APA AIR TERJUN TERTINGGI DI DUNIA?

Apa Air Terjun Tertinggi Di Dunia? 


"Saat ini Air Terjun Angel menjadi tempat wisata paling terkenal di Venezuela"

Air Terjun Tertinggi Di Dunia

Mahessa83 - Air Terjun Tertinggi Di Dunia adalah Air Terjun Angel setinggi 979 meter dengan jatuh tanpa hambatan setinggi 807 meter di Taman Nasional Canaima, Rio Caroni, Venezuela yang ditemukan secara resmi oleh penerbang Amerika Serikat, James Crawford Angel yang sedang mencari lokasi tambang emas pada tahun 1936 sehingga air terjun ini dinamakan Air Terjun Angel untuk mengenang namanya. 

Sementara penduduk setempat yang dihuni oleh Suku Indian Pemon menyebut air terjun ini sebagai "Auyan-tepui" yang artinya "Gunung Setan". Nama tersebut diambil karena banyak pendaki yang ingin menaklukan gunung tersebut tidak pernah kembali lagi hingga Suku Indian Pemon percaya mereka telah diambil oleh penguasa sungai setempat.

Saat ini Air Terjun Angel menjadi tempat wisata paling terkenal di Venezuela, Meskipun untuk mencapai air terjun ini cukup sulit yaitu harus menggunakan pesawat dari Puerto Ordaz atau Ciudad Bolivar menuju Cainama Camp. Dari sini perjalanan dilanjutkan dengan menelusuri arus sungai Chuhum, Gauja dan Carrao  yang mengaliri air terjun dengan menggunakan kano selama sekitar 3 hari untuk mencapai Air Terjun Tertinggi Di Dunia ini. 

Seperti Anda ketahui bahwa Air Terjun Angel merupakan Air Terjun Tertinggi Di Daratan, Namun secara teknis Air Terjun Tertinggi Di Dunia berada dibawah permukaan laut antara Greenland dan Islandia atau Air Terjun Selat Denmark yang tingginya tiga kali lebih tinggi dari Air Terjun Angel. Air Terjun Bawah Laut tersebut memiliki ketinggian 3.505 meter dibawah permukaan laut.

Air terjun bawah laut ini terbentuk dari perbedaan suhu air disetiap sisinya di Selat Denmark. Ketika dingin, air lebih padat dari timur dan menjadi hangat. sementara air lebih ringan dari arah barat, air dingin mengalir kebawah dan menjadi hangat ketika berada dibawah.

Air Terjun di Selat Denmark juga merupakan air terjun terbanyak dalam hal volume. Membawa 175 juta kubik (5 juta meter kubik) air. Penentuan tinggi air terjun bawah laut ini memang cukup rumit karena tidak ada standart universal untuk membuktikan apa yang disebut air terjun bawah laut.

Beberapa air terjun terdiri dari satu penurunan dengan jeram yang lebih lembut sementara yang lainnya terdiri dari dua penurunan seperti Air Terjun Angel. 

Sementara air terjun terderas dengan volume air terbanyak ada di Air Terjun Inga yang meluncur deras dari Sungai Kongo dengan volume terbesar lebih dari 46 juta liter dari aliran Sungai Kongo yang terjun ke Air Terjun Inga setiap detiknya. 

Untuk air terjun dengan volume air terbesar adalah Air Terjun Khone setinggi 14 meter yang berada diperbatasan antara Laos dengan Kamboja. Air terjun ini menumpahkan air sebanyak 9,5 juta liter dari Sungai Mekong setiap detiknya. Aliran Air Terjun Khone hampir dua kali lipat volumenya dengan Air Terjun Niagara. 

Nah itulah Air Terjun Tertinggi Di Dunia yang menjadi miliki Air Terjun Angel yang berada di Taman Nasional Canaima, Venezuela. Semoga dapat bermanfaat buat kita semua.


sumber: LiveScience

     
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook