BENARKAH PIRAMIDA TERTUA DI DUNIA DITEMUKAN DI KAZAKHSTAN

Benarkah Piramida Tertua Di Dunia Ditemukan Di Kazakhstan  


Piramida Kazakhstan

Mahessa83 - Para ahli arkeologi dari Archaeological Institute Saryarka di Karaganda State University di Kazakhstan berhasil menemukan sebuah makam berbentuk piramida di wilayah Sary-Arka, dekat kota Karaganda, Kazakhstan. 

Piramida yang baru ditemukan ini tergolong kecil. Dengan tinggi 2 meter serta panjang sekitar 14 meter ini dikatakan sebagai Piramida Tertua Di Dunia, Mengalahkan umur Piramida Agung Giza Di Mesir.

Usia tepatnya memang belum dipastikan, Tetapi kemungkinnya piramida ini di bangun pada Zaman Perunggu atau sekitar 3.000 tahun yang lalu atau 1000 tahun setelah orang bangsa Mesir kuno membangun piramida pertama mereka, Piramida Djoser. Jadi piramida yang ditemukan di Kazakhstan bukanlah Piramida Tertua Di Dunia seperti yang diberitakan dibanyak media massa.

"Piramida ini terbuat dari batu, tanah dan lempengan dibagian luarnya,"  kata Novozhenov seperti yang kami lansir dari laman Livescience. Jika ditilik dari segi kontruksinya piramida ini, Arkeologi memperkirakan bahwa piramida tersebut di bangun untuk Raja Kuno atau Pemimpin Klan. 

Sayangnya sebagian ruang pemakaman telah di rampok dan hanya menyisakan sisa-sisa tembikar, pisau dan benda dari perunggu. Namun belum dapat dipastikan ada atau tidaknya sisa-sisa manusia di dalam makam.

Desain makam dengan lima dindingnya yang beberapa cara mirip dengan Piramida Djoser yang dibangun sekitar 4.700 tahun yang lalu di Saqqara, Mesir. Namun Piramida Djoser lebih besar dari piramida yang baru ditemukan di Kazakhstan yaitu memiliki enam lapisan yang ditumpuk diatas satu sama lain untuk membentuk piramida datar.

Hingga saat ini, proses penggalian masih terus berlangsung dan para arkeolog berharap penemuan Piramida Di Kazakhstan dapat memberikan informasi baru tentang Peradaban Begazy-Dandibay yang pernah hidup di Kazakhstan Tengah. 


sumber:LiveScience 
 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook