10 TANK TERBAIK DARI PERANG DUNIA II

10 Tank Terbaik Dari Perang Dunia II  


Mahessa83 | Walaupun kemunculan tank telah dimulai dalam Perang Dunia I, Namun baru dalam Perang Dunia II Tank menjadi mesin pembantaian massal yang sesungguhnya. Mereka memainkan peranan yang sangat penting dalam kekuatan sekutu selama perang. Sebagian negara memproduksi tank dan produksi naik setiap bulannya. Kekuatan sekutu seperti Amerika Serikat, Inggris, Perancis, italia dan juga Jerman, Jepang menghasilkan sejumlah besar tank sebelum dan selama Perang Dunia II berlangsung. 

Berikut kami tampilkan daftar 10 Tank Terbaik Dari Perang Dunia II dan Tank Perang Dunia II yang pernah ada yang kami lansir dari laman wonderlist.com.

10. M4 Sherman Tank (Amerika Serikat)

Tank Terbaik Dari Perang Dunia II

M4 Sherman Tank merupakan salah satu Tank Terbaik Dari Perang Dunia II dalam daftar 10 kami. Tank ini merupakan tank kedua yang paling banyak diproduksi saat berlangsungnya Perang Dunia II. Hal ini terutama disebabkan oleh program pinjaman-pinjaman Amerika Serikat yang memberi bantuan militer untuk negara-negara sekutunya. 

M4 Sherman Tank diklarifikasi sebagai tank kelas menengah dengan memiliki senapan rata-rata 75 mm dengan 90 lepasan peluru dan memiliki armor yang relatif tipis (76 mm). dibandingkan tank lainnya di era tersebut.

Diperkenalkan pada tahun 1941, Sherman dinamai sesuai dengan perang saudara Amerika Serikat yang terkenal William T. Sherman. M4 Sherman Tank ditempatkan dalam berbagai pertempuran dari tahun 1942 hingga tahun 1945. Ada sekitar 50 ribu M4 Sherman Tank yang diproduksi selama periode tersebut.

9. Sherman Firefly (Inggris)

Tank Terbaik Dari Perang Dunia II

Sherman Firefly adalah salah satu Tank Terbaik Dari Perang Dunia II buatan Inggris yang dilengkapi dengan pistol anti tank seberat 15 pound, yang dapat menambah kekuatan lebih dari senapan utama Sherman 75 mm. Dengan ketebalan 17 membuat tank ini mampu melumpuhkan tank panser yang dikenal. Tank ini dikatakan sebagai salah satu Tank Paling Mematikan dari Perang Dunia II yang pernah diproduksi. Firefly adalah salah satu tank yang paling ditakuti oleh Nazi Jerman.

Total produksi tank ini mencapai 2.000 unit pada akhir tahun 1945 yang menandai berakhirnya Perang Dunia II.

8. Panser 4 (Jerman)

Tank Terbaik Dari Perang Dunia II

Panser 4 adalah salah satu Tank Jerman paling banyak diproduksi dan digunakan selama Perang Dunia II. Tank ini dipersenjatai dengan senapan utama 75 mm yang bisa menghancurkan Tank 34 Soviet dari jarak 1.200 meter.

Meskipun pada awalnya tank ini diproduksi sebagai tank pendukung infanteri, Namun pada akhirnya dapat mengambil peran Panser 3 yang merupakan model yang lebih tua dan mulai terlibat dalam pertempuran murni sebagai tank tempur utama. Tetapi kemudian tank ini dapat dihancurkan oleh oleh tank Soviet dan sekitar lebih 6.000 tank Panser 4 hancur oleh Soviet dari Moskow ke Berlin.

7. T-34 (Uni Soviet)

Tank Terbaik Dari Perang Dunia II

Tank legendaris ini merupakan tank produksi tertinggi di Perang Dunia II dan tertinggi kedua yang diproduksi sepanjang masa. Sekitar 84.000 dibangun oleh Uni Soviet dan salah satu tank terpanjang yang pernah diproduksi. Banyak unit yang masih beroperasi dijalankan di Afrika dan Asia.

Popularitasnya sebagian disebabkan oleh lapis baja setebal 45 mm miring tebal yang tahan terhadap senapan utama Panzer 4.  T 34 juga cepat bermanuver dan juga tangguh. 

6. MK V Panther (Jerman)

Tank Terbaik Dari Perang Dunia II

MK V Panther adalah tank Jerman yang memasuki medan perang pada tahun 1943 dan tetap beroperasi sampai akhir Perang Dunia II.  Sebanyak 6.334 unit tank dibangun dengan kecepatan 34 mph dan armor seberat 20 mm dengan memiliki senjata utama 75 mm dengan kecepatan 79 sampai 82 HE yang cukup kuat untuk melumpuhkan tank sekutu saat itu yang secara teknis lebih unggul dari Tank Tiger dan Panzer 4.

Meskipun kemudian kalah jumlah oleh banyak anggota Soviet T.34, Tetapi MK V Panther tetap menjadi pejuang yang kuat sampai akhir perang.

5. Comet IA 34 (Inggris)

Tank Terbaik Dari Perang Dunia II

Comet IA 34 adalah salah satu tank tempur paling kuat dari Inggris dan merupakan Salah satu Tank Terbaik Dari Perang Dunia II. Memiliki senapan utama berkapasitas 77 mm bertenaga tinggi yang merupakan variasi singkat dari pistol seberat 17 pon. Armos kuat berukuran 101 mm.

Tank Comet IA 34 tidak menimbulkan dampak yang signitifkan karena terlambat masuk dan memasuki medan perang sekitar tahun 1944 ketika orang-orang Jerman telah mundur. Comet IA 34 memasuki pertempuran setelah menyeberangi Sungai Rhein. Tetapi selama periode singkatnya pelayanannya terbukti menjadi mesin perang yang efisien dan handal.

Baca Juga : 10 Helikopter Termahal Di Dunia

4. Tiger I (Jerman)

Tank Terbaik Dari Perang Dunia II

Diperkenalkan pada tahun 1942, Tiger I adalah kendaraan berat Jerman dengan senapan utama 88 mm yang dapat menghancurkan dengan 92-120 putaran yang berhasil melawan target udara dan darat. Penunjukkan Jerman untuk tank ini adalah Panzerkampfwagen Tiger Ausf. E tetapi disebut Tiger oleh sekutu.

Tank ini memiliki kecepatan tertinggi 38 km per jam dan dijaga oleh 25 sampai 125 mm armor datar. Walaupun sempat mengalami masalah teknis sampai akhir tahun 1942, Tetapi tank ini bisa bangkit dan berhasil mengalahkan musuh-musuhnya dan menjadi mesin berburu paling kejam pada tahun 1943.

Tiger I adalah mesin yang menakutkan yang menyebabkan sekutu menciptakan tank yang lebih baik. Tank ini melambangkan kekuatan dan kekuatan mesin perang Nazi sampai pertengahan tahun 1944. Tidak ada mesin perang sekutu yang memiliki kekuatan untuk menghadapi Tank Tiger I secara langsung dalam pertempuran.

Tapi selama bagian akhir Perang Dunia II, Tiger I sering ditantang oleh tank-tank Soviet Sherman Firefly dan IS 2 Soviet.

3. IS 2 Losif Stalin Tank (Uni Soviet)

Tank Terbaik Dari Perang Dunia II

IS 2 Losif Stalin Tank buatan Soviet ini dipasang dengan senjata utama 122 mm dan memiliki ban ketebalan 120 mm. Armada depan ini terbukti tak tertembus senjata anti tank 88 mm buatan Jerman pada suhu 1000 m. Produksi pertama dimulai pada tahun 1944 dengan total 2.252 unit tank dengan 50% IS - IS baru dibangun.

Selama pertempuran di Berlin, Tank IS 2 digunakan untuk menghancurkan seluruh bangunan Jerman dengan putaran peledak tinggi yang dilontarkan dari senapan utama.

2. M26 Pershing Tank (Amerika Serikat)

Tank Terbaik Dari Perang Dunia II

M26 Peshing Tank adalah kendaraan berat buatan Amerika Serikat yang memasuki medan tempur sedikit terlambat pada Perang Dunia II. Diperkenalkan pada tahun 1944 dengan produksi 2.212 unit, Pershing adalah model yang lebih canggih dibandingkan dengan Tank Sherman dengan profil yang lebih rendah dan track yang lebih besar sehingga membuatnya lebih stabil.

Senjata utama mencapai berat 90 mm dengan 70 rondedan cukup untuk menembus dan menghancurkan Tank Tiger I dan memiliki kekuatan untuk menghadapi apapun yang bisa dilakukan oleh orang Jerman atau Jepang. Hanya 20 tank yang beraksi di Eropa dengan hanya sedikit dikirim ke Okinawa, Jepang.  

Setelah berakhirnya Perang Dunia II, M26 Pershing Tank ikut ambil bagian dalam Perang Korea dan terus berfungsi sebagai tank yang ganas untuk Amerika Serikat. 

1. Jagdpanther (Jerman)

Tank Terbaik Dari Perang Dunia II

Jagdpanther adalah salah satu Tank Terbaik Dari Perang Dunia II dan menjadi salah satu Tank Paling Mematikan di Perang Dunia II. Tank ini memulai aksinya pada tahun 1943 hingga tahun 1945, Ia dipersenjatai oleh senjata utama 88 mm dengan 57 tembakan dan memiliki pelindung depan 100 mm untuk melindungi awak tank. Senapan utama dapat meluncur akurat sejauh 3.000 meter dengan kecepatan mencapai 1000 meter per detik.

Selama perang berlangsung, Hanya 415 unit tank yang diproduksi. Tank ini terlihat memulai aksi pertamanya pada tanggal 30 Juli 1944 di dekat St. Martin de Bois, Perancis dan dapat menghancurkan 11 Tank Churchill dalam 2 menit saja.

Keunggulan teknis dan daya yang tinggi menimbulkan banyak dampak pada perang pendahulunya sehingga tidak berlebihan jika Jagdpanther berada pada urutan pertama sebagai Tank Terbaik Dari Perang Dunia II dalam daftar kami.  

Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook