7 TEMPAT PALING KERAS DI BUMI

7 Tempat Paling Keras Di Bumi


Mahessa83-Berikut ini adalah 7 Tempat terpanas, terdingin dan semua tempat paling keras di bumi.


7. Greenland



7 Tempat Paling Keras Di Bumi

Greenland atau Tanah Hijau adalah sebuah pulau di bagian Samudera Atlantik bagian utara di arah timur laut Kanada. Luas wilayahnya adalah 2.166.086 meter persegi dan merupakan pulau terbesar di dunia. 

Pulau ini tertutup lapisan es hingga ketebalan 1,8 mil (3 kilometer). Pada bagian timur laut dari pulau ini hanya dikenal sebagai Taman Nasional yang hanya dihuni oleh Beruang Kutub, Singa Laut dan satwa liar Arktik lainnya. Selain darai para penangkap ikan Paus dan pemburu anjing laut, para ilmuwan juga sesekali datang kesana serta beberapa orang yang wisatawan yang datang  ke Taman Nasional. 

Desa terdekat disini adalah  Ittoqqortoormiit yang tidak pernah melihat matahari selama 3 bulan selama musim panas serta periode November-Desember yang tidak pernah ada matahari di sana.

6, Sistan Basin, Afganistan


7 Tempat Paling Keras Di Bumi

Daerah yang terletak di perbatasan selatan Afganistan ini merupakan salah satu daerah terkering di dunia dan mungkin yang paling buruk dalam beberapa tahun terakhir ini.

Meskipun iklim di Sistan Basin ini sangat kering tetapi masih digunakan sebagai tempat tinggal bagi Hamoun seluas 800 mil persegi (2.000 km persegi). Tempat ini dilewati oleh sungai Helmand buat kehidupan satwa liar dan lahan pertanian sampai pada tahun 1990-an. 

Menurut NASA Observatory Earth, pada tahun 2001 curah hujan di Sistan Basin menurun dratis hingga 78%.

5. Changtan Dataran Tinggi Tibet


7 Tempat Paling Keras Di Bumi

Jika Dataran Tinggi Tibet adalah Atap Dunia, Wilayah Changtan Utara adalah puncaknya dengan ketinggian rata-rata 16.400 kaki (5.000 meter). Padang rumput kering ini diselingi oleh lahan basah payau. Meskipun musim panas pendek, musim dingin Arktik dan curah hujan yang jatuh sebagian besar sebagai hujan es, burung, kijang Tibet dan domba liar bertahan di Changtang.

4. Siberia


7 Tempat Paling Keras Di Bumi

Siberia adalah sebuah wilayah yang terletak di Asia Utara. Membentang pegunungan Ural dari barat ke Samudera Arktik di utara dan Samudera Pasifik di timur. Tempat ini dikenal sebagai tempat pengasingan tahanan politik Uni Soviet pada abad ke-20 dan tempat pembuangan bagi orang beragama pada abad sebelumnya.

Sekarang daerah ini banyak ditemukan minyak dan gas bumi serta mineral lainnya. Tapi tetap saja cuaca disini sangatlah keras, Suhu dapat mencapai 100 derajad fahrenhet (38 derajad celcius) pada musim panas dan menurun dratis hing -2 derajad pada musim dingin. Kota Oyimyakon merupakan satu-satunya kota di Siberia yang merupakan tempat terdingin di dunia yang dapat di huni manusia. dengan rekor suhu terendah mencapai -67,7 derajad pada tahun 1933.

3. Pedalaman Australia


7 Tempat Paling Keras Di Bumi

Pedalaman Australia merupakan rumah bagi banyak satwa liar seperti laba-laba, ular dan buaya. Cuaca kering, matahari yang sangat panas dan tanahnya yang subur banyak penduduk yang tetap bertahan di tempat ini. 

Meskipun Pedalaman Australia merupakan rumah bagi Taipan darat, ular tanah paling berbisa di dunia dan buaya air asin, Tetapi bahaya terbesar di tempat ini adalah gurun yang sangat panas. 

2. Gurun Sahara



7 Tempat Paling Keras Di Bumi

Gurun Sahara adalah salah satu tempat terkering di dunia. Suhu panas di tempat ini bisa mencapai 122 derajad fahrenhet (50 derajad celcius). Suhu terpanas pernah tercatat di tempat ini yang dapat mencapai 136 derajad fahrenhet (58 derajad celcius) yang terjai di kota gurun El Azizia, Lybia.

1. Antartika


7 Tempat Paling Keras Di Bumi

Ketika datang ke tempat-tempat yang keras di bumi, Antartika merupakan tempat yang paling sempurna. Menurut CIA World Factbook daratan paling selatan ini merupakan wilayah terdingin, terkering, tertinggi dan benua paling berangin di bumi. 

Suhu terdingin di bumi pernah tercatat di tempat ini pada tahun 1983 ketika suhu mencapai -129 derajad fahrenhet (-89 derajad celcius) di Stasiun Penelitian Vostok yang berada di tengah lapisan es Antartika Timur sekitar 800 mil (1.300 km) dari Geographic Kutub Selatan. 

Tempat di Antartika terdiri dari 86% es dan sisanya adalah batu yang tandus. Sementara laut di sekitar Antartika banyak di huni oleh Udang Krill, cumi-cumi, ikan dan Anjing Laut. Menurut British Antarctic Survey, tidak ada reptil asli, amfibi atau mamalia lainnya di benua itu.


Sumber:LiveScience 

 
   

 


Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook