10 PENEMUAN ARKEOLOGI TERBESAR TAHUN INI

10 Penemuan Arkeologi Terbesar Tahun Ini 


Mahessa Update | Arkeologi menggali banyak situs yang menarik dari sisa-sisa peninggalan purbakala sepanjang tahun 2017 ini. Para arkeolog banyak mengungkapan informasi yang lebih menarik tentang masa lalu manusia seperti ratusan bangunan batu misterius di Arab Saudi yang disebut Gerbang, Gua yang sebelumnya belum ditemukan yang menyimpan Gulungan Laut Mati atau seorang wanita yang benar-benar terkubur dengan hati suaminya.

Apa saja  10 Penemuan Arkeologi Terbesar Tahun Ini ? berikut ulasannya yang kami lansir dari laman livescience.com.

1. Gerbang Misterius di Arab Saudi


Penemuan Arkeologi Terbesar Tahun Ini

Pada musim gugur tahun 2017, Para arkeolog berhasil menemukan sekitar 400 struktur batu persegi panjang yang disebut Gerbang Misterius karena menyerupai Gerbang di Arab Saudi. Struktur ini memiliki panjang sekitar 518 meter yang beberapa diantaranya ditemukan di sisi kubah lava. 

Setelah berita penemuan ini dilaporkan ke LiveScience, Pemerintah Arab Saudi mengundang para arkelog untuk mengambil foto udara terbang rendah dari gerbang dan situs arkeologi lainnya.  Pada gambar diatas itulah yang diambil oleh para arkeolog.

2. Gua Gulungan Laut Mati Baru

Penemuan Arkeologi Terbesar Tahun Ini

Penemuan Arkeologi Terbesar Tahun Ini selanjutnya adalah penemuan Gua Gulungan Laut Mati yang ditemukan pada bulan Februari 2017 di dekat lokasi Qumran di tepi barat. Sebagian besar gulungan yang pernah ditemukan di gua itu telah dijarah puluhan tahun yang lalu meskipun ada gulungan kosong yang ditemukan. 

Para arkeolog mengatakan bahwa ini adalah gua ke-12 yang ditemukan di dekat Qumran. Selain itu para arkeolog juga sedang mencari gurun di dekat Qumran yang mungkin saja mereka dapat menemukan gua ke-13 pada tahun 2018 nanti. 

Gulungan Laut Mati ditulis sekitar 2.000 tahun yang lalu yang mencakup beberapa salinan Alkitab Ibrani yang paling awal dikenal.

3. Piramida Untuk Seorang Putri

Penemuan Arkeologi Terbesar Tahun Ini

Arkeologi Mesir telah menemukan sebuah piramida berusia 3.800 tahun yang menyandang nama Firaun Ameny Qemau. Anehnya inilah piramida kedua yang dikenal namanya. Yang pertama ditemukan pada tahun 1957 yang hanya berjarak sekitar 600 meter dari piramida yang baru ditemukan ini. 

Sebuah kotak kayu yang ditemukan di ruang pemakaman piramida yang baru ditemukan ini memuat nama anak perempuan Firaun, Hatshepset., yang memiliki nama yang sama dengan Firaun wanita terkenal di Mesir. Salah satu pendahulu Ameny Qemau yang mungkin telah membawa Piramida itu ke atas dan meletakan namanya sendiri diatasnya dan menggunakanya untuk mengubur putrinya sendiri.

4. Kerangka Homo Sapiens Tertua

Penemuan Arkeologi Terbesar Tahun Ini

Penemuan Arkeologi Terbesar Tahun Ini selanjutnya adalah penemuan Kerangka Homo Sapiens Tertua di sebuah gua di Maroko. Para ilmuwan melaporkan dalam penelitian yang diterbitkan pada tahun ini. Kerangka Homos Spaiens Tertua yang ditemukan ini terdiri dari tiga orang dewasa, satu remaja dan satu anak-anak. Menurut para arkeolog mereka berasal dari 300.000 tahun yang lalu dan dengan demikian mendorong asal mula Homo Sapiens kembali sekitar 100.000 tahun yang lalu, kata para peneliti. 

Temuan ini juga menunjukkan bahwa Homo Sapiens mungkin berasal dari seluruh Benua Afrika dan bukan saja Afrika Timur. Para ilmuwan mengatakan kelima kerangka tersebut tampak mirip dengan manusia modern.

5. Wanita Yang Dikubur Dengan Hati Suaminya

Penemuan Arkeologi Terbesar Tahun Ini

Seorang wanita bernama Louise de Quengo yang meninggal pada tahun 1656 di usianya yang ke-65 dikubur dengan hati suaminya yang secara harafiah berada diatas peti matinya ditemukan oleh para arkeolog. Suaminya yang bernama Toussaint de Perrien telah meninggal 7 tahun sebelumnya dan menjadi pelindung ordo religius di Brittany, Perancis. Jantungnya telah dipotong dari tubuhnya dan ditempatkan pada kotak pelindung yang kemudian diserahkan ke peti mati istrinya.

Dia dimakamkan disebuah biara di Rennes, Perancis dan suaminya dikubur sejauh 201 kilometer dari makam istrinya.Para arkeolog menemukan bahwa tubuh de Quengo juga telah dipotong dan hatinya telah dikeluarkan. Agaknya hatinya juga telah dimasukkan ke kotak pelindung dan diletakkan diatas peti mati suaminya walaupun ini belum ditemukan.  

Baca Juga : Fakta dan Sejarah Mengejutkan Tentang Gunung Vesuvius dan Pompeii  

6. Batu Permata Yang Sangat Luar Biasa





Penemuan Arkeologi Terbesar Tahun Ini

Penemuan Arkeologi Terbesar Tahun Ini selanjutnya adalah Penemuan Batu Permata Yang Sangat Luar Biasa berusia 3.500 tahun dan sekitar 3.000 benda lainnya pada seorang prajurit yang dimakamkan di Pylos, Yunani. Rincian tentang batu permata ini sangat rumit sehingga dibutuhkan miskroskop untuk melihat semuanya. 

Sementara makam itu sendiri pertama kali ditemukan pada tahun 2015 dengan terlebih dahulu menggali, membersihkan, dan menganalisis semua artefak sehingga penemuan harta karun ini baru diumumkan pada tahun 2017.


7. Prenup Kuno

Penemuan Arkeologi Terbesar Tahun Ini

Prenaup Kuno berusia 4.000 tahun ini mengungkapkan apa yang mungkin merupakan perjanjian pranikah paling awal yang diketahui antara seorang istri dengan suaminya yang ditulis di Asyur. Perjanjian tersebut menyebutkan bahwa jika istri, Hatala, tidak melahirkan anak dalam waktu dua tahun setelah menikah, Maka dia akan membeli suaminya, Laqipum, seorang budak wanita yang akan menghasilkan anak untuk pasangan tersebut. Perjanjian tersebut juga menyatakan bahwa jika Laqipum menceraikan Halala, Dia harus membayar lima mina peraknya. dan jika Halala menceraikan Laqipum, Dia juga harus membayarnya dengan lima mina perak.

8. Anggur Tertua Di Dunia

Penemuan Arkeologi Terbesar Tahun Ini

Orang-orang mulai memfermentasi anggur sejak 8.000 tahun yang lalu ditempat yang sekarang disebut negara Republik Georgia kata para arkeolog tahun ini. Mereka telah menemukan toples yang digunakan dalam pembuatan anggur di dua lokasi di Republik Georgia yang sekarang disebut Gadachrili Gora dan Shulaveris Gora sehingga penemuan ini merupakan Penemuan Anggur Tertua Di Dunia yang pernah ada.

Para peneliti melakukan analisis kimia pada pecahan delapan botol besar yang ditemukan dikedua lokasi tersebut dan menemukan bahwa benda-benda tersebut mengandung asam tartarat senyawa dari anggur. Sebelumnya bukti tertua yang diketahui untuk pembuatan anggur berasal dari Iran yang telah berusia 7.000 tahun.

Arkeologi mengatakan bahwa penemuan baru ini menunjukkan bahwa manusia mulai membuat anggur tidak lama setelah tembikar ditemukan.

9. Pengetahuan Medis Neanderthal

Penemuan Arkeologi Terbesar Tahun Ini

Analisis DNA kalkulus gigi dari lima kerangka Neanderthal menunjukkan bahwa Neanderthal memiliki pengetahuan medis yang cukup dan bahkan menggunakan antibiotik. Salah satu Neanderthal memiliki abses gigi (infeksi pada gigi) dan parasit usus penyebab diare namun mengobati ini dengan mengkonsumsi sejenis jamur yang berfungsi sebagai antibiotik alami. Individu ini juga rupanya memakai poplar yang berisi ramuan yang digunakan dalam aspirin.

"Penggunaan antibiotik akan sangat mengejutkan, karena ini lebih dari 40.000 tahun sebelum kita mengembangkan penisilin," kata peneliti study Alan Cooper, Direktur Pusat DNA Kuno Australia di University of Adelaide di Australia, dalam sebuah pernyataan yang menjelaskan tentang temuan. Study tersebut juga mengungkapkan bahwa Diet Neanderthal bervariasi dan bisa mencakup lebih banyak daging atau lebih banyak sayuran.

10. Tablet Trigonometri Tertua

Penemuan Arkeologi Terbesar Tahun Ini

Penemuan Arkeologi Terbesar Tahun 2017 kesepuluh dalam daftar kami adalah penemuan Tablet Trigonometri Tertua  berusia 3.700 tahun yang mengungkapkan bahwa orang Babel bukanlah orang Yunani. Mereka adalah orang pertama yang mempelajari trigonometri dan segitiga matematika. Tablet ini memiliki deskripsi dari 15 segitiga kanan, sudut kemiringan menurun untuk setiap setiga yang ditemukan oleh para peneliti. 

Deskripsi ini merupakan bagian dari tabel trigonometri yang membuat studi trigonometri sangat sederhana. Para periset sangat terkesan dengan kesederhanaan tablet dan mengatakan bahwa guru matematika modern mungkin ingin mempertimbangkan untuk pendekatan serupa sangat mengajar trigonometri.

Penemuan itu membuka kemungkinan baru tidak hanya untuk penelitian matematika modern, tapi juga untuk pendidikan matematika," kata rekan penulis study Norman Wildberger, seorang profesor di sekolah matematika dan Statistik di University New South Wales di Sydney. "Dunia matematika terbangun dengan budaya matematika kuno ini yang sungguh canggih yang memiliki banyak hal untuk diajarkan kepada kita,".

Nah itulah 10 Penemuan Arkeologi Terbesar Tahun Ini yang berhasil diungkap oleh para arkelog dan peneliti dari penjuru dunia. Semoga tahun 2018 masih banyak lagi penemuan-penemuan arkeologi besar lainnya untuk mengungkapkan informasi yang lebih menarik lagi tentang masa lalu manusia dan mahluk hidup lainnya.

Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook