UNESCO TETAPKAN 8 SITUS WARISAN DUNIA TAHUN 2016

UNESCO Tetapkan 8 Situs Warisan Dunia Tahun 2016  


UNESCO Tetapkan 8 Situs Warisan Dunia Tahun 2016

Mahessa83 - Komite Warisan Dunia UNESCO dalam sidang tahunan ke-40 yang diselenggarakan di Istambul Turki menetapkan 8 Situs Warisan Dunia pada tahun 2016 yang berasal dari Kanada, Chad, China serta satu situs bersama antara Kazakhstan, Kyrgyzstan dan Uzbekistan seperti yang dilansir dari situs resmi whc.unesco.org.

Kedelapan  Situs Warisan Dunia Tahun 2016 tersebut adalah:

1. Hubei Shennongjia, Cina


 Hubei Shennongjia, Cina

Hubei Shennongjia terletak di Provinsi Hubei, Cina. Situs ini terdiri dari dua wilayah Shennongding atau Badong ke barat dan Loujunshan ke arah timur. yang melindungi hutan primer terbesar di Cina Tengah yang tersisa. Hutan ini merupakan habitat dari banyak spesies hewan langka seperti Salamander Raksasa Tiongkok, Monyet Berhidung Pesek , Macan Dahan, Leopard dan Beruang Hitam Asia. 

Hubei Shennongjia adalah salah satu dari tiga pusat keanekaragaman hayati di Cina. Situs ini merupakan tempat penelitian botani bagi dunia internasional sejak abad ke-19.

2. Mistaken Point, Kanada


Mistaken Point, Kanada

Situs fosil Mistaken Point terletak di ujung selatan-timur Pulau Newfoundland, Kanada ini terdiri dari tebing sempit sepanjang 17 kilometer di pantai yang kasar yang berasal dari laut dalam. Tebing ini diperkirakan berasal dari Periode Edicarean (580-560 juta tahun yang lalu) yang mewakili kumpulan tertua dari fosil besar di bumi. 

Fodil-fosil ini menggambarkan titik balik dari sejarah kehidupan di bumi setelah hampir tiga miliar tahun kehidupan bumi berevolusi.

3. Archipielgo de Revillagigedo, Meksiko


Archipielgo de Revillagigedo, Meksiko

Situs Warisan Dunis UNESCO 2016 selanjutnya adalah Archipielgo de Revillagigedo terletak di Samudra Pasifik bagian timur. Kepulauan ini terdiri dari 4 pulau terpencil disekitarnya seperti San Benedicto, Socorro, Ropca Partida dan Clarion. Kepulauan ini merupakan bagian dari puncak gunung berapi yang muncul kepermukaan dari bawah laut. 

Pulau-pulau ini merupakan tempat asli habitat penting bagi hewan-hewan langka liar. Perairan sekitarnya juga banyak terdapat spesies palagis seperti ikan paus, manta ray, lumba-lumba dan juga hiu.

4. Taman Nasional Sanganeb Marine, Dungonab Bay dan Taman Nasional Pulau Mukkawar Marine, Sudan.


Taman Nasional Sanganeb Marine, Dungonab Bay dan Taman Nasional Pulau Mukkawar Marine, Sudan.

Situs ini terdiri dari dua wilayah yang terpisah, Sanganeb adalah wilayah yang terisolasi dengan terumbu karang di pusat Laut Merah dan satu-satunya atol yang berada di 25 kilometer dari garis Pantai Sudan. Wilayah kedua adalah Dungonab Bay dan Pulau Mukkawar yang berada di sekitar 125 kilometer sebelah utara dari bandara Sudan ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 2016 oleh Komite Warisan Dunia UNESCO.

Wilayah ini mencakup sistim yang beraneka ragam dari terumbu karang, mangrove, padan lamun, pantai dan pulau, Situs ini merupakan habitat dari Burung Laut, mamalia laut, ikan, hiu, kura-kura dan ikan pari. Dungonab Bay juga memiliki populasi yang signitifkan akan keberadaan Ikan Duyung.

5. Lut Desert, Iran



Lut Desert, Iran

Lut Desert atau Dasht-e-Lut terletak di selatan-timur negara Iran antara bulan Juni hingga Oktober, daerah kering subtropis ini tersapu oleh angin kencang yang mengangkut sedimen dan menyebabkan erosi Aeolian pada skala yang sangat besar. Akibatnya situs ini menyajikan beberapa contoh paling spektakuler dari bentang alam Yardang Aeolian  (pegunungan bergelombang besar). Tempat ini juga berisi gurun berbatu yang sangat luas dan juga gundukan. Wilayah ini merupakan contoh yang luar biasa dari proses geologi yang sedang berlangsung.

6. Western Tien-Shan, Kazakhstan, Kyrgyzstan dan Uzbekistan.


Western Tien-Shan, Kazakhstan, Kyrgyzstan dan Uzbekistan.

Western Tien-Shan adalah situs transnasional yang terletak di Gunung Tien-Shan salah satu pegunungan terbesar di dunia. Western Tien-Shan berada pada ketinggian 700 hingga 4.503 mdpl. Wilayah ini merupakan rumah bagi keanekaragaman hayati yang sangat kaya. Hal ini penting karena tempat ini pusat dari dunia akan asal sejumlah tanaman buah yang dibudidayakan dan juga merupakan rumah bagi keragaman jenis hutan dan kumpulan tumbuhan yang unik.

7. Landscape Alam dan Budaya Ennedi Massif, Chad


Landscape Alam dan Budaya Ennedi Massif, Chad

Landscape Alam dan Budaya Ennedi Massif terletak di timur laut negara Chad Ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO baru pada tahun 2016. Situs ini adalah batu pasir Ennedi Massif yang telah diukir oleh erosi air dan angin dari waktu ke waktu dan menjadi dataran yang menciptakan ngarai dan lembah yang dapat menyajikan pemandangan spektakuler yang ditandai dengan adanya tebing, lengkungan alami dan juga pasak. Dalam ngarai terbesar kehadiran air yang permanen memainkan peran penting dalam ekosistim di Massif ini yang dapat mempertahankan kehidupan flora dan fauna dan juga kehidupan manusia. Ribuan gambar telah di cat dan diukir dipermukaan batu di dalam gua, lembah dan tempat penampungan yang menyajikan salah satu ansambel terbesar dari seni batu di Sahara.

8. The Ahwar, Irak


The Ahwar, Irak

Situs Warisan Dunia UNESCO kedelapan adalah The Ahwar yaitu tempat perlindungan dari keanekaragaman hayati dari Mesopotamia, Irak. The Ahwar terdiri dari tujuh lokasi yaitu 3 situs arkeologi, daerah rawa empat lahan basah di Irak selatan. Kota-kota arkeologi dari Uruk, Ur dan Eridu adalah situs-situs dari bagian kota Sumeria dan pemukiman yang berkembang di selatan Mesopotamia antara 4 hingga 3 SM di Delta Berawa di Sungai Tigris dan Sungai Efrat.

The Ahwar di selatan Irak juga dikenal sebagai Marshlands Irak sebagai salah satu sistim Delta pedalaman terbesar di dunia dengan lingkungan yang sangat panas dan gersang.             
  
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook