4 FESTIVAL BUDAYA UNTUK MENGISI LIBURAN LEBARAN ANDA

4 Festival Budaya Untuk Mengisi Liburan Lebaran Anda  


Selain berlibur ke tempat-tempat wisata alam pantai atau wisata buatan, Anda juga bisa merayakan hari Lebaran bersama keluarga ke beberapa Festival Budaya yang waktunya memang sangat berdekatan dengan Lebaran.

4 Festival Budaya Untuk Mengisi Liburan Lebaran Anda

Mahessa83 -Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri merupakan hari yang ditungu-tunggu oleh ummat muslim dari seluruh dunia. Hari Lebaran selalu dirayakan setiap tahunnya setelah sebulan lamanya ummat muslim mejalankan Ibadah Puasa di bulan Ramadhan. Selain sebagai ajang bermaaf-maafan dengan keluarga, tetangga atau kerabat, Lebaran juga dijadikan sebagai moment yang tepat untuk pergi ke tempat-tempat wisata untuk mengisi waktu libur.

Selain berlibur ke tempat-tempat wisata alam, wisata pantai atau wisata buatan, Anda juga bisa merayakan hari Lebaran bersama keluarga ke beberapa Festival Budaya yang waktunya memang sangat berdekatan dengan waktu Lebaran seperti Festival Layang-Layang Di Bali, Festival Danau Kelimutu Di Lombok, Festival Upacara Adat Yadnya Kasada Bromo.

Berikut Festival Budaya Untuk Mengisi Liburan Lebaran yang siap menghibur Anda dan keluarga.

1. Festival Danau Sentani, Papua


Festival Danau Sentani

Festival Danau Sentani 2016 akan diselenggarakan pada tanggal 19-23 Juni 2016. Dengan tema "One in Diversity for Greatness" yang artinya Satu Dalam Keanekaragaman Untuk Kejayaan". Festival ini akan mempertunjukkan aneka seni dan budaya Papua serta diramaikan oleh pameran kreatif dan hasil bumi khas Papua seperti kerajinan kulit kayu, batik papua, produk olahan cokelat, kopi, sagu dan buah merah.

Selain itu juga akan diadakan beberapa lomba tradisional masyarakat Papua seperti Suling Tambur, Sosio Drama, Folk Song, Dayung perahu laki-laki (IFA), Dayung Tradisional Beregu Putra dan Putri, Panahan Tradisional Putra, Tari Kreasi Baru serta Tour Wisata di Danau Sentani Overland Tour dan Diplomatic Tour bagi para pengunjung Danau Sentani.     

2. Festival Layang-Layang, Bali


Festival Layang-Layang Bali

Buat Anda yang ingin ke Bali mengisi liburan saat Lebaran, Festival Layang-Layang Bali  atau Bali Kite Festival merupakan moment tahunan yang layak Anda saksikan di Bali. Festival ini akan di selenggarakan pada musim angin sekitar tanggal 3-5 Juli 2016 di Pantai Padanggalak, Sanur.

Di sini Anda dapat menyaksikan beberapa jenis layangan khas Bali beraksi seperti Layang-layang Bebean (berbentuk ikan), Janggan (berbentuk burung), Pecukan (berbentuk daun) serta layang-layang kreasi baru lainnya yang panjangnya mencapai 4-10 meter. Sementara layangan Janggan bisa memiliki panjang ekor hingga 200 meter yang biasanya di desain dengan warna hitam, merah atau putih khas layang-layang tradisional Bali.
 

3. Festival Danau Kelimutu, Flores


Festival Danau Kelimutu

Festival Danau Kelimutu akan diselenggarakan berdekatan dengan Harai Raya Lebaran. Selain dapat menyaksikan keindahan tiga danau warna kelimutu, Anda juga diajak untuk menyaksikan berbagai acara atraksi budaya, pameran perdagangan dan industri kreatif. Acara ini akan diselenggarakan sekitar bulan Juli-Agustus 2016 di Desa Moi, Kabupaten Ende, Flores.

Festival akan dibuka dengan ritual Pata Ka Du'a Bapu Ata Matadari dari kelompok etnis Lio. Etnis ini percaya bahwa Danau Kelimutu merupakan tempat peristirahatan terakhir bagi jiwa yang telah mati. 

Dalam ritual ini akan disajikan berbagai jenis makanan yang dipersembahkan untuk para leluhur yang secara umum festival ini digelar dengan tujuan untuk berdoa meminta berkat kesejahteraan, kesehatan dan kehidupan yang lebih baik.  

4. Festival Upacara Adat Yadnya Kasada Bromo Tengger


Festival Upacara Adat Yadnya Kasada Bromo

Buat Anda yang ingin menyaksikan Festival Upacara Adat Yadnya Kasada Bromo 2016 akan dilaksanakan pada tanggal 20 Juli - 21 Juli 2016 di Pura Luhur Poten di Lautan Pasir Bromo dekat Kaki Gunung Bromo.  Jadi jangan lewatkan momen tahunan yang sangat menarik ini bersama-sama dengan ribuan wisatawan lainnya untuk menyaksikan uniknya Budaya Suku Tengger serta menyaksikan keindahan panorama Gunung Bromo.

Upacara Adat Yadnya Kasada adalah upacara adat Suku Tengger yang dilakukan setiap tahun yaitu ketika sudah memasuki bulan Kasada dan tepatnya pada hari ke-14. Upacara ini berupa pemberian sesajen untuk sesembahan Sang Hyang Widhi dan para leluhur Suku Tengger.

Upacara Adat Yadnya Kasada Suku Tengger ini akan dilaksanakan pada tengah malam dan selesai pada dini hari. Pada acara ini Masyarakat Suku Tengger akan melemparkan sesajen berupa hasil panen seperti sayuran, buah-buahan atau hewan ternak ke Kawah Gunung Bromo. 

Nah itulah 4 Festival Budaya Untuk Mengisi Liburan Lebaran Anda selain melaksanakan acara silahtuhrami bersama keluarga.   


 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook