7 PENEMUAN ARKEOLOGI PALING MENAKJUBKAN DARI MESIR

7 Penemuan Arkeologi Paling Menakjubkan Dari Mesir  


7 Penemuan Arkeologi Paling Menakjubkan Dari Mesir

Mahessa83 - Mesir merupakan sebuah negara yang sebagian wilayahnya yang seluas 997.739 kilometer persegi terletak di Afrika bagian timur laut terkenal dengan Peradaban Kuno dan beberapa monumen kuno termegah di dunia yang sangat menakjubkan di Mesir seperti Makam Para Raja, Piramida Giza, Kuil Karnak, Lembah Para Raja, Papirus Injil dan Mantra Sihir atau Kuil Ramses. Mesir juga banyak menyimpan kekayaan sejarah yang sangat luas dengan cerita-ceritanya yang menarik. Para arkeolog terus mencari untuk menemukan situs-situs dan artefak yang banyak tersimpan di tanah Mesir. 

Seperti di Luxor, sebuah kota di wilayah selatan terdapat kira-kira artefak kuno yang mencakup sekitar 65% artefak kuno di seluruh dunia.

Berikut 7 Penemuan Arkeologi Paling Menakjubkan Dari Mesir yang Kami lansir dari laman LiveScience.

1. Penemuan Makam Raja Tutankhamun


Penemuan Makam Raja Tutankhamun

Makam Raja Tutankhamun di Mesir yang ditemukan di Lembah Para Raja adalah Penemuan Arkeologi paling terkenal yang pernah ditemukan. Situs ini ditemukan pada tahun 1922 oleh sebuah tim yang dipimpin oleh Howard Carter. Makan ini berisi banyak harta yang sangat fantastis termasuk juga Topeng Tutankhamun.

Carter menemukan makam ini pada 26 November 1922. Ia menulis dalam buku hariannya tentang keindahan makam ini dengan benda-benda yang sangat luar biasa indah tertumpuk antara yang satu dengan yang lainnya.

Raja yang masih anak-anak seperti Tutankhamun yang kadang-kadang disebut meninggal pada usia remaja. Analisis pada jenazahnya menunjukkan bahwa tubuhnya menderita berbagai macam penyakit serta menggunakan tongkat untuk berjalan. Ia mulai memerintah Mesir pada 1332-1322 SM berusaha untuk mengembalikan agama tradisional politeistik Mesir yang mengutamakan Aten sebagai Dewa Matahari. 

2. Penemuan Batu Rosetta


Penemuan Batu Rosetta

Berasal dari 196 SM, Batu Rosetta adalah berisi Surat Perintah dari Dewan Iman yang menegaskan bahwa hak Firaun Ptolemy V (yang berusia 13 tahun ketika itu) untuk memerintah Mesir merupakan salah satu Penemuan Arkeologi Paling Menakjubkan di Mesir..

Yang membuat Batu Rosetta ini sangat luar biasa dan salah satu Penemuan Arkeologi paling Menakjubkan Dari Mesir adalah keputusan tersebut dibuat dalam tiga bahasa seperti Dieroglift, Demotik dan Yunani. Ketika batu tersebut ditemukan pertama kali pada tahun 1799 hanya Bahasa Yunani yang dikenal. tetapi karena tulisan Yunani dikomunikasikan dengan keputusan yang sama dengan dua bahasa lain, itu dapat membantu para ilmuwan untuk menguraikannya. Hal ini memungkinkan tulisan Hieroglift dan Demotik dapat untuk di baca.

Seperti Anda ketahui bahwa Batu Rosetta ditemukan dalam sebuah ekspedisi militer yang dipimpin oleh Napoleon pada tahun 1799. Inggris kemudian mengambil batu tersebut yang kemudian disimpan di Museum Inggris hingga sekarang. Mesir telah meminta kepada Inggris untuk mengembalikan batu tersebut ke Mesir.

3. Oxyrhynchus Papirus


Oxyrhynchus Papirus

Arkeolog Bernard Grenfell dan Arthur Hunt menemukan lebih dari 5.000 fragmen prapyrus  antara tahun 1896 - 1907 yang berasal dari sekitar 1.800 tahun yang lalu di reruntuhan disebuah kota kuno Oxyrhyncus, Mesir selatan yang berkembang pada saat Kekaisaran Romawi yang menguasai Mesir. Kondisi kota yang kering menunjukkan bahwa papyrus digunakan oleh penduduk bertahan hidup hingga 2.000 tahun lamanya.

Papyrus yang ditemukan ini termasuk kitab injil ummat Kristen, mantra sihir hingga kontrak untuk pertandingan gulat.

4. Piramida Di Giza


Piramida di Giza

Sejak tahun 1988, Tim arkeolog dari AERA (Ancient Egypt Research Associates) telah menggali sebuah kota di dekat Piramida Menkaure di Dataran Tinggi Giza. Piramida Menkaure untuk Firaun yang memerintah dari sekitar 2490 - 2472 SM ini adalah Piramida terakhir yang di bangun di Giza. 

Penemuan yang dibuat di kota ini termasuk markas untuk para tentara, rumah dinas bagi pejabat senior dan port untuk menginpor barang. Penemuan disini memberikan banyak informasi tentang orang-orang yang membangun piramida, logistik, kontruksi piramida serta bagaimana cara memberi makan orang-orang yang membangun piramida.

5. Makam KV5


Makam KV5

Pada tahun 1995, penggalian di KV5 mengungkapkan bahwa ini adalah makam terbesar yang pernah di bangun di Lembah Para Raja. Di situs ini para arkeolog berhasil menemukan 121 koridor dan ruang di dalam kubur. 

Para peneliti mengatakan bahwa makam itu diperuntukan buat anak-anak Firaun Ramses II pada 1279 -1213 SM.

Di Makam KV5 sedikitnya telah dimakamkan enam anak kerajaan karena ada lebih dari 20 pernyataan dari anak di ukir di dinding yang mungkin ada banyak anak-anak yang dimakamkan ditempat ini, kata arkeolog dari Theban Mapping Project.

6. The Silver King


The Silver King

Penemuan Arkeologi Paling Menakjubkan Di Mesir terjadi pada tahun 1939, arkeolog Piere Montet menemukan makam Psusennes I, Firaun yang memerintah Mesir sekitar 3.000 tahun yang lalu di Tanis, sebuah kota di Delta Nil. Firaun ini dimakamkan di peti mati yang terbuat dari perak dan dikuburkan mengenakan topeng yang terbuat dari emas. 

Karena kelembaban Delta Nil, beberapa barang di makam tidak dapat bertahan lama. Namun Guci Kanopik (digunakan untuk menyimpan beberapa organ) dan patung-patung shabi (yang maksudnya untuk melayani raja di akherat) juga ditemukan. Karena makam ini ditemukan pada saat terjadinya Perang Dunia II, Maka penemuan makam ini hanya menerima perhatian kecil dari media.

7. Penemuan Papirus Pembangunan Piramida  



Pada tahun 2013 lalu, Tim arkeologi yang dipimpin oleh Pierre Tallet dan Gregory Marouard mengumumkan telah menemukan pelabuhan kuno di sepanjang Laut Merah yang berasal dari 4.500 tahun yang lalu pada masa pemerintahan Firaun Khufu.  Diantara penemuan tersebut terdapat Papirus yang membahas pembangunan Piramida Agung Giza, Piramida besar yang pernah dibangun.

Papirus mengatakan bahwa batu kapur yang digunakan pada dinding luar dari Piramida Agung Giza dikirim dari sebuah tambang di Turah yang dikirim ke Giza melalui Sungai Nil dalam sebuah rangkaian kanal. Perjalanan satu perahu dari Turah ke Giza membutuhkan waktu sekitar empat hari.

Papirus ini juga menjelaskan berapa lama Firaun Khufu menguasai Mesir serta mengungkapkan aturan pada tahun 27 yang menunjuk seorang wazir (menteri)  bernama Ankhhaf untuk bertanggung jawab atas pembangunan kontruksi Piramida Agung Giza.   

Dengan banyaknya Penemuan Arkeologi Paling Menakjubkan Dari Mesir ini, Tidak salah jika Mesir diakui secara luas sebagai Pusat Budaya dan Politik utama di wilayah Arab dan Timur Tengah.  

  
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook