab Lemas

Di kutip dari Washington Post, beberapa penyebab tubuh lemas dalam berpuasa adalah kurangnya asupan makanan selama menjalani puasa. kurangnya cairan dan kurangnya waktu tidur Anda.

Sebuah study yang dilakukan di Morocco pada tahun 2001 silam, menunjukkan pada orang-orang yang puasa dapat muncul gangguan tidur berupa makin sedikitnya waktu tidur dari waktu yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaharui tubuh keesokkan harinya.
Hal-hal inilah yang menyebabkan tubuh menjadi lemas saat menjalani ibadah puasa.  


Sumber: klikdokter.

 


Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook