UKIRAN HIEROGLIFT MISTERIUS DITEMUKAN DIMAKAM KERAJAAN MAYA

Ukiran Hieroglift Misterius Ditemukan Dimakam Kerajaan Maya  


Ukiran Hieroglift Misterius Ditemukan Dimakam Kerajaan Maya

Mahessa83 -Para arkeolog berhasil menemukan Ukiran Hieroglift Misterius disebuah Makam Kerajaan Maya Kuno Xunantunich di Belize Barat. Menurut arkeolog mereka adalah penguasa dinasti yang masih misterius yang menguasai sebagian besar dunia Maya Kuno pada 1.500 tahun yang lalu. Penemuan ini diharapkan bisa mengungkap sebuah bab baru dalam kisah Dinasti Ular yang sempat berkuasa.

Di situs ini, para arkeolog telah menemukan Panel Hieroglif, Kunci dari salah satu kota yang hilang yang setia kepada Dinasti Ular dan mengungkapkan dinasti yang berkuasa sebelumnya yang tidak pernah diketahui.

Makam yang ditemukan oleh para peneliti ini merupakan makan terbesar yang dapat ditemukan di Belize di reruntuhan Xunantunich, sebuah kota di dekat Sungai Mopan yang merupakan tempat pusat upacara yang berjaya antara  600-890 AD yang didalamnya terdapat sisa-sisa anggota laki-laki misterius dari keluarga Kerajaan Xunantunich yang meninggal pada usia sekitar 20-30 tahunan. Bentuk jasad ini sangat atletis dan berotot. Tubuhnya diletakkan terlentang dilantai makam dengan kepala menghadap arah selatan.

Ukiran Hieroglift Misterius Ditemukan Dimakam Kerajaan Maya

Disamping tubuhnya ditemukan bejana dari keramik, kalung batu giok, pisau batu dan tulang jaguar dan rusa. Para peneliti juga menemukan tiga buah hieroglift di sisi-sisi tangga menuju puncak candi yang berisi makam.

Hieroglif-hieroglift ini diperkirakan bagian dari tangga yang pada awalnya didirikan di Caracol sekitar 42 kilometer sebelah selatan dari Xunantunich.

Menurut Dr. Jaime Awe, Seorang antropolog dari Northem Arizona University yang memimpin tim penggalian mengatakan,"Teks pada dua panel hieroglift dari Prasasti Maya ini sangat menarik di Eropa dan Amerika,"

"Prasasti Maya merupakan Hieroglift Tangga yang dikirim oleh penguasa K'an II di Caracol untuk mengingatkan kekalahannya dari  Naranjo,"

"Beberapa tahun kemudian sekitar 680 AD, Naranjo dapat mengalahkan Caracol sebagai bagian dari balas dendam, Aanak tangga Hieroglift ini diyakini telah dibongkar dan dihapus untuk Naranjodimana kemudian ia kembali berkumpul"

Namun nampaknya saat panel-panel hieroglift itu kembali dan berkumpul lagi ke Naranjo terlihat berantakan dan ada beberapa bagian yang hilang.

Beberapa ahli percaya ini dilakukan secara sengaja oleh orang-orang dari Naranjountuk memutar balikan sejarah saingan mereka.

Para peneliti telah menemukan salah satu panel Hieroglift yang hilang di sebuah situs didekat Sungai dari Xunantunich yang disebut Ucanol dan sebagian lagi ditemukan di Caracol.

Dr. Awe juga mengatakan Hieroglift yang ditemukan diluar makam Xunantunich diperkirakan untuk mewakili dua hieroglift yang hilang. 

Dia juga mengatakan bahwa, "Ada kemungkinan bahwa Xunantunich telah dibantu oleh sekutunya Naranjo dalam mengalahkan Caracol dan Hieroglift ini mewakili  rampasamn perang,"    

Ini berarti individu mereka ditemukan terkubur dengan panel yang mungkin telah memainkan peran kunci dalam kemenangan melawan Caracol sebagai sekutu Naranjo yang pada saat itu Naranjo telah berkhianat kepada Dinasti Ular yang terkenal yang berpusat di Calakmul. Dinamakan Dinasti Ular karena lambang-lambang yang terkait dengan ular-ular kepada para penguasanya.

Ukuran makam, lokasi candi, barang dikuburan yang menyertainya dan bahan budaya lain yang terkait dengan bangunan ini sangatlah mungkin salah satu tempat penguasa berada.

Dr. Christophe Helmke, seorang pakar efigrafi dari University of Copenhagen yang merupakan bagian dari tim mengatakan, "Pada Hieroglift ini juga mencatat kematian Ibu Tuhan K'an yang disebut Lady Batz 'EK'

Lokasi Ukiran Hieroglift Misterius Ditemukan Dimakam Kerajaan Maya

Dia menambahkan Hieroglift  juga mengungkapkan adanya Kerajaan Maya yang sebelumnya tidak diketahui bahwa mereka juga merupakan bagian dari Dinasti Ular bernama Qaxaklajuum Ubaah Kan yang telah memerintah antara tahun 630 - 640 AD.

Meskipun Dinasti Ular memerintah dari Calakmul di Mexico selama masa Late Klasik, akan terlihat bahwa Dinasi Ular memiliki asal-usul di tempat lain. Dengan Waxaklajuum Ubaah Kan yang mungkin sebagai raja terakhir di bekas ibukota Dzibanche.

Para peneliti juga berharap untuk melakukan penelitian DNA untuk mengungkap misteri tentang orang yang terkubur dengan Hieroglift yang hilang untuk menentukan apakah ia memiliki hubungan dengan Dinasti Ular.

Menurut para para peneliti, Makam yang ditemukan disitus inisangat tidak biasa dalam arsitektur Maya Kuno. Makam ini memiliki panjang 4,5 meter dengan lebar 2,4 meter. Dr. Awe menambahkan candi disekitar makam tampaknya telah dibangun khusus untuk menahan tubuh penguasa. sesuatu yang lebih umum di Piramida Mesir Kuno dari budaya Maya Kuno.

Dr. Awe juga mengatakan, "Makam yang ditemukan ini merupakan salah satu ruang pemakamn terbesar yang pernah ditemukan di Belize.

Penggalian makam  situs yang dilakukan bersama Belize Institute of Archaelogy dan Northrm Arizona University ini didanai oleh Tilden Family Foundation of San Franceso.

Para peneliti berharap Hieroglift ini dapat membantu mengungkap asal-usul dari Dinasti Ular yang telah berkuasa di wilayah tersebut.


sumber:DailiMail

 
   
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook