10 ATLET PALING TERKENAL DI OLIMPIADE KUNO

10 Atlet Paling Terkenal di Olimpiade Kuno  


Mahessa83 | Setiap atlet pasti bermimpi untuk ikut berpartisipasi dalam ajang Olimpiade. Tak ayal acara yang paling bergengsi di bidang olahraga di seluruh dunia dengan sejarahnya yang panjang. Acara pertama Olimpiade secara tradisional  dimulai pada 776 SM yang diadakan di Olympia, Yunani.

Olimpiade Kuno sangatlah berbeda dengan Olimpiade sekarang ini yang dengan beberapa cara Mereka diberi asal usul mitologis oleh orang-orang Yunani. Selain sebagai acara olahraga, Ajang ini merupakan perayaan keagamaan penting yang diadakan untuk menghormati Dewa Zeus Yunani. Ada sedikit hadiah yang diberikan seperti karangan bunga, daun zaitun atau mahkota.

Prestasi beberapa Atlet Terkenal di Olimpiade Kuno begitu luar biasa hingga mereka di ingat sampai sekarang. Ratusan tahun setelah kematian mereka, Tercantum dalam daftar kami 10 Atlet Terkenal di Olimpiade Kuno bersama dengan beberapa cerita menarik, catatan dan fakta mereka.

10. Onomastos Of Smyrna

Onomastos Of Smyrna

Onomastos Of Smyrna adalah salah satu Atlet Terkenal di Olimpiade Kuno dari cabang olahraga Tinju. Olahraga ini diperkenalkan di Olimpiade ke-23 pada tahun 668 SM. Menurut sejarawan, Dia juga yang menulis aturan tinju Yunani Kuno. Dengan empat kemenangan atas namanya, Onomastos memegang rekor tak terkalahkan sebagai pemenang Olimpiade terbanyak sampai saat ini.

9. Orsippus Of Megara

Orsippus Of Megara

Orsippus Of Megara adalah pelari Yunani di Olimpiade Kuno dari Megara. Dia menjadi terkenal sebagai orang pertama yang menjalankan kaki telanjang di Olimpiade dan Dia juga merupakan pemenang di Olimpiade pertama. Dia memenangkan balapan lari di stadion dari Olimpiade Kuno ke-15 yang diadakan pada tahun 720 SM. 

8. Euryleonis Of Sparta

Euryleonis Of Sparta

Euryleonis Of Sparta adalah seorang kusir wanita terkenal. Dia memenangkan kereta kuda dua kuda Olimpiade Kuno pada tahun 368 SM. Dia adalah seorang putri kaya dan peternak kuda yang penuh semangat.

Euryleonis adalah mahkota wanita kedua dalam sejarah Olimpiade. Pendahulunya, Putri Spartan Kynisca telah memenangkan balapan empat kuda 24 tahun sebelumnya.

Sebuah patung Euryleonis didirikan di Sparta. Ini adalah salah satu dari beberapa patung perunggu yang masih bertahan di dunia sampai hari ini.

7. Kynisca Of Sparta

Kynisca Of Sparta

Putri Yunani Kynisca Of Sparta adalah wanita pertama dalam sejarah yang menang di Olimpiade Kuno. Keretanya menang dalam balapan kereta empat kuda di Olimpiade ke-96 dan 97 pada tahun 396 SM dan tahun 392 SM.

Kynisca lahir sekitar tahun 440 SM ketika Raja Sparta, Archidamos berkuasa. Kynisca dikatakan sebagai gadis tomboy, ahli berkuda dan sangat kaya. kualifikasi sempurna untuk pelatih yang sukses. Dia sangat ambisius untuk sukses di Olimpiade.

Secara tradisional wanita tidak diizinkan untuk ambil bagian dalam Olimpiade. Namun, Mereka bisa memasuki cabang berkuda dengan memiliki dan melatih kuda. Saudaranya, Agesilaus, Raja Sparta kemudian mendorongnya untuk berpartisipasi. Dia mempekerjakan pria dan memasukannya timnya ke Olimpiade.

Kynisca dihormati dengan dibuatnya patung perunggu dengan kereta kudanya. Seorang kusir dan patung dirinya di Kuil Zeus di Olympia. Ada tulisan tertulis yang menyatakan bahwa dia adalah satu-satunya wanita yang memenangkan medali di Olympiade Kuno .Bahkan sampai saat ini Kynisca dipandang sebagai sosok simbolis kenaikan sosial wanita. Kesuksesanya adalah awal gerakan untuk memberi mereka hak dan kesempatan yang sama.

6. Diagoras Of Rhodes

Diagoras Of Rhodes

Diagoras Of Rhodes adalah seorang petinju asal Yunani yang paling terkenal pada Olimpiade Kuno termasuk anak dan cucunya. Diagoras memenangkan ajang tinju di Olimpiade Kuno pada tahun 464 SM. Dia juga memenangi empat kali pertandingan Isthmian dan dua kali juara di Nemea.

Putra tertuanya Damagetos, memenangkan Pankration pada tahun 452 dan 448 SM. Sementara Akousilaos, putra keduanya memenangkan tinju pada tahun 448 SM. Keduanya merayakan kemenangan mereka dengan membopong ayah mereka kepundaknya mengelilingi stadion yang dipenuhi oleh penonton sambil bersorak sorai. 

Putri Diagoras, Kallipateira adalah wanita pertama yang memasuki stadion olimpiade Ia memasuki stadion dengan menyamar sebagai seorang laki-laki. 

5. Melankomas Of Caria

Melankomas Of Caria

Melankomas Of Caria adalah salah satu Atlet Paling Terkenal Di Olimpiade Kuno dari cabang olahraga Tinju. Ia memenangkan olah raga tinju pada Olimpiade Kuno tahun 49 SM. Dia dikagumi banyak orang karena gaya bertinjunya yang unik. Gerakannya ringan, sederhana dan mempesona. 


4. Astylos Of Croton

Astylos Of Croton

Atlet Paling Terkenal Di Olimpiade Kuno selanjutnya adalah Astylos Of Croton. Dia memenangi tiga olimpiade berturut-turut dari tahun 488 sampai tahun 480 SM dalam ajang lomba lari. Dia juga memenangkan acara Hoplitodromos - Lomba lari dengan setelan baju lapis baja.Totalnya Dia memenangkan enam karangan bunga zaitun dalam tiga medali emas.

Pada Olimpiade Kuno tahun 488 SM, Dia berlari mewakili negaranya Croton. Sedangkan di dua olimpiade berikutnya ia memilih untuk berpartisipasi sebagai warga negara Syracuse untuk menghormati si Tiran Hieren. Orang-orang sebangsanya merasa terhormat dan memuliakannya saat kemenangan pertamanya. Meski memiliki karier yang sukses, Ia harus menghadapi penghinaan saat keputusannya berpindah ke Syracuse. Warga Croton menjadi marah. Mereka mengusirnya dan menghancurkan patung Astylos di kota. mereka. Keluarganya meninggalkannya dan rumahnya di ubah menjadi penjara sebagai ketidak sukaannya. Dikatakan juga bahwa Astylos disogok oleh pejabat Syracuse untuk ikut Olimpiade Kuno atas nama negara mereka.

3. Theagenes Of Thasos

Theagenes Of Thasos

Theagenes Of Thasos adalah seorang petinju yang sukses di Olimpiade Kuno. Karena kekuatan dan kecepatannya yang sangat luar biasa Dia dipercaya sebagai anak Heracles, Pahlawan Mitologi Yunani. Dia memenangkan turnamen Olimpiade Kuno ke-75 pada tahun 480 SM dan gelar untuk pankration di tahun berikutnya.Secara keseluruhan Dia telah memenangkan 1.300 pertandingan tinju.

Sebuah cerita yang aneh diceritakan oleh Pausanias, Seorang sejarawan Yunani, tentang Patung Theagenes yang dibuat oleh Glaucias dari Aegina. Itu dicambuk oleh seorang pria yang memiliki dendam terhadap Theagenes. Suatu malam patung tesebut jatuh ke tangan orang ini dan membunuhnya. Patung tersebut diadili karena pembunuhan dan diasingkan dengan cara dilempar ke laut. Hal itu kemudian dipulihkan karena Nubuat Delphic telah menyatakan bahwa negara tersebut akan tetap berada dalam Periode Barrenness.

2. Leonidas Of Rhodes

Leonidas Of Rhodes

Leonidas Of Rhodes adalah salah satu Atlet Paling Terkenal di Olimpiade Kuno untuk empat tahun berturut-turut (164-152 SM). Dia memenangkan semua balapan termasuk di stadion, Diaulos dan Hoplitodromos.Dia adalah pelari serba bisa. Stadion dan Diaulos paling cocok untuk berlari, Sementara Hoplitodromos membutuhkan kekuatan dan daya tahan yang lebih tinggi. Sebagai pemenang ketiganya, Ia meraih gelar "Triastes" (Tripler).

Rekor seumur hidupnya dengan dua belas medali emas di Olimpiade Kuno akhirnya terpecahkan pada Olimpiade Modern ke-31 pada tahun 2016 saat Micheal Phelps meraih medali ke-13 untuk cabang renang 200 meter perorangan putra. Rekor Leonidas berlangsung selama 2.168 tahun.

1. Milon Of Croton

Milon Of Croton

Atlet Paling Terkenal Di Olimpiade Kuno terakhir dalam daftar kami adalah Milon Of Croton. Ia dikenal sebagai salah satu Pegulat Terhebat Sepanjang Masa. Dia adalah juara gulat Olimpiade Kuno enam kali. Ia pertama kalinya menang pada tahun 540 SM. Dia juga menang tujuh kali di Olimpiade Pythian. Sembilan kali di Nemean Games, Sepuluh kali di Pertandingan Isthmiadan tak terhitung banyaknya di ajang lainnya.Dia memiliki fisik dan kekuatan yang sangat hebat sehingga Dia dipercaya sebagai Putra Zeus.


Sumber: wondelist.com


Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook