POHON TERTINGGI DI DUNIA DITEMUKAN DI HUTAN BORNEO

Pohon Tertinggi Di Dunia Ditemukan Di Hutan Borneo


"Pohon ini mengalahkan rekor pohon tertinggi dunia sebelumnya setinggi 88,3 meter"

Meranti Kuning pohon tertinggi di dunia

Mahessa83 - Dengan menggunakan alat pemindai LIDAR scanner para ilmuwan dari University of Canbridge berhasil menemukan sebuah pohon setinggi 89,5 meter atau hampir sama dengan tinggi Menara Big Ben di Hutan Borneo yang dikenal sebagai "Sabah Dunia Yang Hilang" kawasan Konservasi Maliau Basin, salah satu hutan belantara yang belum tersentuh di Hutan Borneo. 

Pohon yang bernama Meranti Kuning (shorea faguetiana). Dengan demikian Pohon Meranti Kuning yang baru ditemukan ini menjadi Pohon Tertinggi Di Dunia mengalahkan rekor sebelumnya yaitu pohon yang sama setinggi  88.3 meter di Taman Nasional Perbukitan Tawau, Sabah.

Mengukur ketinggian pohon adalah salah satu cara yang sulit untuk dilakukan. Namun tidak bagi Unding Jami, seorang pendaki pohon. Dengan keahliannya Ia mengukur ketinggian pohon dari puncak pohon dengan menggunakan pita dan mengirimkan SMS ke seluruh anggota tim yang ada dibawahnya. Namun Dia tidak punya waktu banyak diatas puncak pohon untuk mengambil gambar yang banyak dengan menggunakan kamera karena ada seekor burung elang dan lebah yang terus menyerangnya.  

Dr. Coomes salah seorang peneliti mengatakan, "Pohon ini biasanya tumbuh di daerah tropis beriklim sedang seperti kayu merah raksasa yang dapat tumbuh tinggi antara 30 meter hingga 90 meter dan tidak ada yang tahu mengapa hal ini bisa terjadi," seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa, (7/6/2015).

Pada awalnya tim menemukan pohon ini dengan menggunakan LIDAR scanner, Suatu alat yang dapat menghasilkan gambar 3D secara rinci di Hutan Hujan tersebut dalam radius ratusan kilometer persegi. Pohon Meranti Kuning adalah salah satu pohon langka yang terancam punah jika tidak benar-benar dilestarikan.

Sementara Pohon tinggi dan Besar lainnya yang dapat tumbuh sangat tinggi dan bertahan lama adalah Redwood California. Pohon-pohon besar ini sangat penting untuk menjaga kesehatan hutan dan ekologinya. Tetapi keberadaan mereka memang sulit untuk ditemukan dan dipantau secara teratur tanpa menggunakan alat LIDAR.

Meranti Kuning (shorea faguetiana) bermarga shorea yang beranggotakan sekitar 194 spesies. Pohon ini tumbuh menyebar terutama di wilayah Asia Tenggara ke barat hingga Srilangka dan India Utara. Pohon ini banyak tumbuh di Hutan Borneo yang juga pusat keragaman marga shorea. Sebanyak 138 spesies dapat ditemukan di Hutan Borneo dan 91 diantaranya bersifat endemik.

Terima kasih telah membaca artikel Pohon Tertinggi Di Dunia Di Temukan Di Hutan Borneo. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.


sumber: DailyMail

 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook